TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Liburan ke India? Jangan Lupa Cicipi 14 Street Food ini!

Mulai dari yang manis hingga pedas, lengkap!

www.theurbanlist.com

Kuliner khas India tidak melulu tentang Roti Cane yang memang sudah kadung lazim di Indonesia saja loh. Masih banyak deretan makanan dari negara yang terkenal dengan sinema Bollywood-nya tersebut. Misalnya, sajian bercitarasa pedas hingga manisan yang sering dijumpai dalam film-film dari negara asal aktor Shahrukh Khan itu pun ada. Lengkap!

Nah, jangan sampai lupa untuk mencicipi deretan street food berikut jika kamu sedang berkunjung ke negerinya Taj Mahal ini ya. Dijamin nagih deh!

1. Biryani

www.hungryforever.com

Rasa gurih dari Biryani ini wajib kamu coba! Selain itu, masakan ini menggunakan beras beras Basamati yang ukurannya super panjang sebagai bahan utama, dan sepertinya juga pas sekali dengan perut masyarakat Indonesia yang tidak bisa lepas dari nasi. Apalagi dihidangkan dengan potongan ayam, ditaburi dengan bawang bombay goreng, serta daun corriander. Duh, bikin ngiler!

2. Chole Bhature

http://www.ruchiskitchen.com

Chole merupakan sejenis kacang-kacangan, yang direndam semalaman supaya lunak lalu dimasak bersama berbagai macam bumbu, termasuk campuran yoghurt. Makanan ini disajikan bersama taburan jahe yang diris tipis memanjang dan daun ketumbar.  Chole dapat disantap bersama Bhature yang merupakan roti khas India yang menggelembung seperti bola dan akan mengempes jika disobek.

3. Dosa

http://mahekchaat.ca

Dosa merupakan gorengan yang digulung dan berbentuk lonjong. Makanan ini disajikan diatas piring almunium berlapis daun pisang, serta ditemani dengan berbagai macam cocolan dalam mangkok-mangkok kecil.

4. Chaat

http://www.seriouseats.com

Chaat merupakan gabungan dari berbagai macam gorengan, seperti Alu tikki (kentang goreng yang dimasak bersama bumbu rempah bubuk) dan gorengan seperti bola yang berlubang dibagian tengah dan diisi dengan berbagai macam kentang dan kaca kacangan. Makanan ini dihidangkan dalam sebuah piring kecil, lalu disiram dengan yoghurt. Kadang Chaat juga ditaburi dengan tetelan buah delima, jahe dan daun ketumbar.

5. Samosa

http://www.ruchiskitchen.com

Samosa adalah sejenis gorengan yang didalamnya berisi kentang berbumbu. Kentang dimasukkan kedalam adonan pastri, lalu adonan tersebut dibentuk seperti segitiga, kemudian digoreng hingga kecokelatan. Samosa dapat dimakan langsung atau dicocol dengan saos merah dan sambal hijau yang terbuat dari campuran cabe hijau dan daun ketumbar. Samosa pas dinikmati selagi hangat.

6. Pani Puri

www.shopback.co.id

Pani adalah campuran air dari berbagai macam bumbu dan bercitarasa agak pedas. Sedangkan Puri merupakan semacam bola kecil dengan bagian yang dilubangi untuk diisi dengan kentang atau kacang-kacangan, lalu digoreng. Kemudian, penjual akan memasukkan Puri kedalam Pani ketika pembeli datang. Dan makanan ini lantas dapat langsung disantap dengan sensasi antara pedas dan renyah.

7. Ladoo

www.thespruce.com

Manisan ini memiliki banyak jenis. Ada yang terbuat dari susu dan gula, dan diatasnya ditaburi kacang. Kadang berbentuk  seperti onde-onde. Kadang disajikan tanpa diberi taburan apapun. Ada pula yang digoreng kemudian dicelupkan kedalam kuah gula. Rasanya? Namanya juga manisan, rasa manis yang lebih dominan.

8. Idli Sambhar

www.shopback.co.id

Bentuk Idli menyerupai serabi dan terbuat dari fermentasi lentil dan beras yang dikukus. Makanan ini biasanya dimakan bersama dengan kari sayuran pedas, dan lazim disajikan sebagai menu sarapan.

9. Vada

www.archanaskitchen.com

Vada berbentuk seperti donat dan memiliki citarasa agak asin. Pas untuk dijadikan sebagai cemilan nih!

10. Roti Cane

http://www.perutgendut.com.au

Roti gepeng khas India ini diolah dengan menggoreng adonan yang direntangkan dan diolesi ghee (mentega khas India), serta disajikan dengan kari. Rasanya? Sudah pasti enak dong.

12. Papaddum

Wikipedia

Papaddum berbentuk seperti kerupuk dan biasanya dijadikan sebagai pendamping makanan lain ataupun cukup sebagai cemilan.

13. Dhokla

indiantouristblog.wordpress.com

Dhokla biasanya disajikan lengkap dengan potongan daun ketumbar, biji ketumbar, cabe hijau, atau kadang dengan saus chutney yang terbuat dari yoghurt dan daun mint yang diblender.

13. Mirchi Bajji

http://www.foodfood.com

Mirchi bajji terbuat dari cabai hijau besar yang kemudian diisi dengan cincangan daging ayam/domba, dan tambahan bahan-bahan lainnya, kemudian dilumuri dengan adonan tepung terigu yang sudah dibumbui dengan merica, garam dan bumbu kari. Setelah cabai tertutup rata dengan adonan, lantas digoreng menggunakan minyak yang banyak hingga berwarna kuning kecoklatan dan bertekstur renyah.

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya