Comscore Tracker

8 Emulator PS2 Android Terbaik, Siap Menemani Main Game

Ada yang berbayar, banyak yang gratis!

Emulator PS2 Android memang menjadi penyelamat bagi kamu Android user yang ingin kembali main game PlayStation. Pasalnya, emulator ini berperan menyesuaikan pengaturan ponsel agar support dengan gim pada PlayStation. 

Seru dan penuh kenangan, PlayStation masih merajai hati penggemarnya. Meski banyak permainan lain, tidak sedikit yang memilih kembali memainkan gim lawas ini. Emulator membantu menjembatani dengan menghadirkan gim PS2 di ponselmu. Dengan demikian, kamu bisa bermain permainan PS2 sepuasnya melalui ponselmu. 

Agar permainan bisa berjalan no lag, kamu perlu pilih-pilih emulator, nih. Pastikan telah download emulator PS2 terbaik yang bisa menjalankan permainan kesukaanmu. Baca review serta card game yang didukung oleh emulator. Pasalnya, tidak semua emulator dapat memainkan segala jenis game

Di antara banyaknya pilihan, berikut rekomendasi emulator PS2 Android terbaik versi IDN Times. Ringan dan ramah perangkat bahkan di versi Android lawas sekalipun. 

1. PPSSPP PSP Emulator

8 Emulator PS2 Android Terbaik, Siap Menemani Main Gameilustrasi permainan menggunakan emulator PPSSPP (ppsspp.org)

Sedikit sulit mengeja namanya, ya. Namun tenang, emulator ini bisa bekerja maksimal menyesuaikan Android dengan gim PS2 favoritmu. Secara tampilan, PPSSPP memberikan visual tajam dan nyaman di mata. Kamu bisa berlama-lama nge-game dengan grafik yang bisa disesuaikan kapasitas ponsel. 

Sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna, aplikasi ini termasuk pilihan para pecinta PS. Bahkan, gamers profesional juga turut menggunakannya. Sebagai catatan, emulator PS2 Android satu ini hanya mendukung gim yang memiliki format ISO dan CSO, ya!

2. Aether SX2 APK

8 Emulator PS2 Android Terbaik, Siap Menemani Main Gametampilan emulator AetherSX2 (play.google.com)

Dirilis Desember 2021 lalu, Aether SX2 termasuk ditunggu-tunggu oleh pecinta game. Bagaimana tidak, emulator garapan developer Tahlreth ini mendukung banyak permainan PS2. Di antaranya yakni Gran Turismo 4, God of War 2, Tekken 5, Bloody Roar 3, Persona 4, juga Ratchet & Clank.

Berukuran ringan, tanpa iklan, dan gratis menjadi tiga keunggulan utama emulator PS2 Android Aether SX2. Pun terdapat fitur controller configuration yang memungkinkan penyesuaian kontrol ponsel dengan PS2. Aether SX2 telah mendukung game yang memuat gambar disk ISO, CHD, dan CSO. Canggih, bukan?

Baca Juga: 7 Game Eksklusif PlayStation Ini Telah Tersedia di PC

3. Play! PS2 Emulator for Android

8 Emulator PS2 Android Terbaik, Siap Menemani Main Gametampilan emulator PS2 Android Play! (play.google.com)

Rekomendasi ketiga datang dari emulator PS2 Android bernama Play!. Memiliki interface sederhana dan mudah dipahami, fasilitas yang diberikan pun cukup menarik. Play! bisa membaca game PS2 dengan format ISO. Asiknya, aplikasi ini hanya memakan ruang penyimpanan 10MB saja. 

Aplikasi ini tidak akan kamu temukan di Google Play atau layanan serupa lainnya. Untuk bisa mendapatkan emulator ini, kamu bisa mengunduh aplikasinya di laman resmi Play! di purei.org

4. Dolphin Emulator

8 Emulator PS2 Android Terbaik, Siap Menemani Main Gametampilan Dolphin emulator (play.google.com)

Para pemain lama pasti sudah mengenal Dolphin Emulator. Dikembangkan oleh developer bernama sama, emulator ini lebih dahulu hadir di PC baik untuk Windows, Linux, maupun MacOS.

Kini, pengguna Android pun dapat menggunakan emulator ini untuk mengobati rindu bermain game PS2. Meski masih dalam tahap beta, aplikasi Dolphin Emulator ini bisa berjalan dengan cukup baik. Pun dapat diunduh secara gratis melalui Google Play. 

5. DamonPS2 Pro

8 Emulator PS2 Android Terbaik, Siap Menemani Main Gametampilan Damon PS2 emulator (play.google.com)

Bagi pecinta game dan siap totalitas, boleh pilih DamonPS2 Pro sebagai opsi emulator. Dibanderol Rp139.999, aplikasi ini mendapatkan review positif dari pecinta PS2. Pasalnya, dengan harga yang ditetapkan, kamu akan mendapatkan fasilitas gaming mumpuni.

Terdapat fitur unggulan yang ditawarkan DamonPS2 Pro, di antaranya ​​bilinear texture filtering, widescreen game dan HID Gamepad. Seluruhnya memungkinkan kamu bermain game dengan lancar secara maksimal. Kabar baiknya, emulator ini juga tersedia versi gratisnya, loh!

6. ePSXe for Android

8 Emulator PS2 Android Terbaik, Siap Menemani Main Gametampilan ePSXe emulator (play.google.com)

Satu lagi emulator PS2 Android terbaik yang berbayar. Menghasilkan kompatibilitas tinggi yang mendukung berbagai game, aplikasi ini dibanderol Rp49.404 saja. Cukup terjangkau, bukan?

Keunggulan dari emulator ini yaitu terdapat fitur split screen, save, dan load yang seluruhnya dapat mendukungmu saat bermain game. Pun ukurannya cukup kecil, hanya sekitar 8.2MB saja.

Baca Juga: 8 Emulator Android Terbaik untuk PC, Main HP di Komputer

7. PTWOE - Playstastion 2 Emulator

8 Emulator PS2 Android Terbaik, Siap Menemani Main Gametampilan PTWOE emulator (ptwoe.weebly.com)

Dikembangkan oleh TeamEMU, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali. Meski tidak memiliki fitur spesial, PTWOE bisa menjadi opsi emulator PS2 Android yang cukup mumpuni. Hasil dari kualitas grafiknya cukup tinggi, sangat menyenangkan untuk digunakan bermain game.

Lebih lanjut, tampilan yang sederhana memudahkan pengguna dalam menggunakan emulator. Ukuran file awalnya pun hanya 45MB. Aplikasi ini bisa diunduh di PlayStore. Jika tidak tersedia, kamu bisa mendapatkannya melalui tautan pihak ketiga di internet. 

8. Matsu PSX Emulator

8 Emulator PS2 Android Terbaik, Siap Menemani Main Gametampilan Matsu emulator (apkpure.com)

Paket lengkap, Matsu PSX Emulator tidak hanya bisa untuk PS2. Emulator ini juga bekerja sangat baik memainkan game Nintendo, Gameboy, dan konsol lain. Telah diunduh lebih dari 1 juta kali, emulator besutan Studio MXE ini jadi favorit gamers. 

Keuntungan lainnya yakni aplikasi ringan yang hanya berukuran 20MB dan bisa terpasang pada segala jenis Android, bahkan versi lama sekalipun. Hanya dengan satu emulator, kamu bisa memainkan semua permainan lawas dari berbagai konsol dengan lancar. 

Berbagai pilihan emulator PS2 Android terbaik di atas dapat kamu unduh dengan mudah baik di Google Play Store, toko aplikasi ponsel bawaan, hingga emulator situs resmi. Seluruhnya bisa kamu gunakan dengan lancar. Tinggal pilih sesuai kenyamanan, lalu mainkan game PS2 kesayangan di Android milikmu.

Baca Juga: 5 Game PlayStation 1 Bertema Balapan yang Bangkitkan Memori

Topic:

  • Laili Zain
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya