Comscore Tracker

7 Game Steam dengan Ukuran File Paling Besar

Hingga ratusan GB!

Dengan evolusi teknologi pada industri gaming, kualitas visual di game mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibanding satu dekade yang lalu. Namun dengan teknologi yang semakin meningkat dan visual yang makin megah, makin besar pula ukuran suatu game.

Patch, update, dan DLC menjadi beberapa bagian dari game yang berkontribusi dalam membengkaknya ukuran suatu game. Tidak sedikit bahkan memiliki ukuran total hingga ratusan GB. Berikut 7 game Steam dengan ukuran file paling besar.

1. Medal of Honor: Above and Beyond – 177 GB

https://www.youtube.com/embed/tb8hLvjwa-Y

Hadir dalam format VR mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Medal of Honor: Above and Beyond punya ukuran file mencapai 177 GB. Game FPS yang berlatar di Perang Dunia II ini tidak hanya mengajak pemain untuk berperang dengan menembaki musuh, tapi juga melompat dari pesawat dan berenang dari kapal yang tenggelam. Bagi penikmat game dengan tema perang, game ini direkomendasikan untuk dijajal terutama lewat fakta bahwa pemain bisa merasakan perang dari dekat.

2. Final Fantasy XV Windows Edition – 110 GB

https://www.youtube.com/embed/O9QuuL78R8w

Final Fantasy XV merupakan game JRPG yang berfokus pada karakter bernama Noctis dan teman-temannya dalam misi untuk mengembalikan kerajaannya dan mengungkap fakta dari beberapa peristiwa. Dengan semua DLC, game ini memiliki ukuran file hingga 110GB. Ukuran sebesar itu masuk akal mengingat game ini punya visual yang memukau, serta mengusung konsep dunia terbuka dengan banyak konten. Jika mau, pemain bisa mengunduh texture pack beresolusi 4K yang akan menaikkan ukuran filenya menjadi kurang lebih 160 GB.

3. Red Dead Redemption 2 – 120 GB

https://www.youtube.com/embed/gmA6MrX81z4

Sama seperti game garapan Rockstar Games lainnya, Red Dead Redemption 2 juga menjadi salah satu game yang wajib dimainkan, setidaknya sekali seumur hidup. Namun untuk bisa memainkan game ini, pemain harus menyiapkan sekitar 120 GB dari penyimpanan perangkat mereka. Game ini sendiri merupakan game open-world yang berlatar di era Wild West di mana pemain bisa merasakan pengalaman menjadi koboi. Dengan semua konten dari misi utama dan sampingan, tak mengherankan jika ukuran file game ini sangatlah besar.

4. Call of Duty: Black Ops Cold War – 175 GB

https://www.youtube.com/embed/aTS9n_m7TW0

Sesuai namanya, Call of Duty: Black Ops Cold War merupakan game yang berlatar di era Perang Dingin. Bagi pemain yang tertarik untuk memainkan sekuel dari Call of Duty: Black Ops ini, harus menyiapkan setidaknya 175 GB dari penyimpanan PC atau laptop mereka. Entah karena map, aset atau minimnya kompresi, ukuran game ini terbilang sangat besar untuk sebuah game FPS. Tidak hanya itu, jika pemain ingin mendapatkan visual terbaik, ada opsi texture pack resolusi tinggi yang akan menaikkan ukuran menjadi 250 GB.

Baca Juga: Kenapa Ukuran File Game Modern Sangat Besar? Ini 5 Alasannya!

5. Borderlands 3: Director’s Cut – 135 GB

https://www.youtube.com/embed/UzgY_yY0sDI

Borderlands 3 merupakan game FPS dengan elemen RPG di dalamnya. Versi Director’s Cut menawarkan beberapa hal ekstra, seperti lebih banyak misi utama maupun sampingan. Jika ditotal dengan semua DLC, game garapan Gearbox Software ini punya ukuran file mencapai 135 GB. Meski tidak menggunakan visual bergaya realistis, tekstur visual dari game ini punya resolusi tinggi sehingga mengakibatkan ukuran filenya membengkak. Selain itu, Borderlands 3 juga punya lebih banyak efek suara dibanding game-game Borderlands sebelumnya.

6. Call of Duty: Modern Warfare – 235 GB

https://www.youtube.com/embed/zu3wZ-_IKrM

Call of Duty: Black Ops Cold War bukan satu-satunya game Call of Duty yang memakan banyak penyimpanan karena masih ada Call of Duty: Modern Warfare, yang dipadukan dengan Warzone, memiliki ukuran file total hingga 235 GB. Tidak menyertakan Warzone bakal menghemat penyimpanan, namun bagi pemain yang ingin keduanya, harus bersiap-siap dengan ukuran file sebesar itu. Selain karena Warzone, ukuran dari game ini membengkak juga dikarenakan patch dan update rutin yang diberikan.

7. Ark: Survival Evolved – 400 GB

https://www.youtube.com/embed/5fIAPcVdZO8

Ark: Survival Evolved merupakan game survival di mana pemain harus mengumpulkan sumber daya, membuat item dan membangun bangunan untuk bisa bertahan hidup. Yang menarik dari game ini adalah fakta bahwa pemain bisa menjinakkan berbagai dinosaurus untuk membantu pemain bertahan hidup. Ark: Survival Evolved sendiri memiliki banyak ekspansi serta map dan jika pemain tertarik untuk mengunduh semuanya, harus menyiapkan penyimpanan yang masif yaitu 400 GB.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa game di Steam dengan ukuran file paling besar. Dari 7 game di atas, ada yang sudah pernah kamu mainkan?

Baca Juga: 6 Bos Game Fighting Paling Sulit Dikalahkan, Bikin Sebal!

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya