Comscore Tracker

4 Jenis Kopi Ini Aman Diminum Saat Berbuka Puasa, Nikmat Betul

Walaupun aman, tetap jaga porsi minumnya ya

Bagi kamu para pencinta kopi, apalagi yang sudah adiktif, sehari kurang puas rasanya apabila belum menenggak minuman berkafein. Termasuk pada saat menjalani Ramadhan.

Sayangnya, minuman yang kerap dikaitkan dengan senja ini bisa menganggu sistem pencernaan kamu. Pasalnya kandungan kafeinnya bisa meningkatkan asam lambung.

Tapi tenang saja, ada beberapa tipe kopi yang aman dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Apa saja ya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Decaf coffee

4 Jenis Kopi Ini Aman Diminum Saat Berbuka Puasa, Nikmat Betulpixabay.com/6689062

Decaf (Decaffeinated) Coffee merupakan kopi yang kandungan kafeinnya sebagian besar telah dihilangkan. Karena kandungan kafein yang hampir 0, jenis kopi ini merupakan yang paling aman dikonsumsi pada jam berbuka atau sahur. Kopi Decaf juga tidak akan menimbulkan efek kafein seperti jantung berdebar, gemetar, susah tidur, dan lain sebagainya. Jadi kamu masih merasakan efek pahitnya kopi.

Baca Juga: 5 Kreasi Minuman Hangat yang Manis & Menyehatkan untuk Berbuka 

2. Kopi arabika

4 Jenis Kopi Ini Aman Diminum Saat Berbuka Puasa, Nikmat Betulpixabay.com/free--photos

Dari beberapa jenis kopi yang beredar, kopi arabika merupakan salah satu jenis kopi yang memiliki tingkat kafein rendah. Apabila dibandingkan dengan kopi robusta, arabika mengandung kafein sebanyak 1,5%, sedangkan robusta 2,7%. Hal ini menyebabkan rasa dari racikan robusta memiliki keasaman yang lebih rendah dan bisa menjadi pilihan kopi pada saat berbuka puasa.

3. Manual brew coffee.

4 Jenis Kopi Ini Aman Diminum Saat Berbuka Puasa, Nikmat Betulpexel.com/rawpixel

Kualitas kopi yang segar merupakan salah satu kunci kopi yang aman dikonsumsi saat berpuasa. Manual brew coffee atau kopi yang diseduh manual biasanya akan memakai filter untuk menyaring kopi. Dengan adanya filter on the spot ini, dipastikan akan menghasilkan kopi segar, dan telah tersaring partikel terbaiknya. Selain itu, metode ini juga akan terasa ringan karena proses ekstrasi yang tidak terlalu lama.

4. Hindari kopi instan

4 Jenis Kopi Ini Aman Diminum Saat Berbuka Puasa, Nikmat Betulpixabay.com/olichel

Kopi instan memang mudah dan praktis diseduh. Namun komposisi di dalam kopi instan kerap membahayakan pencernaan, terlebih untuk perut yang sudah seharian kosong karena berpuasa. Selain itu, kopi bubuk yang biasa dikemas dalam sachet ini sudah tidak segar lagi, dan cenderung mengandung pengawet.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

AYU WULANDARI Photo Community Writer AYU WULANDARI

Ayputriw@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You