Comscore Tracker

5 Tips Menggunakan Webcam agar Virtual Meeting Lebih Maksimal 

Perhatikan audio dan pencahayaan

Saat pandemi COVID-19 berlangsung, skema kerja menggunakan sistem online atau yang sering disebut dengan WFH, mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Bahkan di beberapa tempat yang sudah kembali bekerja di kantor, rapat menggunakan platform online masih tetap dijalankan. 

Rapat menggunakan webcam sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi sebagian orang. Namun, menggunakan webcam bisa menjadi hal yang tricky, khususnya bagi orang yang belum terbiasa. Agar kamu bisa tampil maksimal saat menggunakan webcam, yuk simak beberapa tips webcam di bawah ini. 

1. Memilih webcam yang tepat

5 Tips Menggunakan Webcam agar Virtual Meeting Lebih Maksimal ilustrasi kamera webcam (unsplash.com/Waldemar Brandt)

Setiap webcam mempunyai kualitas yang berbeda-beda. Memilih resolusi kamera webcam yang tepat bisa menjadi langkah awal untuk tampil maksimal di depan layar.

Kamu akan tampil lebih maksimal jika menggunakan webcam yang memiliki resolusi 1080p atau 720p. Kamera tersebut biasanya hadir dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi dan kualitas video yang lebih jernih.

Ada banyak pilihan kamera webcam menarik dan terjangkau di luar sana dari beberapa produsen terkenal, seperti Logitech, Elgato, Dell, Microsoft, atau perusahaan yang berfokus pada game seperti Razer. 

2. Pastikan audio bekerja dengan baik

5 Tips Menggunakan Webcam agar Virtual Meeting Lebih Maksimal ilustrasi menggunakan headphone (unsplash.com/Austin Distel)

Audio adalah aspek penting yang harus diperhatikan saat melakukan panggilan video, streaming, dan konferensi. Jika kamu menggunakan audio laptop atau melakukan rapat online di tempat yang ramai, hasil suara yang dihasilkan bisa sangat bervariasi.

Oleh karena itu, pastikan audio perangkat yang kamu gunakan bisa bekerja dengan baik. Lakukan tes panggilan bersama temanmu jika perlu, khususnya sebelum melakukan rapat penting. Salah satu cara ideal untuk mendapatkan suara yang jernih saat melakukan rapat online adalah dengan menggunakan headset atau headphone yang dilengkapi mikrofon internal.

3. Perhatikan pencahayaan

5 Tips Menggunakan Webcam agar Virtual Meeting Lebih Maksimal ilustrasi pencahayaan yang baik (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Jika kamu sudah memiliki webcam dan audio yang ideal, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pencahayaan. Hindari sumber cahaya dari belakang atau backlighting karena itu bisa membuat wajah kamu tidak terlihat.

Tidak hanya itu, pastikan juga pencahayaan di ruangan yang kamu gunakan memadai agar wajah bisa terlihat jelas. Kamu bisa menggunakan bantuan ringlight jika ruangan yang kamu gunakan tidak memiliki pencahayaan yang ideal.

Baca Juga: 10 Laptop Terbaik 2022, Menjawab Berbagai Kebutuhan Kamu

4. Penempatan webcam

5 Tips Menggunakan Webcam agar Virtual Meeting Lebih Maksimal ilustrasi penempatan webcam (unsplash.com/Maxime)

Penempatan kamera webcam bisa menjadi hal yang penting dalam melakukan rapat online. Pemempatan webcam yang ideal adalah saat rekan kerjamu bisa melihat kepala dan bahu kamu pada layar. 

Visual tersebut akan memberikan pengalaman seperti saat duduk di seberang meja. Jadi, pastikan kamu menempatkan kamera webcam tidak terlalu jauh atau terlalu dekat. Kamu bisa membuka pengaturan aplikasi yang kamu gunakan untuk melihat rasio serta apa saja yang ditangkap oleh kamera webcam

5. Melihat ke kamera saat berbicara

5 Tips Menggunakan Webcam agar Virtual Meeting Lebih Maksimal ilustrasi melihat ke kamera (unsplash.com/Visuals)

Saat berbicara secara langsung, kita biasanya akan melakukan kontak mata. Naluri tersebut akan hilang saat melakukan panggilan video. Kebanyakan orang biasanya akan menatap layar dan terlihat seperti melihat ke bawah. 

Jika kamu ingin terlihat lebih interaktif saat melakukan rapat online, arahkan fokus tatapan ke kamera webcam. Dengan begitu, kamu akan terlihat seperti melakukan kontak mata dengan para rekanmu di rapat tersebut. 

 

Demikian beberapa tips menggunakan webcam untuk membuat rapat online kamu menjadi lebih maksimal. Skema kerja berbasis online adalah hal yang baru bagi sebagian orang, tapi seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan semakin terbiasa dalam melakukan rapat online di kemudian hari. Selamat Mencoba!

Baca Juga: 5 Fitur Zoom Paling Berguna untuk Memperlancar Meeting

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya