Comscore Tracker

Ketahui 5 Cara Menghapus Cache di Android dan Kapan Harus Melakukannya

Haruskah cache dihapus secara rutin?

Lagi enak-enak berselancar di HP, tiba-tiba aplikasi berjalan lebih lambat dan tidak semestinya. Cache adalah salah satu faktor yang cukup sering disalahkan untuk hal ini.

Tak sepenuhnya salah, sebab cache terkadang memang dapat "memakan" beberapa ruang penyimpanan ponsel yang terbatas, sehingga bisa mengganggu performa gawai. Akan tetapi, keberadaannya juga bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman menjelajah atau menggunakan aplikasi di ponsel, lho.

Kalau begitu, kapan sebenarnya kita perlu menghapus cache dan bagaimana cara melakukannya di Android? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Definisi cache

Ketahui 5 Cara Menghapus Cache di Android dan Kapan Harus Melakukannyailustrasi penyimpanan file (pixabay.com/Memed_Nurrohmad)

Cache adalah jenis penyimpanan sementara yang menyimpan file atau data yang sering diakses. Tujuannya adalah untuk membantu mengakses file atau data tersebut ketika dibutuhkan di lain waktu dengan lebih cepat.

Misalnya, ketika kamu membuka aplikasi Google Chrome di Android untuk mengakses beberapa informasi, seperti gambar. Informasi terkait gambar tersebut akan disimpan di dalam cache, sehingga ketika akan membukanya kembali di lain waktu, ini tidak lagi membutuhkan proses yang lama. Ibaratnya, cache sudah menyimpan "memori" tentang gambar tersebut sehingga mudah dikenali dan proses muat halamannya akan lebih cepat. 

Meski berguna, cache terkadang juga merepotkan. Ia biasanya dapat memenuhi ruang penyimpanan ponsel dan berisi data yang rusak atau tidak update, sehingga dapat mengganggu performa gadget dan menyebabkan aplikasi berperilaku tidak wajar. Ketika ini terjadi, menghapus cache memang bisa menjadi pilihan.

2. Apa yang terjadi setelah menghapus cache?

Ketahui 5 Cara Menghapus Cache di Android dan Kapan Harus Melakukannyailustrasi speed test (pixabay.com/mohamed_hassan)

Menghapus cache dapat menambah beberapa ruang penyimpanan ponsel. Meskipun ini mungkin sangat kecil. Selain itu, ini juga dapat menghilangkan file atau data cache aplikasi yang rusak sehingga dapat mengembalikan kinerja gawai lebih baik.

Meski demikian, menghapus cache terkadang juga dapat berdampak pada waktu muat (loading) suatu situs atau aplikasi. Ini karena hilangnya beberapa "memori" tentang informasi yang akan dimuat. Tak perlu khawatir, secara umum ini tidak akan memengaruhi kinerja ponsel secara signifikan, kok.

Laman Make Use Of juga menambahkan bahwa file cache lama dapat menimbulkan ancaman keamanan dan privasi. Ketika ini tidak pernah dihapus, orang lain mungkin bisa mengaksesnya. Dengan begitu, menghapus cache juga dapat bermanfaat melindungi informasi sensitif yang mungkin pernah kita masukkan ke dalam browser atau aplikasi.

3. Jadi, kapan waktu yang tepat menghapus cache?

Ketahui 5 Cara Menghapus Cache di Android dan Kapan Harus Melakukannyailustrasi optimisasi ponsel (pexels.com/ready made)

Pada dasarnya, cache memuat data yang berguna untuk meningkatkan akses ke konten yang sering kita gunakan secara teratur. Sering kali, tak diperlukan untuk menghapusnya secara rutin atau sering. Apalagi, sistem Android biasanya juga telah menyediakan mekanisme khusus untuk menghapus file lama yang tidak digunakan.

Namun, ada beberapa kondisi yang mungkin tepat untuk menghapus cache sesegera mungkin. Di antaranya:

  • Aplikasi ponsel bertingkah secara tidak wajar karena file yang di-cache rusak.
  • Kehabisan ruang penyimpanan ponsel tetapi tidak ingin menghapus file lain, seperti gambar atau video. Akan tetapi perlu diingat, menghapus cache hanya solusi sementara dan ini akan terisi kembali seiring penggunaan ponsel.
  • Ingin menghapus data pribadi untuk melindungi privasi.

Baca Juga: 5 Fakta Cache yang Kerap Ada di Perangkat Elektronik

4. Cara menghapus cache di aplikasi Android

Ketahui 5 Cara Menghapus Cache di Android dan Kapan Harus Melakukannyailustrasi penggunaan ponsel (pexels.com/Karolina Grabowska)

Langkah-langkah menghapus cache aplikasi di Android mungkin sedikit berbeda untuk setiap merek atau versi Android. Akan tetapi, secara keseluruhan prosedurnya hampir sama, yaitu menghapusnya secara manual satu per satu pada setiap aplikasi.

Inilah langkah-langkah menghapus cache yang dapat kamu terapkan untuk ponsel Android:

  1. Buka Pengaturan ponsel dan pilih Aplikasi.
  2. Pada daftar aplikasi yang ditampilkan, pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya.
  3. Kemudian, ketuk Storage atau Penyimpanan.
  4. Pada halaman tersebut akan muncul beberapa informasi penyimpanan data aplikasi. Ketuk Hapus Cache untuk menghapus cache aplikasi tersebut.
  5. Data di cache sudah berhasil dihapus. Ini biasanya ditandai dengan berkurangnya ukuran file disimpan, misalnya dari 250 MB menjadi 4 KB.

Menghapus cache tidak akan menghapus data aplikasi, seperti informasi akun, progres game, bookmark browser, atau membuat kamu keluar dari aplikasi. Ini hanya menghapus data sementara yang ditujukan untuk meringankan kinerja ponsel.

5. Cara menghapus cache di browser bawaan Android

Ketahui 5 Cara Menghapus Cache di Android dan Kapan Harus Melakukannyailustrasi data ponsel (pexels.com/Andrey Matveev)

Google Chrome adalah salah satu browser bawaan Android yang sering kali digunakan untuk berselancar di internet. Browser ini biasanya juga menyimpan banyak file cache yang perlu dibersihkan. Jika kamu ingin menghapus cache di Google Chrome Android, berikut langkah-langkahnya:

  1. Bukalah aplikasi Google Chrome. Kemudian, klik menu tiga titik di pojok kanan atas.
  2. Pilih Histori dan ketuk Hapus Data Penjelajahan.
  3. Setelah itu, akan ditampilkan beberapa pilihan data penelusuran yang dapat dihapus. Centang kotak pada opsi Gambar dan File dalam Cache untuk menghapus cache browser. Kemudian, pilih Hapus Data.
  4. Jika kamu menginginkan hapus data untuk kurun waktu tertentu, kamu juga dapat memilihnya di Rentang Waktu.
  5. File cache dalam browser Android berhasil dihapus.

Sekarang, kamu sudah tahu bagaimana cara menghapus cache di Android dan kapan perlu melakukannya, deh. Meski ini hanya solusi sementara, tapi pada beberapa kasus dapat sangat membantu menyelesaikan masalah kinerja ponsel secara cepat.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Membersihkan Cache Browser Web Kamu

Dwi wahyu intani Photo Verified Writer Dwi wahyu intani

@intanio99

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya