Comscore Tracker

7 Fitur Unggulan OriginOS, UI Terbaru vivo yang Canggih

Pengganti FuntouchOS dengan banyak perubahan

Setelah serangkaian bocoran, vivo akhirnya secara resmi mengumumkan OriginOS pada acara vivo Developer Conference 2020 di Tiongkok. Jika dibandingkan dengan FuntouchOS, UI baru yang berbasis Android 11 itu merupakan perubahan yang sangat besar.

vivo menyebut bahwa skin baru mereka itu terinspirasi dari game puzzle populer – Huarong Road. Selain tampilan yang lebih segar, OriginOS juga hadir dengan sejumlah fitur baru yang menarik. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 7 fitur unggulan dari UI terbaru vivo – OriginOS.

1. Klotski Grid

7 Fitur Unggulan OriginOS, UI Terbaru vivo yang Canggihxda-developers.com

vivo memperkenalkan “Klotski Grid” baru kepada OriginOS. Brand asal Tiongkok itu mengambil inspirasi dari game teka-teki populer yaitu Klotski, yang memiliki balok kayu berbentuk persegi dan persegi panjang yang dapat digeser.

vivo menyebut bahwa desain Klotski ini membuat layar utama OriginOS jadi nampak lebih bersih dan efisien dibanding dengan layar utama dari UI lain di luar sana. Plus, itu juga membuat OriginOS jadi terasa seperti sistem operasi lain, dibanding UI atau skin berbasis Android.

2. Nano Alerts

7 Fitur Unggulan OriginOS, UI Terbaru vivo yang Canggihgizchina.it

Nano Alerts merupakan fitur baru selanjutnya dari OriginOS yang mana itu notabene adalah widget kecil nan minimalis. Dengan Nano Alerts, vivo ingin agar UI terbaru mereka dapat memberi informasi cepat mengenai hal-hal seperti penerbangan selanjutnya, kondisi cuaca, posisi barang yang akan dikirim dan yang lain-lain, langsung dari layar utama pengguna.

Nano Alerts akan diperbarui di latar belakang untuk memberikan notifikasi penting terkini. Selain muncul di layar utama, Nano Alerts juga dapat ditampilkan ketika layar mati via always-on display.

3. Live Wallpaper

7 Fitur Unggulan OriginOS, UI Terbaru vivo yang Canggihblog-nouvelles-technologies.fr

Dengan fitur Live Wallpaper yang hadir di hampir semua UI di tahun 2020, vivo melalui OriginOS-nya mengusung hal serupa. Akan tetapi, pendekatan yang vivo lakukan terbilang agak berbeda dan menarik. Alih-alih wallpaper hidup dalam bentuk planet atau permukaan tanah, vivo memilih untuk menampilkan detail cuaca ke dalam Live Wallpaper.

Jadi, vivo akan mengambil data terkait cuaca di lokasi pengguna, lalu mensimulasikan data itu ke dalam bentuk wallpaper. Kendati demikian, vivo juga menyediakan alternatif Live Wallpaper dalam bentuk bunga mekar dan pengguna masih memiliki opsi untuk membuat Live Wallpaper mereka sendiri.

Baca Juga: 7 HP Vivo Triple Camera Terbaik, Harganya Mulai 1 Jutaan

4. Enhanced Memory Fusion Technology 1.0

7 Fitur Unggulan OriginOS, UI Terbaru vivo yang Canggihmoneycontrol.com

Di luar perombakan visual besar-besaran, OriginOS juga hadir dengan sejumlah perubahan di bagian cara kerja kinerja. vivo memperkenalkan fitur proses tiga langkah yang disebut Enhanced Memory Fusion Technology 1.0. Teknologi baru ini dibuat agar OriginOS bisa memberikan pengalaman yang lebih baik dan mulus kepada penggunanya, lewat proses tiga langkah yaitu integrasi memori, pengoptimalan proses dan pre-loading aplikasi.

5. Multi-Turbo 5.0

7 Fitur Unggulan OriginOS, UI Terbaru vivo yang Canggihgizchina.it

Multi-Turbo 5.0 merupakan fitur lain dari OriginOS yang ditujukan untuk membuat performa keseluruhan menjadi lebih baik. Multi-Turbo 5.0 sendiri mengombinasikan pre-loading aplikasi, teknologi intelligent app freezing, pengoptimalan alokasi sumber daya dan banyak lagi. Bersama teknologi Memory Fusion yang disebutkan sebelumnya, Multi-Turbo 5.0 diharapkan bisa membuat OriginOS berjalan optimal, sekalipun di HP dengan RAM minim seperti kurang dari 4GB.

6. Kombinasi 26 gestur navigasi untuk dipilih

7 Fitur Unggulan OriginOS, UI Terbaru vivo yang Canggihgadnwid.com

OriginOS dibekali dengan kombinasi 26 gestur navigasi, yang bisa dipilih hanya dengan menekan bagian bawah layar. Dengan kombinasi sebanyak itu, gestur pada OriginOS tidak hanya soal navigasi saja.

Pengguna bisa mengambil screenshot, melakukan pembayaran mobile dan lain-lain, hanya dengan mengaplikasikan gestur yang disediakan. Ini mempermudah, dan sekali lagi, meningkatkan kenyamanan dalam menggunakan HP-HP besutan vivo.

7. Fitur lain

7 Fitur Unggulan OriginOS, UI Terbaru vivo yang Canggihandroidauthority.com

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan diatas, vivo juga melengkapi dengan OriginOS dengan beberapa fitur kecil namun penting. Beberapa di antaranya seperti menu yang dapat membawa pengguna ke pusat kontrol untuk mengendalikan perangkat rumah pintar dan alarm bencana alam serta informasi mengenai pandemik yang terintegrasi. Di samping itu, bagi pengguna yang kurang suka dengan penampilan baru yang diusung OriginOS, terdapat opsi alternatif untuk membuat tampilan OriginOS jadi lebih mirip seperti Android stock.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai fitur unggulan baru dari UI terbaru vivo – OriginOS. Sejauh ini, vivo masih belum mengungkap jadwal meluncurnya OriginOS di pasar global, namun untuk pasar Tiongkok, akan dimulai pada awal tahun depan.

Baca Juga: Selain Inovatif, Ini 8 Keunggulan Utama vivo dibanding Brand HP Lain

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya