Comscore Tracker

5 Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur, Pemandangannya Eksotis!

Pas untuk kalian yang ingin melepas penat

Bagi kamu yang sedang di Jawa Timur dan butuh berlibur, air terjun sepertinya bisa menjadi destinasi liburanmu, nih. Selain memiliki gunung yang tinggi, Jawa Timur juga kaya akan air terjun yang tinggi, lho. 

Bikin takjub dan ingin segera melancong ke sana, berikut deretan destinasi air terjun tertinggi di Jawa Timur. Sempatkan untuk berlibur ke sana, ya!

1. Air Terjun Madakaripura

5 Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur, Pemandangannya Eksotis!Air Terjun Madakaripura (instagram.com/ayodolan)

Tak hanya menjadi air terjun tertinggi di Pulau Jawa, Madakaripura juga merupakan air terjun tertinggi ke dua di Indonesia. Memiliki ketinggian hingga 200 meter, air terjun yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan memanjakkan mata.

Bagi kalian yang ingin melihat keindahan air terjun Madakaripura, kalian perlu menempuh sekitar 1 jam perjalan atau 37 kilometer jika dari Kota Probolinggo. Sebelum masuk ke area air terjun, para pengunjung diwajibkan untuk menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis 1.

Lokasi: Sapih, Branggah, Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Harga tiket: Rp22 ribu.

2. Air Terjun Sedudo

5 Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur, Pemandangannya Eksotis!Air Terjun Sedudo (instagram.com/nganjukkotabayu)

Berada di Kabupaten Nganjuk, air terjun Sedudo ini berada di ketinggian 1.438 mdpl dengan ketinggian sekitar 105 meter. Bagi kalian yang ingin melihat air terjun Sedudo, kalian tak perlu khawatir karena jalur transpotasi mudah diakses.

Air terjun yang satu ini ramai dikunjungi pengunjung, apalagi pada saat bulan Sura (kalender Jawa). Karena masyarakat setempat masih memiliki kepercayaan sejak era Majapahit, bahwa pada bulan tersebut dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.

Lokasi: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

3. Air Terjun Tretes

5 Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur, Pemandangannya Eksotis!Air Terjun Tretes (instagram.com/fatkhur_ridho23)

Jika kalian sedang berada di daerah Jombang, Jawa Timur, kalian wajib mengunjungi salah satu air terjun di sana. Air Terjun Tretes namanya. Berada di ketinggian 1.250 mdpl, air terjun Tretes memiliki ketinggian mencapai 158 meter.

Ada dua jalur yang dapat kalian tempuh untuk menuju air terjun Tretes ini, yaitu jalur Kabupaten Jombang dan juga jalur Kediri. Sepanjang perjalan menuju air terjun Tretes kalian akan disambut dengan pemandangan hutan dengan landscape bebukitan.

Lokasi: Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Harga tiket: mulai dari Rp2 ribu (motor) dan Rp5 ribu (mobil)

Baca Juga: 9 Potret Air Terjun Sikulikap, Surga Tersembunyi di Berastagi

4. Air Terjun Tumpak Sewu

5 Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur, Pemandangannya Eksotis!Coban Sewu (instagram.com/pesonaairterjunindonesia)

Memiliki ketinggian sekitar 120 meter, air terjun Tumpak Sewu atau biasa disebut Coba Sewu ini merupakan air terjun yang berbatan langsung dengan Kabupaten Lumajang dan juga Kabupaten Malang. Air terjun disebut sebagai keindahan alam di Jawa Timur, karena bentuk air terjunnya yang menyerupai tirai.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi air terjun Tumpak Sewu, usahakan untuk menggunakan alas kaki yang tepat. Karena sepanjang perjalanan menuju lokasi, jalan setapak sering dipenuhi dengan tanah liat yang licin. Sekaligus, jalanan setapak tersebut lokasinya berdekatan dengan sungai yang airnya mengalir sepanjang waktu. 

Namun kalian tenang saja, karena sulitnya perjalanan akan terbayarkan dengan pemandangan air terjun yang begitu menakjubkan.

Lokasi: Kampung Siji, Jalan Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

5. Air Terjun Kabut Pelangi

5 Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur, Pemandangannya Eksotis!Air Terjun Kabut Pelangi (instagram.com/jatumparadise)

Selanjutnya ada air terjun Kabut Pelangi yang berada di Kabupaten Lumajang. Memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter, air terjun yang satu ini memiliki volume air yang cukup besar dengan sumber mengerucut. Nama Kabut Pelangi hadir karena derasnya air yang turun dengan jumlah besar, sehingga menghasilkan layaknya kabut yang berasal dari cipratan air lembut yang terbawa oleh angin.

Bagi kalian yang ingin menenangkan diri dengan menikmati keindahan alam, kalian wajib banget mengunjungi air terjun Kabut Pelangi. Selain sejuk, pemandangannya asri, jika kalian beruntung maka bisa melihat pelangi yang menggantung di air terjun.

Lokasi: Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Bagi kalian yang sedang mencari destinasi wisata air terjun di Jawa Timur, deretan wisata air terjun tertinggi di Jawa Timur di atas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kalian kunjungi. Tunggu apalagi, mulai rencanakan liburan kalian sekarang juga!

Baca Juga: 10 Potret Pesona Air Terjun Tiu Ngumbak, Air Terjun Cantik di Lombok

Alvina Putri Rahmanita Photo Verified Writer Alvina Putri Rahmanita

Hello:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya