6 Ide Masak Daging Kurban Ala Resto, Gampang dan Gak Ribet

Biar daging kurban gak mubazir

Hari raya Idul Adha akan segera tiba. Hari di mana umat muslim yang sudah mampu dianjurkan untuk berkurban, bisa dengan kambing atau sapi. Biasanya stok daging akan berlimpah di hari itu. Beberapa hari selanjutnya menu masakanmu akan berkutat dengan daging.

Kamu tidak perlu bingung mau dimasak apa. Banyak olahan berbahan dasar Ide masak daging yang bisa kamu olah. Olahan yang paling sering misalnya rendang, semur, atau gulai, namun jika kamu bosan dengan olahan tersebut cobalah resep yang lain. Nah, jika kamu mendapatkan daging sapi, coba deh beberapa menu masakan ala resto berikut.

1. Steak sapi

6 Ide Masak Daging Kurban Ala Resto, Gampang dan Gak Ribetbbc.co.uk

Jika kamu ke restoran untuk makan steak sapi, maka kamu harus merogoh kantong cukup dalam. Padahal cara membuat steak terbilang mudah. Kamu cukup memotong daging sapi secara melebar lalu bumbui dengan garam dan merica. Untuk membakarnya kamu bisa menggunakan teflon yang ada di rumah. Sesuaikan tingkat kematanga. Sesuai seleramu.

Untuk sausnya kamu juga bisa membuat sendiri di rumah. Agar lebih lengkap tambahkan juga wortel, buncis, dan jagung yang sudah direbus serta kentang goreng. Nah, mumpung dapat daging kurban tak ada salahnya kamu mencoba membuat steak sendiri.

2. Steamboat

6 Ide Masak Daging Kurban Ala Resto, Gampang dan Gak Ribetsgmagazine.com

Jika kamu ingin makanan yang berkuah tapi bosan dengan sup, kamu bisa mencoba memasak steamboat. Kamu bisa menambahkan beberapa sayuran agar lebih sehat. Bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat steamboat antara lain sawi putih, jamur, wortel, tahu sutera, dan tentu saja daging sapi. 

Pertama kamu harus memasak kuahnya dulu. Bumbunya antara lain bawang putih, minyak wijen, merica, gula, garam, dan penyedap rasa. Jika kuah sudah mendidih masukkan potongan daging dan sayuran. Setelah matang kamu bisa menikmatinya bersama keluarga.

3. Sushi

6 Ide Masak Daging Kurban Ala Resto, Gampang dan Gak Ribetthejoyofeatingwell.com

Sushi biasanya berisi potongan ikan salmon atau tuna. Namun kamu bisa berkreasi dengan menggantinya dengan daging sapi. Bahan yang perlu kamu siapkan hanya nasi ketan atau nasi putih biasa, nori, sayuran seperti wortel dan timun yang dipotong memanjang serta daging sapi. Untuk daging sapinya kamu bisa dipanggang atau ditumis setelah dibumbui.

Setelah semua bahan siap, susun semua isian di atas nasi dan nori. Lalu gulung dengan rapi dan potong-potong sesuai selera. Sushi daging sapi siap dinikmati.

Baca Juga: Ini 5 Resep Gulai Kambing Nikmat untuk Manfaatkan Daging Kurban

4. Beef teriyaki

6 Ide Masak Daging Kurban Ala Resto, Gampang dan Gak Ribetmeaningfuleats.com

Beef teriyaki merupakan makanan khas negeri sakura. Kamu akan mudah menemukannya di restoran Jepang. Namun sebenarnya cara memasak beef teriyaki cukup mudah. Yuk, coba buat sendiri dengan daging kurban.

Bumbu yang kamu butuhkan hanya bawang putih, bawang bombay, lada, dan garam. Tumis bawang hingga harum lalu masukkan daging sapi yang sudah dipotong tipis memanjang. Masukkan sedikit air, rebus hingga daging empuk. Lalu tambahkan bumbu lain, kecap, dan saus teriyaki. Koreksi rasanya sesuai seleramu.

5. Daging panggang ala Korea

6 Ide Masak Daging Kurban Ala Resto, Gampang dan Gak Ribetkawalingpinoy.com

Jika kamu pecinta drama Korea pasti tak asing dengan masakan daging panggang yang dibungkus dengan selada. Kamu juga bisa mencoba membuatnya di rumah lho. Potong daging sapi secara tipis dan memanjang lalu marinasi dengan bumbu. Bumbunya antara lain bawang putih, jahe, minyak wijen, dan kecap asin. Lalu panggang sampai matang.

6. Beef burger

6 Ide Masak Daging Kurban Ala Resto, Gampang dan Gak Ribetfriendlysrestaurants.com

Membuat burger sendiri di rumah akan membuatmu bebas menentukan sebanyak apa daging pattynya. Bahan yang harus kamu siapkan antara lain roti burger, tomat, selada, keju, dan daging sapi giling.

Bumbui daging sapi dengan bawang bombay yang dicincang halus, garam dan merica. Lalu bulatkan dan pipihkan sesuai seleramu, panggang sampai matang. Setelah itu susun roti burger dan isiannya. Kamu bisa menambahkan mayonais dan saus sesuai seleramu.

Itulah beberapa ide masakan berbahan dasar daging sapi yang bisa kamu coba. Semoga bisa memberikan inspirasi untuk kamu mengolah daging kurban ya!

Baca Juga: Agar Tahan Lama dan Tetap Segar, Ini 5 Tips Menyimpan Daging Kurban

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You