Comscore Tracker

7 Fitur Ini Diharapkan Ada di iPhone 13, Nyatanya Absen

Beberapa sudah ada di HP Android sejak lama

Beberapa waktu lalu, Apple merilis seri iPhone 13 yang terdiri dari iPhone 13 mini, iPhone 13 (standar), iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Masing-masing hadir dengan beragam perbedaan, namun jika dibandingkan dengan pendahulunya, semuanya menawarkan daya baterai lebih baik, kamera dengan kualitas lebih mumpuni dan penyimpanan dasar naik, yang awalnya 64GB menjadi 128GB.

Sayangnya, terlepas dari kemewahan atau fitur-fitur baru yang dimilikinya, seri iPhone 13 itu masih kehilangan sejumlah fitur yang awalnya diharapkan untuk ada atau diusung oleh Apple. Beberapa di antaranya bahkan sudah tersedia di HP kompetitor yaitu Android ataupun produk Apple lainnya seperti iPad. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Port USB-C

7 Fitur Ini Diharapkan Ada di iPhone 13, Nyatanya Absenilustrasi port USB-C pada smartphone (androidauthority.com)

Akan sangat menguntungkan jika pengguna bisa menggunakan satu charger saja untuk mengisi semua perangkat. Sayangnya, seri iPhone 13 masih belum begitu terbuka dengan ide tersebut, di mana seri HP flagship itu masih menggunakan port Lightning, sama seperti semua seri iPhone sejak tahun 2012.

Ironinya adalah, selain tidak bisa menggunakan charger dari perangkat Android lain untuk mengisi daya, seri iPhone 13 juga tidak meminjam charger dari perangkat Apple lainnya. iPad Air, iPad Pro dan yang baru saja diumumkan – iPad Mini, semuanya telah beralih ke USB-C. Jadi, sekalipun pengguna merupakan pengguna setia produk Apple, mereka masih perlu membawa lebih dari satu jenis charger.

2. Sensor fingerprint dalam layar

7 Fitur Ini Diharapkan Ada di iPhone 13, Nyatanya Absenilustrasi sensor fingerprint dalam layar (androidauthority.com)

Face ID mungkin jadi salah satu sistem keamanan biometrik terbaik saat ini, namun tidak bisa dimungkiri bahwa akan sangat bagus jika terdapat opsi lain, seperti sensor fingerprint untuk bisa membuka perangkat seperti iPhone. Terlebih dalam beberapa tahun terakhir, Face ID sering bermasalah dengan tidak bisa sepenuhnya akurat dalam mendeteksi wajah pengguna, terutama yang menggunakan masker.

Pada tahun 2019, salah satu analis Apple paling kredibel – Ming-Chi Kuo sempat mengungkap jika pada tahun 2021, Apple akan merilis iPhone dengan sensor fingerprint dalam layar. Sayangnya seperti yang diketahui, fitur itu tidak ada di iPhone tahun 2021 alias seri iPhone 13.

3. Layar dengan dukungan always-on

7 Fitur Ini Diharapkan Ada di iPhone 13, Nyatanya Absenilustrasi layar dengan fitur always-on (androidcentral.com)

Selama bertahun-tahun, brand HP Android seperti Samsung dan OnePlus telah memberi layar HP mereka kemampuan atau fitur untuk bisa menampilkan informasi meski layarnya sedang dalam kondisi “tidur” atau tidak sedang digunakan. Fitur tersebut disebut dengan always-on display, yang sebenarnya tidak asing bagi Apple, karena mereka mengaplikasikan pada Apple Watch Series 5 hingga yang terbaru, Watch Series 7.

Namun sayang, fitur tersebut tidak mereka aplikasikan di HP terbaru mereka, yaitu seri iPhone 13. Padahal, akan sangat luar biasa jika pengguna bisa melihat informasi seperti jam, jadwal kalender atau notifikasi, tanpa perlu mengangkat dan membuka HP mereka.

Baca Juga: 7 Perbedaan Utama HP Android dan iPhone, Mau Pindah?

4. Lensa telephoto dengan 10x optical zoom

7 Fitur Ini Diharapkan Ada di iPhone 13, Nyatanya Absenilustrasi kamera telephoto pada smartphone (cined.com)

Terlepas dari fakta bahwa seri iPhone 13 mendapat beberapa peningkatan di sektor kamera seperti mode Cinematic baru yang bisa beralih fokus ke objek tertentu secara otomatis atau dukungan mengambil foto makro, seri HP flagship dari Apple itu tetap belum sebagus flagship Android lain seperti Samsung Galaxy S21 Ultra untuk urusan kamera telephoto.

Dua varian tertinggi di seri iPhone 13 yaitu iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max hanya mendukung 6x optical zoom, sementara Galaxy S21 Ultra telah mendukung 3x dan 10x optical zoom pada dua kamera telephoto yang diusungnya. Sebagai HP dengan salah satu nilai jual utama di bagian kamera, seri iPhone 13 harusnya sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

5. Layar bebas notch

7 Fitur Ini Diharapkan Ada di iPhone 13, Nyatanya Absenilustrasi smartphone tanpa notch (techadvisor.com)

Salah satu perkembangan terpesat di pasar HP Android adalah bagaimana notch atau “poni” yang dulu punya ukuran besar, perlahan mulai mengecil dan menghilang karena digantikan dengan punch-hole yang lebih simpel. Tidak hanya flagship, berbagai HP mid-range dan entry-level di Android pun juga sudah banyak yang menggunakan punch-hole alih-alih notch.

Sayangnya, perkembangan tersebut belum bisa disamai oleh Apple di mana hingga seri iPhone 13 terbarunya sekalipun, Apple masih mempertahankan notch meski kini tidak selebar seri-seri iPhone sebelumnya. Salah satu alasan tersebut mengapa notch tersebut masih bertahan hingga kini adalah agar ada tempat untuk sensor Face ID.

6. Fitur pengisian daya nirkabel lebih cepat

7 Fitur Ini Diharapkan Ada di iPhone 13, Nyatanya Absenilustrasi pengisian daya nirkabel cepat (androidauthority.com)

Wireless charging atau pengisian daya nirkabel telah menjadi standar iPhone sejak tahun 2017, namun sayangnya sejak itu, tidak ada peningkatan yang berarti jika berbicara soal kecepatan pengisian daya. Kecuali menggunakan MagSafe yang mampu memberikan kecepatan pengisian daya hingga 15W, iPhone (termasuk seri iPhone 13 terbaru) hanya bisa mengisi daya secara nirkabel di 7,5W. Angka itu terbilang rendah jika dibandingkan dengan sejumlah HP Android seperti Samsung Galaxy S20 FE dan OnePlus 9 Pro yang masing-masing dibekali dengan pengisian daya nirkabel super cepat di 15W dan 50W.

7. Reverse wireless charging

7 Fitur Ini Diharapkan Ada di iPhone 13, Nyatanya Absenilustrasi reverse wireless charging (androidauthority.com)

Masih berkaitan dengan wireless charging, reverse wireless charging merupakan fitur yang memungkinkan perangkat untuk bisa digunakan mengisi daya perangkat lain seperti smartphone dan TWS secara nirkabel. Fitur ini telah lama tersedia di berbagai HP Android unggulan dari Samsung maupun Google, tapi entah kenapa, hingga kini belum juga tersedia di iPhone, tak terkecuali yang terbaru – seri iPhone 13.

Padahal, Apple punya TWS seperti AirPods yang bakal sangat menguntungkan apabila bisa diisi dayanya tidak lewat kabel atau powerbank, melainkan langsung via iPhone. Semoga saja, bersama dengan pengisian daya nirkabel lebih cepat, Apple bakal membawa fitur di seri iPhone selanjutnya.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa fitur yang diharapkan untuk ada di seri iPhone 13, tapi sayangnya absen. Untuk kamu sendiri, fitur apa saja yang kamu inginkan untuk hadir di seri iPhone 13 terbaru? Apakah ada salah satu di antaranya di daftar di atas?

Baca Juga: 7 HP Alternatif Terbaik iPhone 13, Tak Kalah Menarik

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya