Comscore Tracker

Survei Visa: 65 Persen Konsumen E-Commerce Gandrungi Voucher Diskon

Layanan pengiriman gratis juga paling banyak dicari konsumen

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 65 persen masyarakat menggandrungi voucher diskon saat berbelanja di e-commerce. Hal itu berdasarkan hasil survei Visa Indonesia.

Selain voucher diskon, produk dan layanan terpopuler yang dibeli di platform e-commerce adalah top-up dan pembayaran tagihan (49 persen), belanja ritel (45 persen), dan pemesanan makanan (34 persen). Sementara, layanan pengiriman gratis juga paling banyak dicari konsumen (69 persen).

"Studi kami menunjukkan banyak konsumen telah merasakan manfaat e-commerce dalam mengelola transaksi sehari-hari mereka, termasuk membayar listrik, air, telepon rumah, telepon seluler, internet, dan tagihan berlangganan lainnya," ungkap Presiden Direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman dalam media gathering secara virtual, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: 5 Jurus Jitu Hemat Belanja Online saat Ramadan

1. Dompet digital, transfer bank, dan transfer akun virtual paling populer digunakan

Survei Visa: 65 Persen Konsumen E-Commerce Gandrungi Voucher DiskonIlustrasi Gopay (IDN Times/Arief Rahmat)

Survei Visa Indonesia juga mengungkapkan tiga metode pembayaran e-commerce terpopuler, yakni dompet digital (65 persen), transfer bank (30 persen), dan transfer ke akun virtual (27 persen). Sementara, pembayaran dengan kartu kredit dan debit terus diminati di platform e-commerce didorong penawaran diskon yang menarik.

"Pandemik saat ini terus mengakselerasi pergeseran menuju perdagangan yang mengutamakan digital, diperkuat oleh terjadinya lonjakan first-time online shoppers dan belanja contactless," kata Riko.

2. Visa aktif bermitra dengan e-commerce untuk mendukung UMKM

Survei Visa: 65 Persen Konsumen E-Commerce Gandrungi Voucher DiskonPekerja memproduksi sepatu Tori berbahan kain tenun di Ruang Produksi Terampil Sejahtera, Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/8/2020). ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Hingga kini, lanjut Riko, Visa terus aktif bermitra dengan platform e-commerce untuk mendukung pertumbuhan usaha kecil dan mikro. Hal itu dilakukan dengan menawarkan promosi diskon menarik baik bagi penjual maupun konsumen.

"Kami yakin inisiatif seperti ini dapat membantu konsumen untuk membeli kebutuhan sehari-hari mereka secara lokal, dan bagi UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia untuk terus bertahan dan bertumbuh di masa-masa yang penuh tantangan ini," katanya.

Untuk merayakan Ramadan, lanjut Riko, Visa menawarkan promosi diskon menarik di beberapa platform. Di antaranya diskon Rp35 ribu untuk pembelian minimum Rp70 ribu saat memesan makanan melalui Gofood, untuk pengguna kartu Visa yang baru pertama kali mengaktivasinya di aplikasi.

Kemudian, diskon 10 persen hingga Rp 150 ribu per transaksi setiap Jumat dengan minimal pembelanjaan Rp1 juta di Shopee, dan diskon hingga Rp150 ribu setiap hari Minggu dengan belanja minimum Rp2,5 juta (kartu kredit) dan Rp1,25 juta (kartu debit) di platform Tokopedia dan JD.ID.

3. Survei Visa Indonesia melibatkan 2.146 responden

Survei Visa: 65 Persen Konsumen E-Commerce Gandrungi Voucher DiskonPresiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman (IDN Times/Indiana Malia)

Sebagai informasi, survei ini dilakukan secara online oleh YouGov, disponsori oleh Visa, pada 19-23 November 2020. Survei melibatkan 2.146 responden di seluruh Indonesia.

Sampel responden mewakili penduduk Indonesia usia dewasa di atas 18 tahun dengan kategorisasi berdasarkan umur, jenis kelamin, status sosial ekonomi, tier kota, status pekerjaan, dan tingkat pendidikan. Survei responden di antaranya seputar perilaku berbelanja di e-commerce, kebiasaan berbelanja, dan sentimen terhadap produk lokal.

Baca Juga: 5 Fakta Aturan Pajak Pulsa, Token Listrik, Kartu Perdana dan Voucher

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya