Comscore Tracker

7 Cara Mudah Nobar Film Online dengan Teman dan Keluarga

Ciptakan bioskop virtual sendiri dari rumah

Film jauh lebih menyenangkan apabila ditonton bersama teman atau keluarga. Sayangnya, cara tersebut tidak mudah direalisasikan terutama jika keluarga atau teman tidak mampir untuk berkunjung atau tinggal di tempat yang sama.

Akan tetapi jangan khawatir, diluar sana ada beberapa aplikasi dan layanan yang dapat membantu pengguna mengatasi masalah itu. Tidak menonton di lokasi yang sama, melainkan menonton bersama secara online. Bagi yang tertarik, langsung saja simak ulasan dibawah ini.

1. Teleparty

7 Cara Mudah Nobar Film Online dengan Teman dan Keluargapcmag.com

Awalnya dikenal sebagai Netflix Party, Teleparty memungkinkan pengguna untuk menonton film di Netflix, Disney+, Hulu atau HBO dan membuat “party link” untuk dibagikan ke teman atau keluarga. Ketika sudah bergabung, Teleparty akan mensinkronisasikan film untuk semua yang menonton dan bahkan ada opsi chat untuk berbincang via teks.

Ada lebih dari 10 juta pengguna yang menggunakan Teleparty dan bagi mereka yang tertarik hanya perlu mengunduh dan menginstal extension-nya di browser seperti Google secara gratis. Ini mudah dan direkomendasikan.

2. Amazon Prime Watch Party

7 Cara Mudah Nobar Film Online dengan Teman dan Keluargatechadvisor.com

Jika Teleparty merupakan layanan pihak ketiga, Amazon menyediakan via Watch Party untuk Prime Video milik mereka. Secara garis ini sama seperti Teleparty, di mana pengguna bisa mengajak orang lain untuk nobar secara online. Watch Party memungkinkan hingga 100 orang untuk menonton bersama dan dapat digunakan semua film atau serial yang ada di Prime Video.

Sayangnya, Watch Party saat ini baru tersedia di platform PC saja dan belum hadir di platform lain seperti smartphone, tablet atau smart TV. Plus, ini juga belum mendukung browser Safari sejauh ini.

3. Scener

7 Cara Mudah Nobar Film Online dengan Teman dan Keluargascener.com

Scener menyebut dirinya sebagai bioskop virtual dan ini jadi opsi menarik untuk mereka yang tidak ingin terikat ke satu jenis layanan streaming saja. Melalui Scener, pengguna bisa menonton film bersama-sama dari layanan streaming seperti Netflix, Prime Video, Hulu, Disney+, HBO Max dan banyak lainnya.

Yang perlu dilakukan hanyalah mengunduh extension untuk Scener di Google Chrome dan pilih film di layanan streaming yang diinginkan. Selain nobar, Scener juga punya fitur untuk melakukan video chat dengan batas maksimal pengguna sebanyak 10 orang.

Baca Juga: 7 Situs Legal Streaming Drama Korea, Tak Seperti Ganool dan Drakorindo

4. Twoseven

7 Cara Mudah Nobar Film Online dengan Teman dan Keluargatrustedreviews.com

Twoseven merupakan aplikasi berbasis web di mana pengguna bisa nobar film di berbagai jenis perangkat. Tidak ada batasan mengenai berapa orang yang bisa bergabung untuk nobar di Twoseven dan semuanya bahkan bisa menggunakan webcam dan mikrofon perangkat mereka ketika menonton.

Twoseven mendukung beberapa layanan streaming seperti YouTube,Netflix, Prime Video, Apple TV, HBO Max dan banyak lagi. Hulu dan Disney+ sebenarnya tersedia namun untuk paket premium. Yang tertarik bisa langsung menuju situs resmi Twoseven, membuat akun lalu berbagi link Watch Now.

5. Kast

7 Cara Mudah Nobar Film Online dengan Teman dan Keluargatweaklibrary.com

Bagi mereka yang tidak berlangganan semua layanan streaming atau punya banyak namun berlangganan layanan streaming berbeda, mereka masih bisa menonton film bersama menggunakan Kast. Aplikasi berbasis web ini memungkinkan pengguna untuk berbagi layar perangkat mereka hingga ke 100 orang.

Tidak sampai situ saja, selain nobar via layanan streaming populer, Kast juga punya perpustakaan konten sendiri mulai dari film indie hingga mainstream yang diambil dari Tubi. Untuk menggunakan Kast, pengguna hanya perlu mengunjungi situsnya, membuat akun dan mengatur link untuk nobar.

6. Syncplay

7 Cara Mudah Nobar Film Online dengan Teman dan Keluargalinuxuprising.com

Syncplay merupakan aplikasi open-source di mana pengguna bisa mensinkronisasikan media player seperti VLC di PC mereka. Dengan begitu, pengguna dapat menggunakan Syncplay untuk menonton film yang file-nya tersimpan di PC bersama teman mereka. Namun, mereka yang diajak menonton harus punya file yang sama.

Syncplay dibuat agar aktivitas menonton bersama secara online dapat berjalan bersamaan dan sinkron. Bahkan, Syncplay akan menjeda film yang diputar pada PC semua penonton apabila ada satu penonton yang menjeda, seperti untuk ke toilet misalnya.

7. Plex Watch Together

7 Cara Mudah Nobar Film Online dengan Teman dan Keluargaplex.tv

Plex Watch Together memungkinkan pengguna untuk nobar film secara online baik dari yang disediakan oleh Plex maupun dari koleksi personal pengguna. Ketika menggunakan layanan ini, film akan disinkronisasikan secara otomatis agar pengguna bisa menonton di durasi atau titik yang sama.

Berbeda dengan kebanyakan di daftar ini, Plex Watch Together tidak hanya tersedia di PC saja, namun juga Android dan iOS. Yang kurang dari layanan ini hanyalah tidak adanya fitur chat. Untuk menggunakan ini, pengguna hanya perlu mengklik “Watch Together” di film yang mereka inginkan di Plex.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi cara mudah untuk nonton film bareng secara online. Bahwa selain untuk menonton film bersama dari layanan streaming populer, sebagian besar layanan di atas bisa juga digunakan untuk nobar video-video di YouTube. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Aplikasi Streaming Terbaik untuk Diinstal di Smart TV

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya