Comscore Tracker

4 Hal yang Membuat Tabungan Deposito Tidak Menguntungkan

Seri mengelola uang dengan bijaksana #1

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan agar kita memiliki sejumlah dana untuk berbagai keperluan di masa depan. Entah sebagai dana pensiun, dana pendidikan anak, dana untuk resepsi pernikahan, atau dana untuk investasi yang lebih besar. Namun sadarkah kita bahwa menabung di instrumen deposito dalam jangka waktu lama ternyata tidak menguntungkan?

1. Bunga yang Rendah

4 Hal yang Membuat Tabungan Deposito Tidak Menguntungkanhttp://www.mymcmedia.org

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kontan.co.id, suku bunga deposito bank swasta dan pemerintah di Indonesia per 24 Maret 2017 berkisar antara 2,5% sampai dengan 7,3% per tahun.

2. Adanya Keterbatasan Waktu

4 Hal yang Membuat Tabungan Deposito Tidak Menguntungkanhttp://iwd.paladinregistry.com

Untuk dana yang disimpan dalam bentuk deposito, bank biasanya akan mengenakan biaya penalti apabila deposito dicairkan sebelum jatuh tempo. Jatuh tempo dalam deposito biasanya adalah 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Jadi apabila misalnya ktia menyimpan dana kita dalam instrumen deposito 12 bulan (1 tahun) dan kita membutuhkan dana sementara deposito kita misalnya baru berjalan 4 bulan, maka kita akan tetap dapat mengambil uang kita namun kita harus membayar penalti.

3. Adanya Pajak Atas Bunga Deposito

4 Hal yang Membuat Tabungan Deposito Tidak MenguntungkanHartaku.com

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 123 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 131 Tahun 2000 Tentang Pajak Penghasilan Atas Bunga Deposito Dan Tabungan Serta Diskonto Sertifikat Bank Indonesia, sebagaimana dikutip dari www.ortax.org, tarif Pajak Penghasilan dari bunga deposito adalah sebesar 20%.

Misal, kita memiliki dana Rp. 100.000.000,00 yang disimpan dalam deposito dengan bunga 5% per tahun, maka bunga depostionya adalah Rp. 100.000.000,00 X 5% = Rp. 5.000.000,00. Besarnya Pajak adalah 20% X Rp. 5.000.000,00 = Rp. 4.000.000,00. Maka besarnya bunga deposito bersih yang kita terima sebenarnya bukan 5% melainkan 4% (Rp. 100.000.000,00 X 4% = Rp. 4.000.000,00) per tahun.

4. Kehilangan Kesempatan

4 Hal yang Membuat Tabungan Deposito Tidak MenguntungkanQuotesvalley.com

Ketika kita meyimpan dana kita di deposito dan tidak dapat mengambilnya sebelum jatuh tempo, kita kehilangan kesempatan memanfaatkan uang kita tersebut untuk melakukan investasi di bidang lain yang memberikan keuntungan lebih tinggi. Misalnya, rumah. Menurut Totok Lusida, Sekretaris Jenderal Real Estate Indonesia (REI) sebagaimana dikutip dari Tribunnews.com/bisnis, harga properti hunian pada tahun ini bisa naik antara 10% - 20%. Bandingkan dengan bunga deposito bersih sebesar 4% per tahun sebagaimana dikemukakan di atas.

Dari empat hal terserbut di atas, masihkah kita berpikir bahwa menabung di instrumen deposito dalam jangka waktu lama menguntungkan?

Antonius Art Photo Writer Antonius Art

Keuangan, pendidikan, life, dan otomotif.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya