Comscore Tracker

5 Smartphone Terbaru yang Usung Pop-Up Camera, Canggih!

Layar jadi makin luas!

Tak cukup hanya memunculkan dual hingga triple kamera, perkembangan teknologi kini membuat para vendor berhasil menghadirkan inovasi baru yakni dengan merilis smartphone yang mempunyai kamera selfie berdesain unik, bernama pop-up.

Pop-up camera ini sendiri merupakan sebuah mekanisme naik turun pada kamera sehingga membuatnya hanya akan muncul apabila digunakan saja. Model ini sebenarnya telah diperkenalkan sebelumnya oleh Vivo Nex juga Oppo Find X hingga kini keberadaannya menjadi semakin populer dan mulai banyak diikuti smartphone keluaran baru di tahun 2019.

Berikut 5 smartphone yang sudah mengusung desain tersebut.

1. Realme X

5 Smartphone Terbaru yang Usung Pop-Up Camera, Canggih!androidpit.com

Siap saingi Xiaomi di kelas mid-range, Realme kembali meluncurkan smartphone terbaru bertajuk Realme X yang hadir membawa pop-up selfie camera berkekuatan 16MP. Pop-up camera ini tentu membuat layar Full HD+ yang dimiliki Realme X semakin terasa lega tanpa notch yang menghalangi ruang geraknya.

Uniknya, Realme tidak mematok harga yang terlalu tinggi pada smartphone pop-up camera pertamanya ini meskipun spesifikasi yang diberikan terbilang 'gila-gilaan'. Dibanderol dengan harga Rp 3 Jutaan, tak menutup kemungkinan smartphone ini akan menjadi salah satu produk paling diminati para konsumen kelas menengah.

2. Oneplus 7 Pro

5 Smartphone Terbaru yang Usung Pop-Up Camera, Canggih!xda-developers.com

Berbeda dengan Oneplus 7 yang masih menggunakan layar infinity V display, pada serie 7 Pro ini Oneplus menghadirkan pop-up camera untuk menunjang aktivitas selfie penggunanya. Memiliki sensor sebesar 16MP, pop-up camera ini kabarnya dibekali teknologi smart drop protection yang akan membuat kamera menarik diri secara otomatis apabila terjadi deteksi smartphone akan terjatuh. Sehingga ini membantu kamu terhindar dari rasa khawatir bila terjadi benturan pada kamera ketika sedang digunakan.

Baca Juga: 10 Tips Ambil Foto dengan Kamera Smartphone, Hasilnya Bak Fotografer 

3. Vivo V15 Pro

5 Smartphone Terbaru yang Usung Pop-Up Camera, Canggih!theverge.com

Hadirkan spesifikasi yang tak tanggung-tanggung, Vivo V15 Pro membenamkan sensor berkekuatan 32MP pada pop-up camera-nya. Ini tentu akan membuat foto selfie jadi lebih fantastis baik di luar maupun di dalam ruangan, baik dalam kondisi yang cukup ataupun kurang cahaya.

Selain itu, tambahan berbagai fitur canggih seperti AI Body Shaping dan AI Portrait bisa membuat wajah terlihat lebih baik dan membuat pengalaman berfoto semakin mengasyikkan.

4. Oppo F11 Pro

5 Smartphone Terbaru yang Usung Pop-Up Camera, Canggih!theverge.com

Bukan Oppo namanya jika tidak dikaitkan dengan selfie. Setelah sebelumnya sukses munculkan pop-up camera sebagai media selfie pada Oppo Find X, kini Oppo F11 Pro akhirnya menyusul pendahulunya itu dengan mengusung mekanisme yang sama.

Rilis pada awal Maret lalu, pop-up selfie camera pada Oppo F11 Pro ini memiliki konfigurasi 16MP dengan bukaan f/2.0. Tagline selfie expert yang selama ini menemani Oppo pun resmi diganti dengan Brilliant portrait in low light yang berarti memiliki kelebihan dalam menghasilkan foto yang cemerlang dalam keadaan kurang cahaya.

5. Huawei P Smart Z

5 Smartphone Terbaru yang Usung Pop-Up Camera, Canggih!androidpit.com

Tak mau kalah, Huawei pun akhirnya resmi meluncurkan smartphone pertama mereka yang memiliki kamera dengan mekanisme naik turun atau pop-up lewat smartphone Huawei P Smart Z. Baru rilis beberapa waktu lalu, kamera pop-up ini memiliki resolusi 16MP f/2.0 dan dihargai sekitar Rp4,5 jutaan.

Sayangnya untuk saat ini Huawei P Smart Z hanya tersedia di Spanyol dan Italia. Sehingga masyarakat Indonesia masih harus bersabar jika tidak ingin membelinya tanpa order ke luar negeri.

Itulah lima smartphone baru rilis yang usung kamera model pop-up. Mana favoritmu?

Baca Juga: Gak Cuma Megapiksel, Ini 5 Faktor Penentu Hasil Kamera Smartphone Terbaik

Siti Andini Photo Verified Writer Siti Andini

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You