Comscore Tracker

5 Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop, Gampang Banget!

Yuk, rajin bersihin keyboard laptop mulai sekarang

Karena bentuknya yang gak kasatmata, debu seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang. Terlihat bersih bukan berarti bebas dari debu, kan. Begitu juga dengan keyboard pada laptop, dari luar memang terlihat baik-baik saja. Namun nyatanya, keyboard merupakan salah satu tempat bersarangnya debu karena bentuknya yang kecil dan banyak terdapat selipan.

Persoalan debu pada keyboard jangan pernah dianggap remeh ya, guys. Jika dibiarkan hal ini akan menjadi masalah yang serius. Debu yang menumpuk pada keyboard dapat mengakibatkan laptop jadi nge-hang atau korslet. Tentu kamu tak ingin hal tersebut terjadi pada laptop kesayanganmu, kan? So, mulai sekarang rajin bersihin debu pada keyboard ya.

Berikut cara aman membersihkan laptop yang tentunya ganpang banget dilakukan.

1. Matikan laptop

5 Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop, Gampang Banget!Pexels.com/Craig Dennis

Untuk alasan keamanan, jangan lupa matikan laptopmu sebelum memulai untuk membersihkan keyboard. Menonaktifkan laptop sebelum dibersihkan dapat meminimalisir terjadinya korsleting. Membersihkan keyboard dalam keadaan laptop menyala dapat mengakibatkan rancunya sistem operasi karena berbagai tombol terpencet dalam waktu yang bersamaan.

2. Letakkan laptop dalam posisi terbalik

5 Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop, Gampang Banget!Shopback.co.id

Meletakkan laptop dalam posisi terbalik tentu sangat membantu dalam proses membersihkan keyboard. Sela-sela pada keyboard yang menjadi tempat persembunyian debu tentu sangat sulit dijangkau apabila ingin membersihkannya. Meletakkan laptop pada posisi terbalik dapat menjadikan kotoran dan debu jatuh dengan sendirinya, sehingga tidak akan memakan waktu yang cukup lama untuk membersihkan keyboard.

Baca Juga: 9 Tanda Ini Tunjukkan Bahwa Kamu Perlu Ganti Laptop Baru, Relakanlah!

3. Gunakan vacuum cleaner

5 Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop, Gampang Banget!Philips.com

Penggunaan vacuum cleaner untuk membersihkan keyboard tentu merupakan pilihan tepat. Tak perlu menghabiskan waktu dan tenaga keyboard laptopmu akan segera bebas dari debu dan kotoran. Eits, tentu vacuum cleaner yang digunakan bukan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai ya. Gunakan vacuum cleaner berukuran mini dengan tekanan rendah agar tidak mengganggu fungsi keyboard laptopmu.

4. Gunakan brush make up bekas

5 Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop, Gampang Banget!Pexels.com/freestock.org

Kamu punya brush make up bekas? Yup, kini brush bekasmu bisa kamu gunakan untuk membersihkan keyboard laptopmu. Caranyapun cukup mudah, pertama kamu harus meletakkan laptop dalam posisi terbalik. Kemudian kamu gunakan brush untuk menyapu debu-debu yang menyelip pada keyboard.

5. Menggunakan hair dryer

5 Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop, Gampang Banget!Pexels.com/Element5 Digital

Satu lagi cara mudah untuk membersihkan debu pada keyboard adalah dengan menggunakan hair dryer. Namun, sebelum membersihkan keyboard pastikan sela-sela pada keyboard sudah bersih dari debu yang membandel agar penggunaan hair dryer tidak menyebabkan kotoran semakin terdorong kedalam.

Gimana? Gampang banget kan? Mulai sekarang jangan malas membersihkan keyboard laptopmu ya, supaya lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga: 5 Fitur Utama yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Membeli Laptop Gaming

Camelia Photo Community Writer Camelia

Walks to find something new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You