Comscore Tracker

5 Minuman Segar Khas Bali, Rasa Istimewa yang Wajib Dicoba!

Kaya rempah-rempah!

Pulau Bali memiliki banyak minuman tradisional yang menjadi favorit masyarakat untuk menghilangkan dahaga di siang hari. Tak hanya segar saja, minuman-minuman ini juga kaya akan manfaat bagi tubuh.

Minuman khas Bali ini menggunakan banyak rempah-rempah. Punya rasa istimewa, berikut lima minuman khas Bali yang wajib kamu coba.

1. Es tambring

5 Minuman Segar Khas Bali, Rasa Istimewa yang Wajib Dicoba!es tambring (yummy.co.id)

Es tambring merupakan minuman segar asal Bali yang memiliki manfaat baik bagi tubuh. Terbuat dari putih telur, asam jawa, air kelapa, kelapa muda dan gula jawa, es tambring dipercaya mampu meredakan panas dalam. 

Es tambring sangat nikmat diminum kala cuaca panas. Segarnya benar-benar istimewa.

2. Es loloh

5 Minuman Segar Khas Bali, Rasa Istimewa yang Wajib Dicoba!Es loloh (instagram.com/lasma.novida.In)

Termasuk kedalam jamu, es loloh atau loloh cemcem adalah minuman segar dengan aneka cita rasa. Di daerah Panglipuran Bali, es ini dibuat dari daun kecemcem atau kedondong hutan. Sebagian yang lain membuat es ini dari campuran kunyit dan temulawak.

Es berwarna hijau dan sangat segar dinikmati pas siang hari. Di kedai, es loloh biasanya disajikan dengan isian daging kelapa muda.

3. Es kolak ancruk

5 Minuman Segar Khas Bali, Rasa Istimewa yang Wajib Dicoba!es kolak Bali (instagram.com/fanytripledua)

Es kolak ancruk adalah minuman segar dan gurih yang berasal dari Singaraja, Bali. Memiliki isian bubur sumsum, bulatan ketan, bubur sagu mutiara, agar agar, dan sirup. 

Kerap diburu warga saat cuaca sedang panas. Harga es kolak ancruk ini cukup terjangkau, lho. Selain itu, es gurih ini sangat mudah ditemukan di kedai pinggir jalanan Bali. 

4. Es kuwut

5 Minuman Segar Khas Bali, Rasa Istimewa yang Wajib Dicoba!es kuwut (instagram.com/linscakes168)

Es kuwut atau es timun sudah sangat populer di Indonesia. Ternyata es segar ini berasal dari Bali. Es ini memiliki isian parutan timun, selasih, dan kelapa muda. Es kuwut semakin segar dengan adanya sirup yang membuatnya tambah nikmat. 

Minuman segar ini sering dijadikan takjil masyarakat muslim saat puasa. Tak sulit menemukan es segar ini, karena banyak dijual di pinggir jalan atau kafe di Bali.

5. Es daluman

5 Minuman Segar Khas Bali, Rasa Istimewa yang Wajib Dicoba!es daluman (instagram.com/kabar_badung)

Es daluman adalah es cincau khas Bali. Minuman segar ini terbuat dari cincau, kolang-kaling, santan, dan gula jawa. Hal yang membedakan es daluman dengan es cincau biasa terletak pada cara memasak santannya. 

Di Bali, masyarakat membuat santan untuk es daluman ini dengan cara membakar kelapa. Rasa yang dihasilkan lebih nikmat dan beraroma. 

Rasanya segar dan kaya rempah-rempah. Deretan minuman segar khas Bali diatas wajib kamu coba semuanya, ya. 

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya