Comscore Tracker

Fitur Google Ini Bisa Menyelamatkanmu dari Malware dan Pencurian Data

Google benar-benar serius melindungi penggunanya

Jumlah pengguna HP yang terinfeksi malware terus bertambah setiap tahunnya. Bahkan, hingga tahun lalu, Google melaporkan kalau jumlah pengguna yang terkena malware mencapai miliaran orang. Dengan demikian, berbagai ancaman seperti kehilangan data akan menghantui pengguna yang sudah kesusupan malware.

Kendati begitu, Google memberikan solusi untuk melindungi hp kamu dari penjahat cyber, yakni berupa Google Play Protect. Berkat fitur Google yang satu ini, kamu bisa menyelamatkan hp dan tablet kamu dari pencurian data atau kemasukkan iklan yang tidak jelas. Mau tahu informasi lebih lanjut seputar Google Play Protect? Baca sampai habis ya.

1. Google Play Protect lindungi hp dari aplikasi tidak resmi

Fitur Google Ini Bisa Menyelamatkanmu dari Malware dan Pencurian Datalivemint.com

Melansir Express, Google Play Protect menjadi fitur Google yang bisa menyelamatkan kamu. Bagaimana tidak, Google Play Protect memberikan kamu sistem perlindungan agar malware tidak masuk ke hp. Adapun malware ini bisa masuk karena kamu menginstall aplikasi tidak resmi yang tidak ada di Play Store.

Dengan kehadiran fitur yang satu ini, maka aplikasi berbahaya yang membawa malware jahat ini akan langsung diblokir oleh Play Protect. Apalagi kini Play Protect bisa mendeteksi malware dengan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

2. Hadir sejak 2017 untuk memerangi malware

Fitur Google Ini Bisa Menyelamatkanmu dari Malware dan Pencurian Dataidgesg.net

Google selaku pencipta telah memperkenalkan Play Protect sejak Mei 2017 lalu. Kala itu, Google ingin fitur ini bisa memindai dan mendeteksi pengunduhan aplikasi non Google sehingga bisa memerangi malware yang mencoba untuk masuk ke hp.

Sebelum Play Protect hadir, malware bisa dengan mudah masuk karena kenakalan para penggunanya sendiri. Contohnya adalah seperti ketika kamu mengakses situs web dewasa, layanan perjudian online, hingga menginstall aplikasi lain yang tidak terdaftar ke dalam Play Store.

3. Sudah diinstall menjadi bawaan hp

Fitur Google Ini Bisa Menyelamatkanmu dari Malware dan Pencurian Dataandroidcentral.com

Buat kamu yang mempunyai hp Android (terutama yang baru) tidak perlu repot-repot untuk menginstall Play Protect. Pasalnya, fitur Google ini sudah menjadi bawaan hp kamu untuk memblokir segala aplikasi tidak jelas yang bisa membuat kamu diserang para penjahat cyber. Jadi, kamu udah gak perlu khawatir deh bakal kecurian data.

4. Sanggup mendeteksi lebih dari 100 miliar aplikasi dalam sehari

Fitur Google Ini Bisa Menyelamatkanmu dari Malware dan Pencurian Dataarnolddonsoo.blogspot.com

Benar-benar menjadi penyelamat hp kamu, Play Protect sangat bekerja dengan keras dalam mendeteksi malware. Bagaimana tidak, fitur penyelamat ini sanggup memindai lebih 100 miliar aplikasi Android dalam sehari. Itu artinya, Google benar-benar serius dalam melindungi para penggunanya dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. 1,9 miliar pengguna sudah terkena malware

Fitur Google Ini Bisa Menyelamatkanmu dari Malware dan Pencurian Datadepositphotos.com

Penggunaan Play Protect semakin urgent melihat kenyataan bahwa tahun lalu sudah ada 1,9 miliar pengguna yang hpnya terinfeksi malware. Ini artinya, pengguna yang mencoba menginstall aplikasi tidak resmi terus meningkat sejak tahun 2017 dan 2018 yang saat itu totalnya mencapai 1,6 miliar pengguna. Apa kabar dengan tahun ini? Kita tunggu saja.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu dari fitur Google yang bisa menyelamatkan HP kamu. Kalau gak pengen kecurian data atau kemasukan malware, gunakan hp kamu secara bersih dan bijak ya.

Baca Juga: Viral di Twitter, Ternyata Ini Cara Mengambil Foto Google Street View

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya