Comscore Tracker

5 Kue Manis Asal Denmark, Inspirasi Camilan Nikmat Saat di Rumah Aja

Cocok juga jadi suguhan di segala suasana

Denmark terkenal memiliki sejumlah kue manis yang enak. Selain rasanya yang enak, teksturnya renyah, dan lumer saat dimulut, kue-kue ini pun kian mendunia.

Awalnya kue-kue ini menjadi suguhan di hari Natal, namun seiring popularitasnya yang mendunia, kue-kues khas Denmark pun banyak dibuat sendiri di rumah.

Jadi camilan nikmat pengisi stoples, berikut 5 kue manis asal Denmark yang wajib kamu coba buat di rumah.

1. Havregrynskugler

5 Kue Manis Asal Denmark, Inspirasi Camilan Nikmat Saat di Rumah Ajahavregrynskugler (instagram.com/legermedmaden)

Havregynskugler adalah kue bulat manis Denmark yang terbuat dari oat, butter, gula, kakao, kopi, dan parutan kelapa. Cukup mudah dibuat, kue ini sering menjadi suguhan saat Natal maupun acara ulang tahun di Denmark.

Ramah muslim dan anak-anak, sebenarnya dalam pembuatan havregynskugler menggunakan rum seperti bayleys. Namun banyak dari kue bulat Denmark ini yang dimodifikasi tanpa rum, agar bisa dinikmati oleh anak-anak juga.

2. Jodekager

5 Kue Manis Asal Denmark, Inspirasi Camilan Nikmat Saat di Rumah Ajajodekager (instagram.com/birgitte_b)

Jadi sajian wajib saat Natal, jodekager terbuat dari butter, tepung, telur, dan gula. Memiliki warna kecokelatan yang khas, jodekager juga diberi topping kacang almon, gula, dan kayu manis bubuk.

Kue bundar khas Denmark ini dipercaya sudah ada sejak tahun 1700 saat perayaan keagamaan umat Yahudi. Hingga kini, jodekager selalu ada saat perayaan Natal maupun keagamaan lainnya. Tekstur renyah dengan aroma kayu manisnya mampu membuat siapapun jatuh cinta dengan rasanya.

Baca Juga: 9 Fakta Bánh da lợn, Kue Khas Vietnam yang Mirip dengan Kue Lapis  

3. Vaniljekranse

5 Kue Manis Asal Denmark, Inspirasi Camilan Nikmat Saat di Rumah Ajavaniljkranse (instagram.com/magaainet_laekkerier)

Pencinta kue di Indonesia pasti sudah tak asing dengan vaniljkranse. Sering ada di meja saat Lebaran, rasanya begitu renyah dan lembut.

Bentuknya pun khas, bulat melingkar bergaris garis. Vaniljkranse adalah kue Denmark yang cukup populer bila dibanding yang lain. Kudapan ini awalnya dibuat hanya saat Natal, namun kini vaniljkranse menjadi camilan yang bisa dibuat dan dinikmati kapan saja.

4. Kammerjunker

5 Kue Manis Asal Denmark, Inspirasi Camilan Nikmat Saat di Rumah Ajakammerjunker (instagram.com/metteskuttercakes)

Kammerjunker adalah kue manis khas Denmark yang biasanya dijadikan kudapan saat musim panas. Kue bulat nan renyah ini terbuat dari tepung terigu, gula, telur, garam, lemak, dan baking soda.

Proses membuat kue kammerjunker mudah dan tak memerlukan waktu lama, sehingga kue ini cukup digemari.

Di Denmark, kammerjunker juga bisa dinikmati bersama koldskal, yaitu cocolan kue yang terbuat dari buttermilk.

5. Pebbernodder

5 Kue Manis Asal Denmark, Inspirasi Camilan Nikmat Saat di Rumah Ajapebbernodder (instagram.com/kenyankitchenabroad)

Unik, kue khas Denmark satu ini menggunakan lada sebagai bahan pembuatannya. Kayu manis, jahe, dan cardamom membuat kue ini kaya cita rasa serta aroma.

Sering disebut pepper biscuit, pebbernodder tak kehilangan penikmatnya. Kue berwarna kecokelatan ini juga sering menjadi sajian saat Natal tiba. 

Beragam bentuk kue khas Denmark sudah sangat populer di dunia. Rasa dan teksturnya juga sangat khas, sehingga banyak orang menyukainya. Dari kelima kue di atas, mana nih yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 9 Fakta Grybukai, Kue Khas Lithuania yang Berbentuk Mirip Jamur

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya