Comscore Tracker

Tertarik dengan NFT? Ini Dia 4 Jenis NFT yang Bisa Kamu Kepoin

Tertarik mencoba NFT jenis apa nih guys?

Jakarta, IDN Media - Tren non-fungible token (NFT) semakin ramai diperbincangkan masyarakat. Ada beragam jenis NFT yang kini mulai digandrungi. Tidak hanya berbentuk gambar, video, ataupun game, NFT juga ada yang berbentuk tanah virtual lho.

Ada beberapa jenis NFT yang bisa dicoba oleh para pemula yang baru terjun ke dunia NFT. Jika kamu ingin terjun ke dunia NFT, yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. NFT Art

Tertarik dengan NFT? Ini Dia 4 Jenis NFT yang Bisa Kamu KepoinIlustrasi Karafuru Carnival (Dok.USS)

NFT jenis ini merupakan sebuah karya seni baik berupa gambar, lagu, video, maupun karya seni lainnya, yang diterbitkan dalam token cryptocurrency. Contoh NFT art yang sedang booming belakangan ini adalah Karafuru.

Salah satu karya seni Karafuru yang sempat ramai diperbincangkan dan dijual dengan harga yang cukup fantastis adalah sebuah gambar ilustrasi monyet. Co-Founder Karafuru, Andrew Solo, dalam acara Fortune Indonesia Summit 2022 by IDN Media di The Westin, Rabu (18/5/2022), mengatakan sebuah art atau gambar bisa dijual dengan NFT dan bisa sangat bernilai tergantung inovasi dan keotentikannya.  

2. NFT Games

Tertarik dengan NFT? Ini Dia 4 Jenis NFT yang Bisa Kamu KepoinAxie Infinity (thestreet.com)

NFT game merupakan salah satu jenis NFT yang paling banyak digemari dan digunakan. Hanya dengan bermain game saja, seseorang sudah bisa mendapatkan keuntungan.

Dalam acara Fortune Indonesia Summit 2022 tersebut, Founder of Scholarz and NFT Enthusiast, Napoleon bercerita bahwa saat pertama kali terjun ke dunia NFT pada awal Maret 2018, ia membeli semacam game pokemon bernama Ethermon.

Hal yang menarik dari game NFT terutama Ethermon bagi Napoleon yaitu ia bisa bertemu banyak orang secara virtual dan melakukan battle.

3. Virtual land Metavers

Tertarik dengan NFT? Ini Dia 4 Jenis NFT yang Bisa Kamu Kepoinilustrasi Totto Land (dok. Toei Animation/One Piece)

Perkembangan dunia metaverse memungkinkan banyak orang melakukan aktivitas secara virtual. Salah satu aktivitas nya yaitu membuat kepemilikan tanah secara virtual. Meski hanya ada dalam dunia metaverse, tanah tetap bisa diperjualbelikan menggunakan mata uang yang telah ditentukan.

Napoleon menyampaikan bahwa hal yang ia sukai dari virtual land metaverse adalah idenya berupa suatu hari orang-orang bisa berjalan-jalan di dunia virtual. 

4. NBA top shot

Tertarik dengan NFT? Ini Dia 4 Jenis NFT yang Bisa Kamu KepoinIlustrasi NFT NBA Top Shot (instagram/nbatopshot)

NBA top shot merupakan sebuah kartu yang dibuat dengan memanfaatkan momen. Momen yang paling terkenal misalnya yaitu momen saat Kobe Bryan meninggal, keesokan harinya ada seseorang yang membuat kartu dengan ciri khas dari Kobe Bryan dengan memanfaatkan momen tersebut.

Momen wafatnya Kobe menjadi salah satu momen yang diabadikan dalam NBA top shot.

Kelebihan NBA top shot menurut Napoleon adalah proses pembuatan akun dan pembelinya yang sangat mudah. Cukup dengan email dan password, seseorang sudah dapat membuat akun top shot. Pembayarannya pun bisa dilakukan dengan kartu kredit.

Selain itu, seseorang tidak akan sadar bahwa ketika ia membeli top shot artinya ia telah membeli NFT.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya