Comscore Tracker

Dirut Pertamina Jamin Pasokan Minyak Usai Kebakaran, Tak Ada Shutdown

Dirut Pertamina meminta masyarakat tidak perlu panic buying

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkapkan kondisi area Kilang Cilacap, Jawa Tengah, usai kebakaran saat ini sudah aman. Dia juga menegaskan insiden kebakaran satu tangki dari total 228 tangki tidak memengaruhi produksi Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Kita mengecek langsung kondisi kilang dan dipastikan bahwa dengan terbakarnya satu tangki dari 228 tangki yang ada di Cilacap, kilang tetap operasi jadi tidak ada shutdown, sehingga tidak berpengaruh terhadap produksi," ujar Nicke Widyawati dalam konferensi pers virtual, Minggu (14/11/2021).

 

1. Stok BBM dan elpiji aman

Dirut Pertamina Jamin Pasokan Minyak Usai Kebakaran, Tak Ada ShutdownIlustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Nicke juga menjamin pasokan BBM dan elpiji tidak terganggu sebab dia telah memeriksa kondisi stok BBM di tangki-tangki kilang, pipa, terminal bahan bakar minyak, maupun pasokan yang ada di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU).

"Jadi mohon tidak ada panic buying karena stok sangat aman, malah beberapa produk di atas standar minimum, jadi ini sudah melebihi standar, stoknya sudah sangat aman," paparnya.

Baca Juga: Pertamina Diminta Investigasi Tangki Kilang Minyak yang Kebakaran

2. Evaluasi dan investigasi terus berlanjut

Dirut Pertamina Jamin Pasokan Minyak Usai Kebakaran, Tak Ada ShutdownDirektur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. (Dok. Pertamina)

Meski demikian, Nicke mengatakan pihaknya akan terus melakukan melakukan evaluasi dan investigasi lebih lanjut insiden terbakarnya tangki tersebut. Dia juga akan memastikan keamanan pegawai maupun masyarakat setempat.

"Alhamdulillah masyarakat ini semuanya juga sudah aman, tetapi kami akan terus pastikan, jika perlu menyiapkan tim medis, penanganan masyarakat menjadi prioritas bagi Pertamina. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak," katanya.

3. Sebuah tangki minyak milik Pertamina terbakar

Dirut Pertamina Jamin Pasokan Minyak Usai Kebakaran, Tak Ada ShutdownKobaran api disertai kepulan asap terlihat dari tangki 36 T 102 yang terbakar di Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (14/11/2021) (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Sebelumnya, sebuah tangki minyak milik Pertamina di kilang Cilacap, Jawa Tengah terbakar pada Sabtu (13/11/2021) sekitar pukul 19.20 – 19.30 WIB.

Sebanyak 80 warga dari Kelurahan Lomanis telah dievakuasi ke pengungsian sementara di Aula Kelurahan Lomanis dan Masjid Baitul Munir, Lomanis.

“Pertamina terus memaksimalkan upaya pemadaman dengan defensive fire fighting dengan fire truck dan hydrant serta pendinginan di area sekitar tanki yang terbakar,” kata Ifki Sukarya selaku Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional, dikutip dari keterangan pers yang diterima IDN Times.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dengan kapasitas pengelolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki 228 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Baca Juga: Kebakaran Tangki Kilang Minyak Pertamina Cilacap Sudah Terkendali

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya