Comscore Tracker

5 Tips Belanja Hemat untuk Kamu yang Bergaji Kecil tapi Banyak Maunya!

Wajar, kadang kita suka lupa diri!

Punya gaji kecil tapi banyak maunya? Kita sebagai manusia kadang suka lupa antara berapa banyak pendapatan dan juga pengeluaran. Makanya keinginan kita suka tidak terkontrol yang ujung-ujungnya uang gajian kamu langsung habis.

Namun untungnya ada solusi untuk masalah ini. Kamu masih bisa belanja apa pun yang kamu mau walaupun dengan gaji yang kecil. Tentu saja gaya berbelanja kamu harus diubah sedemikian rupa. Berikut ini ada lima tips belanja hemat!

1. Belanja di online shop

5 Tips Belanja Hemat untuk Kamu yang Bergaji Kecil tapi Banyak Maunya!Pexels.com/bruce mars

Online shop bisa menjadi pilihan terbaik kamu untuk belanja hemat. Hampir semua barang yang dijual di sana langsung dari tangan pertama, tanpa menggunakan perantara sehingga harganya jauh lebih murah.

Selain itu, online shop juga sering menyediakan kupon gratis ongkos kirim atau potongan harga di setiap barangnya. Dengan begitu, kamu bisa menghemat jauh lebih banyak bahkan bisa sampai 30 persen.

2. Kamu harus mempunyai kemampuan lebih dalam tawar-menawar

5 Tips Belanja Hemat untuk Kamu yang Bergaji Kecil tapi Banyak Maunya!Pexels.com/Erik Scheel

Karena kamu memiliki gaji yang kecil, mau tidak mau kamu harus mempunyai kemampuan lebih dalam melakukan tawar-menawar. Menawar suatu barang bisa menjadi tips berhemat. Bahkan kamu bisa mendapatkan harga yang jauh lebih rendah dari aslinya.

Tentu bagi kamu yang banyak maunya, cara ini bisa sangat berhasil ketika diterapkan. Setidaknya kamu bisa menyisihkan uang lebih dari hasil menawar untuk membeli barang lain yang kamu butuhkan.

3. Jangan pernah sungkan untuk mencari barang bekas yang masih bagus

5 Tips Belanja Hemat untuk Kamu yang Bergaji Kecil tapi Banyak Maunya!Pexels.com/Burst

Ketika kamu banyak maunya namun bergaji kecil, jangan pernah malu untuk mencari barang bekas dengan kualitas bagus. Bahkan bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan harga setengahnya.

Makanya tinggalkan gengsi kamu, ya. Lebih baik cari beberapa barang bekas yang kualitasnya masih baik dan layak untuk dipakai. Siapa tahu, kamu mendapatkan barang bekas yang masih terlihat baru meski itu habis pakai.

Baca Juga: WOW! Sepeda Ini Bisa Dilipat Jadi Tas Punggung dan Keranjang Belanja

4. Kamu harus mencari barang yang lebih murah dengan kualitas yang sama

5 Tips Belanja Hemat untuk Kamu yang Bergaji Kecil tapi Banyak Maunya!Pexels.com/Artem Beliaikin

Salah satu kesalahan orang ketika berbelanja adalah malas untuk mencari barang dengan harga yang lebih murah. Mereka tidak sadar bahwa ternyata masih ada barang yang harganya lebih murah, namun dengan kualitas yang sama.

Ini bisa dikatakan sebagai persaingan pasar, di mana setiap toko memiliki harga yang berbeda-beda. Tentunya kamu jangan malas untuk mencari yang termurah.

5. Menunggu harga barang turun

5 Tips Belanja Hemat untuk Kamu yang Bergaji Kecil tapi Banyak Maunya!Pexels.com/Artem Beliaikin

Jika barang yang kamu inginkan sedikit agak mahal, cobalah untuk bersabar dan menunggu harganya sedikit lebih turun. Tentu kamu harus sadar akan gaji kamu yang kecil, makanya bersabar adalah kunci utama dalam hal ini.

Kamu sebagai orang yang banyak maunya harus bisa menahan diri. Jangan terlalu terbawa nafsu untuk membeli suatu barang yang harganya di luar kemampuan finansial kamu.

Itu dia deretan tips belanja hemat untuk kamu yang gajinya kecil tapi banyak maunya. Kamu harus mencobanya sendiri dan melihat apakah tips tersebut benar-benar bekerja dengan baik atau tidak.

Baca Juga: 10 Tempat Belanja Murah di Malang, Pas Banget di Kantong

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya