Cara Beli Bagasi AirAsia, Hanya dalam Beberapa Klik 

Cara beli bagasi melalui website dan aplikasi

Setelah berlibur, kamu mungkin membeli banyak buah tangan dan mendapati bahwa bagasimu melebihi batas yang diizinkan oleh maskapai. Awalnya kamu mungkin merasa cemas, karena gak tahu cara menambah bagasi ekstra.

Namun, gak perlu khawatir, karena sebagian besar maskapai penerbangan, termasuk AirAsia, sebenarnya menyediakan opsi untuk membeli bagasi tambahan. Tentunya pembelian bagasi ini memiliki syarat dan ketentuan tertentu, seperti ukuran dan berat bagasi, serta jenis pesawat dan jarak penerbangan yang ditempuh.

Untuk mengetahui cara beli bagasi AirAsia, simak panduan ini lebih lanjut dan temukan solusinya agar perjalananmu tetap nyaman dan lancar. Beli sesuai yang kamu butuhkan, ya!

Baca Juga: Cara Beli Bagasi Citilink sebelum Melakukan Penerbangan

1. Syarat dan ketentuan pembelian bagasi AirAsia

Cara Beli Bagasi AirAsia, Hanya dalam Beberapa Klik ilustrasi syarat dan ketentuan pembelian bagasi airasia (airasia.com/AirAsia)

Setiap maskapai penerbangan, tentu memiliki syarat dan ketentuan tersendiri dalam menawarkan bagasi tambahan. Jika kamu ingin membawa lebih banyak bagasi, kamu bisa memesan tambahan bagasi terdaftar dengan biaya tertentu. Ini opsi yang tersedia di AirAsia.

  1. 15 kilogram (berlaku hanya untuk penerbangan domestik)
  2. 20 kilogram 
  3. 25 kilogram
  4. 30 kilogram 
  5. 40 kilogram 
  6. 50 kilogram*
  7. 60 kilogram

Untuk penerbangan domestik di Indonesia, biaya tambahan bagasi mulai dari Rp202 ribu untuk 10 kilogram hingga sekitar Rp2,5 juta untuk 60 kilogram. Sementara itu, penerbangan internasional mengenakan biaya tambahan bagasi mulai dari Rp681 ribu untuk 20 kilogram hingga sekitar Rp2,9 juta untuk 60 kilogram.

Namun, setiap penerbangan memiliki jumlah unit terbatas untuk bagasi terdaftar. Jika kuota habis, opsi tersebut gak akan tersedia untuk dilihat atau dibeli. Kamu harus ekstra perhatian dan lebih cepat ketika membeli, ya.

2. Cara beli bagasi AirAsia via website

Cara Beli Bagasi AirAsia, Hanya dalam Beberapa Klik ilustrasi cara beli bagasi airasia via website (airasia.com/AirAsia)

Kamu hanya dapat membeli upgrade bagasi sebesar 50 kilogram atau 60 kilogram saat memesan penerbangan. Kamu juga bisa meng-upgrade ini di bandara, tergantung ketersediaannya.

Caranya gampang, ini langkah-langkah untuk menambah bagasi via website AirAsia, terutama saat kamu baru akan memesan tiket pesawat:

  1. Kunjungi situs web airasia.com dan pilih penerbangan AirAsia yang kamu inginkan.
  2. Di halaman Add Ons, klik Baggage Options dan pilih jatah bagasi yang kamu inginkan.
  3. Selesaikan pemesanan dan lakukan pembayaran. Jatah bagasi terdaftarmu akan tercantum di dalam rencana penerbanganmu.

Namun, sebaiknya lakukan pembelian bagasi pesawat 4 jam sebelum keberangkatan. Ini dilakukan biar kamu bisa mempersiapkan dan memastikan bagasi masih tersedia atau tidak.

Baca Juga: 5 Barang yang Tidak Boleh Masuk Dalam Bagasi Pesawat, Bisa Berbahaya!

3. Cara beli bagasi via aplikasi AirAsia Move

Cara Beli Bagasi AirAsia, Hanya dalam Beberapa Klik ilustrasi cara beli bagasi via aplikasi airasia move (airasia.com/AirAsia)

Kalau sering bepergian menggunakan maskapai AirAsia, mungkin kamu sudah sering menggunakan aplikasi AirAsia Move. Melalui aplikasi ini, kamu gak hanya bisa memesan tiket pesawat, tapi juga bisa membeli bagasi setelah mem-booking tiket.

Namun, kalau kamu belum pernah menggunakannya, sebaiknya download dulu aplikasi AirAsia Move melalui Google Play atau App Store. Setelah itu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik ikon AskBo dan pilih Travel dari menu carousel.
  2. Pilih Any Airlines.
  3. Klik I have an 11 character booking number.
  4. Kemudian, pilih How do I modify my booking?.
  5. Pilih Add on (Meals, Baggage, Seats, Others).
  6. Klik Baggage.
  7. Centang kotak I already have a booking.
  8. Masukkan 11 digit nomor referensi pemesananmu di kolom teks. Nomor ini biasanya dimulai dengan 1000, 1001, dan seterusnya.
  9. Untuk validasi, AskBo akan meminta beberapa detail tentang pemesananmu. Silakan mulai dengan memberikan alamat email yang digunakan untuk pemesanan di kolom teks.
  10. Berikan nama lengkapmu agar ia dapat menyapamu dengan benar.
  11. Kamu akan ditempatkan dalam antrian tunggu dan akan segera terhubung dengan agen live chat AirAsia.

Setelah agen live chat AirAsia menghubungimu, kamu bisa melakukan pembelian bagasi sesuai kebutuhan dan bagasi yang tersedia. Namun, perlu diingat, pembelian bagasi melalui fitur ini mengharuskan kamu untuk menghubungi AskBo 48 jam sebelum jadwal penerbangan.

Jika telah lewat dari 48 jam, kamu hanya boleh melakukan pembelian dengan menghubungi maskapaimu secara langsung. Ini tentu sangat merepotkan, apalagi kalau kamu terlanjur membawa barang bawaan cukup banyak, tetapi bagasi sudah gak tersedia.

Karena itu, sebaiknya ikuti saja dua cara untuk beli bagasi AirAsia di atas. Jadi gak perlu repot-repot lagi, kan?

Baca Juga: 6 Jenis Turbulensi Pesawat yang Wajib Kamu Ketahui, Tak Perlu Cemas

Tyara Motik Photo Verified Writer Tyara Motik

Joie de vivre

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya