Comscore Tracker

5 Fakta Ruangan Anechoic Milik Microsoft, Tempat Tersunyi di Dunia 

Bukan satu-satunya, tapi jadi yang paling sunyi 

Anechoic chamber atau yang berarti ruangan tanpa gema merupakan ruang yang dirancang untuk dapat meredam gelombang suara maupun elektromagnetik, sehingga ruangan ini menjadi sangat sunyi. Ruangan semacam ini pertama kali dimiliki oleh Bell Laboratories pada tahun 1947 di New Jersey.

Mengusung konsep serupa, Microsoft—salah satu perusahaan teknologi terbesar, juga membangun ruangan anechoic di dalam gedung B87 yang berlokasi di kantor pusat Microsoft, di Reymond, Washington. Dinobatkan sebagai tempat paling sunyi di dunia, ruangan ini pun menyimpan fakta-fakta menarik di dalamnya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Memiliki intensitas suara latar yang sangat rendah, yaitu -20,6 desibel 

https://www.youtube.com/embed/mXVGIb3bzHI

Kalau biasanya kesunyian yang kita dapatkan dari alam akan membawa ketenangan, lain halnya dengan kesunyian yang berasal dari ruangan anechoic milik Microsoft ini. Setidaknya, perasaan anehlah yang akan muncul ketika kita berada di dalamnya.

Bagaimana tidak, dengan suara latar yang sangat rendah, yaitu -20,6 desibel, tubuh kita akan merasa kebingungan karena tidak terbiasa dengan kesunyian ekstrim semacam itu. Bahkan, tekanan udara pada lubang telinga yang biasa kita rasakan pun akan menghilang selama tidak ada suara yang dipantulkan di sana.

Sebagai perbandingan, suara bisikan manusia berada pada intensitas 30 desibel dan napas manusia normal berada berada pada 10 desibel.

Rendahnya tingkat kebisingan itu lah yang membuat ruangan anechoic milik Microsoft ini tercatat sebagai tempat paling sunyi di dunia sejak tahun 2015 berdasarkan Guiness World Record. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Orfield Labs Quiet Chamber yang berada di Minneapolis, Minnesota dengan intensitas kebisingan -9,4 desibel.

2. Kamu bisa mendengar detak jantung dan aliran darahmu sendiri 

5 Fakta Ruangan Anechoic Milik Microsoft, Tempat Tersunyi di Dunia news.microsoft.com

Setelah pintu ruangan ini ditutup, maka semua suara yang berasal dari luar akan diredam sehingga kamu tidak akan mendengar apa pun kecuali suara napas, gerakan tubuh dan persendian, detak jantung, hingga aliran darahmu sendiri. Bahkan ketika menelan pun akan terdengar begitu keras.

“Ketika kamu berhenti bernapas, kamu bisa mendengar denyut jantung dan darah mengalir di pembuluh kamu,” ujar LeSalle Munroe, seorang ahli yang bekerja di ruangan ini.

Tak heran jika banyak orang yang tidak tahan berlama-lama berada di sana. Bahkan saat diadakan tur laboratorium Microsoft pun, termasuk tur ke ruangan anechoic, sebagian orang malah ingin langsung keluar dari sana karena sangat terganggu dan merasa pusing.

Meski begitu, ternyata ada juga orang yang justru menikmati berada di ruangan anechoic ini dan menganggapnya seperti meditasi.

3. Memiliki konstruksi yang unik 

5 Fakta Ruangan Anechoic Milik Microsoft, Tempat Tersunyi di Dunia news.microsoft.com

Untuk menciptakan ruangan yang sangat sunyi, tentu tidak bisa sembarangan dalam merancangnya. Hundraj Gopal, seorang ahli yang juga pemimpin proyek pembuatan ruang anechoic Microsoft, menjelaskan bahwa dibutuhkan waktu lebih dari satu setengah tahun untuk merancang, merencanakan, dan juga membangun konstruksinya.

Menariknya, ruangan kubus berukuran 6,36 m ini dibuat seolah mengambang dengan bantuan serangkaian pegas peredam getaran di bawahnya. Sehingga, masing-masing sisinya yang dilapisi busa kedap suara tidak terhubung langsung dengan bangunan lain yang ada di sekitarnya.

Tak hanya itu, ruangan ini juga memiliki 6 lapisan beton dan baja, dengan tambahan fiber glass yang di pasang di lantai, langit-langit, dan dinding bagian dalam untuk memecah gelombang suara agar tidak memantul kembali ke ruangan. Lantainya yang berupa kisi kabel gantung yang juga menyerap suara pun membuat ruangan ini semakin sunyi.

Kalau kamu penasaran mengenai bentuk dinding yang sangat berbeda dengan dinding pada umumnya, ini karena balok-balok kecil berbentuk prisma yang disusun secara horizontal dan vertikal saling berhadapan tersebut berfungsi untuk saling memantulkan gelombang suara dari sumbernya.

Gelombang yang terus memantul kearah dalam di antara prisma-prisma tersebut lama kelamaan akan menghilang karena terdispasi oleh udara. Model dinding inilah yang juga membantu mencegah pantulan suara kembali ke sumbernya.

Baca Juga: Ruangan Paling Kedap Suara Ini Bisa Bikin Orang Jadi Gila, Benarkah?

4. Berfungsi untuk eksperimen dan uji coba teknologi 

5 Fakta Ruangan Anechoic Milik Microsoft, Tempat Tersunyi di Dunia news.microsoft.com

Ruangan anechoic dibuat bukan tanpa tujuan. Para ahli bekerja di sana untuk memastikan bahwa tidak ada suara elektronik pada produk komputer yang dapat mengganggu konsumen saat sedang menggunakannya. Mereka memperhatikan setiap getaran kecil dari electronic circuit boards, dan mengatasinya hingga getarannya menghilang.

Begitu juga dengan komponen lainnya, mulai dari listrik, kipas pendingin, hingga suara layar yang muncul jika kita meningkatkan pencahayaan pada komputer. Selain itu, penyempurnaan suara pada keyboard juga dilakukan di ruangan ini.

5. Kamu bisa membeli anechoic chamber 

5 Fakta Ruangan Anechoic Milik Microsoft, Tempat Tersunyi di Dunia design-milk.com

Jika kamu ingin merasakan sensasi berada di tempat yang amat sunyi, kamu juga bisa memilikinya, karena kini sudah tersedia secara komersial. Hanya saja, perlu ada perhatian ekstra terhadap hal sekecil apa pun yang mungkin akan membawa suara-suara masuk ke dalam ruangan.

Itulah fakta-fakta terkait tempat tersunyi di dunia. Menarik, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mudah Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah, Bye Bye Ribut!

Halifa Ghaisani Photo Verified Writer Halifa Ghaisani

Human being

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya