Comscore Tracker

Pascakebakaran Kilang Cilacap, Pertamina Jamin Stok BBM dan Elpiji

Pertamina memiliki 7 Fuel Terminal dan 3 LPG Terminal

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tetap dalam kondisi aman, pascakebakaran di salah satu bundwall tangki penyimpanan di area Kilang Cilacap, Jumat, 11 Juni 2021.

"Kejadian tersebut tidak akan memengaruhi distribusi BBM dan LPG, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan DIY," kata Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/8/2021).

Baca Juga: Kebakaran Tangki Kilang Cilacap, Pertamina: Masyarakat Tidak Terdampak

1. Kondisi pasokan BBM dan LPG Pertamina

Pascakebakaran Kilang Cilacap, Pertamina Jamin Stok BBM dan ElpijiDok.IDN Times/Istimewa

Brasto mengatakan Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah memiliki 7 Fuel Terminal dan 3 LPG Terminal yang berfungsi untuk memasok kebutuhan BBM dan LPG di provinsi Jawa Tengah dan DIY.

"Untuk itu pasokan dan distribusi kepada masyarakat dapat dipastikan aman dan cukup melalui unit operasi tersebut,” kata Brasto.

2. Masyarakat sekitar tidak terdampak kebakaran

Pascakebakaran Kilang Cilacap, Pertamina Jamin Stok BBM dan ElpijiIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Area Manager Communication, Relations, dan CSR, Kilang Pertamina Cilacap Hatim Ilwan memastikan kondisi masyarakat di sekitar kilang aman dan tidak terdampak insiden kebakaran tersebut. Menurutnya lokasi area tangki yang terbakar berada jauh dari pemukiman warga.

"Kebakaran terjadi di salah satu area tangki penyimpanan yang lokasinya berada jauh di dalam kompleks kilang, bukan kilang atau pabrik pengolahannya. Sementara penyebab kebakaran belum diketahui," kata Hatim.

3. Upaya pemadaman dan penjagaan wilayah sekitar kebakaran

Pascakebakaran Kilang Cilacap, Pertamina Jamin Stok BBM dan ElpijiIlustrasi Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan foam monitor untuk mengarahkan penyemprotan foam ke titik api. Sejumlah 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran.
Pada saat terbakar, tangki di area bundwall hanya berisikan 1/3 produk Benzene atau sebanyak 1.100 barel dari kapasitas tanki 3.000 barel. Benzene adalah produk kilang yang merupakan bahan dasar untuk petrochemical, tidak terkait dengan produk BBM atau LPG.

Sementara itu polisi juga terus melakukan pengamanan perimeter dan area sekitar kilang. Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi menyatakan pihaknya juga menerjunkan personel melakukan patroli agar warga menjauh dari titik kebakaran.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya