Comscore Tracker

10 Penerbangan Terpendek di Dunia, Ada yang Hanya 48 Detik Lho

Salah satunya penerbangan di Papua

Transportasi udara biasanya dipilih untuk lokasi dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Selama ini, berapa lama penerbangan yang pernah kamu tempuh? Sejak atau dua jam? Atau mungkin berkisar 10 jam untuk perjalanan keluar negeri?

Menempuh waktu lama di pesawat sudah terlalu mainstream banget, sih. Gimana kalau penerbangannya menjadi sangat singkat? Paling lama hanya 15 menit? Nah, ternyata hal itu bukan isapan jempol belaka dan benar-benar ada di dunia nyata.

Seperti 10 penerbangan berikut ini, waktu tempuhnya ada yang lebih singkat dibanding masak Indomie.

1. Kos-Kalymnos, Yunani - 20 menit

10 Penerbangan Terpendek di Dunia, Ada yang Hanya 48 Detik Lhobooking.com

Jika kamu bertanya-tanya mengapa traveling di Eropa bisa membuat perpindahan dari satu negara ke negara lainnya begitu cepat, maka jawaban terbaiknya adalah sistem transportasi mereka yang sangat efisien. Kayak pesawat dari Kos-Kalymnos, jarak tempuhnya hanya 22 kilometer dengan waktu 20 menit.

2. Minamidaito-Kitadaito, Jepang - 15 menit

10 Penerbangan Terpendek di Dunia, Ada yang Hanya 48 Detik Lhoaviation.club.aero

Penerbangan dari Pulau Minimidaito ke Pulau Kitadaito hanya membutuhkan waktu penerbangan sekitar 15 menit. Meski singkat, keberadaan jalur penerbangan ini sangat mendukung aktivitas masyarakat. Terdapat 4 kali penerbangan dalam sepekan dengan kapasitas 39 kursi sekali terbang. 

3. Papeete-Moorea, Polynesia Perancis, 15 menit

10 Penerbangan Terpendek di Dunia, Ada yang Hanya 48 Detik Lhohilton.com

Walaupun hanya menempuh jarak 17,7 kilometer, tetapi penerbangan Papeete-Moorea ini termasuk penerbangan internasional, lho. Rute ini membuat pergerakan masyarakat semakin cepat dan tentunya berdampak positif pada perkembangan ekonomi kedua wilayah.

4. Little Cayman-Cayman Brac, The Cayman Islands, 10 menit

10 Penerbangan Terpendek di Dunia, Ada yang Hanya 48 Detik Lhoibtimes.com

Perpindahan antarpulau yang bersebarangan ini menempuh jarak sejauh 21 kilometer dan hanya membutuhkan waktu 10 menit dengan biaya penerbangan 54 dollar AS atau Rp 750 ribu. Bayar mahal untuk waktu yang singkat, sepadanlah ya. Terlebih buat yang mabuk laut, mending naik pesawat, kan?

5. Saipan-Tinian, Mariana Islands, 10 menit

10 Penerbangan Terpendek di Dunia, Ada yang Hanya 48 Detik Lhohuffingtonpost.com

Jarak dua pulau ini hanya 17 kilometer dan butuh waktu 10 menit untuk penerbangannya. Masyarakat di sana beli tiket pesawat sudah kayak beli karcis nonton film aja ya, saking tergantungnya mereka dengan moda transportasi udara tersebut.

6. Hoolehua-Kalaupapa, Hawaii, 10 menit

10 Penerbangan Terpendek di Dunia, Ada yang Hanya 48 Detik Lhohuffingtonpost.com

Salah satu keuntungan liburan ke Hawaii adalah transportasinya yang serba mudah dan sangat cepat. Dari Pulau Hoolehua ke Pulau Kalaupapa hanya butuh waktu 10 menit saja dengan jarak tempuh 14,2 kilometer. Bikin puas dan betah liburan, deh.

Baca juga: 7 Fakta Unik saat Ada Penumpang Meninggal dalam Pesawat, Sudah Tahu?

7. St. Gallen, Swiss-Friedrichshafen, Jerman, 8 menit

10 Penerbangan Terpendek di Dunia, Ada yang Hanya 48 Detik Lhobooking.com

Penerbangan internasional St. Gallen-Friedrichshafen terdapat dua kali sehari. Jarak tempuhnya cuma 20 kilometer dan butuh waktu 8 menit. Kapasitas pesawat memang kecil sih, hanya 50 orang sekali penerbangan dengan harga tiket 45 dollar AS atau Rp 625 ribu. Delapan menit, kamu sudah pindah negara, menarik juga nih.

8. Inishmaan-Connemara, Irlandia, 6 menit

10 Penerbangan Terpendek di Dunia, Ada yang Hanya 48 Detik Lhoconnemarawildescape.ie

Bikin geleng-geleng kepala deh pokoknya, penerbangan Inishmaan-Connemara yang berjarak 16 kilometer cuma butuh waktu 6 menit doang, Guys. Kebayang gak sih baru duduk pasang seat belt, terus sudah landing aja.

9. Westray-Papa Westray, Inggris, 2 menit

10 Penerbangan Terpendek di Dunia, Ada yang Hanya 48 Detik Lhobooking.com

Di Inggris, untuk menempuh jarak 2,7 kilometer saja, warganya terbiasa naik pesawat, lho. Hal itu terjadi di Westray-Papa Westray yang memiliki penerbangan singkat selama dua  menit. Hanya numpang duduk dan nafas sekali di pesawat, nih.

10. Desa Kagata-Apowo, Nabire, Indonesia, 48 detik

10 Penerbangan Terpendek di Dunia, Ada yang Hanya 48 Detik Lhoyoutube.com/yasseralyasre

Kebayang gak gimana rasanya penerbangan hanya 48 detik? Gak perlu kaget, itu ada di negara kita, kok. Tepatnya di Desa Kagata menuju Apowo, Nabire. Jarak dua desa ini hanya dua kilometer, tetapi dipisahkan oleh bukit dan tebing terjal. Sehingga sulit untuk ditempuh dengan jalur darat.

Gimana rasanya naik pesawat cuma 48 menit ya? Sekali nafas doang sudah sampai tujuan, asyik banget!

Wah, jadi penasaran ingin menjajal 10 penerbangan ini, kan? Bakal jadi pengalaman yang seru banget, nih pastinya. Lebih lama ngepoin sosmed mantan ya, daripada naik pesawat.

Baca juga: Nyeleneh, Ini 9 Pertanyaan Penumpang Pesawat yang Paling Keterlaluan!

Topic:

Just For You