Comscore Tracker

Mendag: Mayoritas UMKM Sudah Ekspor tapi Nilainya Cuma US$5 Miliar

Cuma 5 persen dari nilai ekspor RI

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan ada sekitar 15 ribu unit UMKM yang mengekspor komoditasnya. Jumlah tersebut sebesar 85 persen dari usaha yang ada di Indonesia. Meski demikian, nilai ekspor dari UMKM hanya sebesar 5 persen dari nilai ekspor keseluruhan atau hanya 5 miliar dolar AS.

"95 persen jumlah value ekspor itu adalah usaha besar yang hanya 15 persen (total usaha). Jumlah value ekspor UMKM hanya 5 miliar dolar AS pada 2020. Jumlah ini masih timpang," kata Lutfi dalam diskusi UMKM Indonesia Menuju Pasar Global, Senin (14/6/2021).

Baca Juga: Menteri Investasi Bahlil Ngaku Pemerintah Belum Berpihak ke UMKM 

1. Perlu terobosan buat UMKM

Mendag: Mayoritas UMKM Sudah Ekspor tapi Nilainya Cuma US$5 MiliarIlustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Lutfi menilai dengan rendahnya nilai ekspor tersebut, UMKM masih tergolong ringkih untuk urusan ekspor. Sehingga perlu teroboson bagi UMKM mengembangkan usahanya. Salah satunya dengan masuk sektor formal.

"Kalau mereka gak kuat, habis disambar yang (usaha) lain," katanya.

2. Ada usaha yang bisa ekspor hingga Rp2 miliar per minggu

Mendag: Mayoritas UMKM Sudah Ekspor tapi Nilainya Cuma US$5 MiliarIlustrasi nilai tukar rupiah terhadap dollar naik (IDN Times/Arief Rahmat)

Lutfi mengatakan, Indonesia perlu mengembangkan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). Aturan ini sejatinya tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 yang ditekan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pada 20 November 2019.

Ia mencontohkan, ada sebuah bisnis di Indonesia yang mampu menjual semangka ke Uni Emirat Arab senilai Rp2 miliar dalam sekali pengiriman per minggunya.

"Karena dia bisa tahu lagi panen semangka, dia tahu semangka lagi laku di UAE karena lagi musim panas. Ditaruh dikotak, dipakai box bagus, itu dalam seminggu sekali shipment bisa menghasilkan Rp2 miliar," papar Lutfi.

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Persoalan yang Ganjal Ekspor UMKM

3. Janji perbaikan regulasi buat UMKM

Mendag: Mayoritas UMKM Sudah Ekspor tapi Nilainya Cuma US$5 MiliarKe Banyuwangi, Gubernur Khofifah Semangati Pelaku UMKM (Dok. Pemkab Banyuwangi)

Demi mengembangkan UMKM di Indonesia, eks Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat ini mengandeng Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki untuk memperbaiki aturan perdagangan yang ada. Salah satunya adalah menyiapkan aturan yang imbang antar usaha (fair trade) dan bukan perdagangan bebas (free trade).

"Kita tidak bisa bersaing dengan situasi tidak seimbang. Ini (aturannya) sedang kita atur," ucapnya.

Baca Juga: 2 Keuntungan Kalau UMKM Bisa Ekspor Serentak 

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya