Comscore Tracker

5 Cara Memilih Daging Sapi yang Berkualitas, Ternyata Mudah! 

Daging sapi yang baik bisa dicek dari warnanya

Membeli bahan makanan yang berkualitas jadi salah satu langkah awal yang harus kita lakukan untuk menghadirkan masakan lezat. Salah satu bahan makanan yang kerap dicari adalah daging sapi.

Daging sapi banyak dipilih karena selain mudah diolah juga karena memiliki banyak kandungan protein. Oleh karena itu, untuk memilih daging sapi yang baik diperlukan kecermatan. Walau harus cermat, cara memilihnya terbilang mudah dan sederhana, kok.

1. Perhatikan warna daging sapi 

5 Cara Memilih Daging Sapi yang Berkualitas, Ternyata Mudah! ilustrasi warna daging sapi segar (Pixabay.com/ReinhardThrainer)

Cara mudah untuk mengetahui daging sapi masih baik atau tidak bisa diperhatikan dari warnanya. Daging sapi yang masih segar ditandai berwarna merah ceri. Bila menjumpai daging dengan warna seperti ini, tandanya daging baru dipotong dan masih segar.

Namun, apabila daging sapi sudah terpapar oleh udara, warna dagingnya akan sedikit berubah menjadi merah keunguan. Meski demikian, daging sapi yang berwarna merah keunguan masih masih dalam kategori baik dan layak untuk dikonsumsi.

Sementara, apabila daging sudah berwarna kecokelatan sebaiknya dihindari. Sebab, daging sapi berwarna kecokelatan sudah tidak segar lagi.

2. Cek terlebih dulu tekstur daging sapi 

5 Cara Memilih Daging Sapi yang Berkualitas, Ternyata Mudah! ilustrasi seseorang sedang melakukan cek tekstur daging sapi (wellandgood.com)

Untuk mengetahui daging sapi masih baik atau tidak, kamu bisa cek tekstur daging. Caranya mudah, kamu cukup menekan dengan lembut permukaan daging sapi. Kalau saat kamu tekan daging sapi kembali pada tekstur awal, itu berarti daging sapi dalam keadaan bagus dan berkualitas. Karena ciri tekstur daging sapi yang baik adalah kenyal tapi padat.

Namun, apabila daging sapi saat ditekan tidak kembali pada tekstur semula dan malah terasa lembek, sebaiknya jangan dipilih. Tekstur daging semacam ini menandakan bahwa daging sapi sudah terlalu lama berada di ruangan terbuka sehingga kualitasnya menurun.

3. Cium aroma daging sapi 

5 Cara Memilih Daging Sapi yang Berkualitas, Ternyata Mudah! ilustrasi mencium aroma daging sapi (mashed.com)

Cara ini bisa kamu lakukan apabila membeli daging sapi di pasar. Sebab, di supermarket kebanyakan daging sapi sudah dibungkus dengan plastic wrap dan dimasukkan ke dalam chiller, sehingga kualitasnya cukup terjamin.

Apabila membeli secara langsung di pasar, kamu bisa meneliti sendiri dengan mencium aroma daging sapi. Daging sapi yang segar mengeluarkan semacam aroma khas yang tidak menyengat sama sekali. Apabila daging sapi mengeluarkan bau yang amis bahkan anyir yang cukup tajam, bisa dibilang kualitas daging sapi sudah menurun.

Aroma daging sapi yang khas bisa hilang dengan beberapa bumbu aromatik, seperti jeruk nipis atau jahe. Namun, bila daging sapi mengeluarkan aroma yang anyir atau amis, bumbu aromatik apa pun sudah tidak menutupi bau tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Memasak Daging Sapi agar Empuk, Gak Pakai Ribet! 

4. Tentukan jenis potongan daging untuk setiap masakan

5 Cara Memilih Daging Sapi yang Berkualitas, Ternyata Mudah! ilustrasi jenis potongan daging sapi (Unsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron)

Beda masakan beda pula potongan daging yang digunakan. Tekstur setiap potongan daging juga berbeda-beda. Sebelum memilih dan membeli daging sapi, kamu harus mengetahui masakan apa yang sekiranya akan kamu buat.

Biasanya, penjual di pasar akan membantu kamu juga, kok. Kamu tinggal menyebutkan mencari daging sapi untuk dibuat masakan apa. Namun, bila kamu malu sedikit informasi berikut bisa kamu jadikan panduan, ya.

Pilih daging sapi bagian has dalam apabila kamu berniat untuk memasak steak atau sate karena teksturnya yang lembut dan akan lebih cepat matang saat dimasak. Bila ingin memasak rendang, pilih bagian sengkel bertekstur kenyal dan cocok dimasak dalam waktu lama. Kalau ingin memasak sup, bagian iga jadi yang paling tepat untuk dipilih.

5. Jangan abaikan kebersihan tempat penjual 

5 Cara Memilih Daging Sapi yang Berkualitas, Ternyata Mudah! ilustrasi tempat penjual daging sapi (Unsplash.com/毛 祥)

Meski sepele, tapi hal semacam ini juga wajib diperhatikan saat memilih daging sapi. Perhatikan dengan baik kebersihan tempat kamu membeli daging sapi. Meski di supermarket sekalipun kamu tetap harus memperhatikan kebersihannya. Lihat dulu apakah si pemotong daging menggunakan standar yang tepat, seperti sarung tangan dan masker, atau tidak.

Kalau kamu membeli daging sapi di pasar, sebaiknya pilih di tempat yang bersih. Salah satunya ketika kamu melihat bahwa daging sapi yang dijual tidak dikerumuni oleh banyak lalat.

Ternyata mudah dan sederhana banget cara untuk memilih daging sapi, kan? Gak perlu pusing atau bingung lagi sekarang. Semoga informasi mengenai cara memilih daging sapi di atas bermanfaat buat kamu, ya!

Baca Juga: 9 Hidangan Berbahan Daging Sapi untuk Lebaran, Gak Hanya Rendang!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya