Comscore Tracker

7 Makanan Enak Ini Bisa Menguatkan Stamina Kamu, Lupakan Dopping!

Perut kenyang, hati senang

Ketika badan sudah terasa sangat penat, tapi masih banyak kerjaan yang harus diselesaikan, obat penambah stamina, energy drink  alias dopping  bisa menjadi solusi. Akan tetapi, rupanya multi vitamin dan obat-obatan sejenis ini akan berdampak pada kesehatan organ hati jika dikonsumsi terus-menerus.

Daripada menanggung berbagai risiko kesehatan, lebih baik mengkonsumsi berbagai jenis makanan di bawah ini, yang terbukti dapat meningkatkan stamina.

1. Mengganti nasi putih menjadi nasi merah

7 Makanan Enak Ini Bisa Menguatkan Stamina Kamu, Lupakan Dopping!pixabay.com/smilingpixell

Dibandingkan nasi putih, nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang dapat diolah tubuh menjadi energi untuk beraktivitas. Selain itu, nasi merah juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan vitamin B kompleks. Hal ini membuat nasi merah lebih mudah dicerna, dan kenyangnya awet.

2. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C

7 Makanan Enak Ini Bisa Menguatkan Stamina Kamu, Lupakan Dopping!pixabay.com/catnamejoe

Salah satu faktor penyebab turunnya stamina adalah saat terjangkit virus flu. Untungnya, hal ini dapat diatasi dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya dengan banyak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Misalnya seperti yang terdapat pada buah jeruk, lemon, kiwi, dan sebagainya.

Selain itu, vitamin C juga berkhasiat untuk meningkatkan energi. Kalau ingin mengolahnya jadi minuman, bisa juga membuat jus jeruk ditambah madu, atau membuat infused water.

3. Perpaduan roti gandum dan selai kacang

7 Makanan Enak Ini Bisa Menguatkan Stamina Kamu, Lupakan Dopping!pixabay.com/meditations

Sudah makan nasi tapi tetap lesu, coba saja membuat snack yang lebih sehat dan bisa membuat tubuh kembali bugar. Caranya, tinggal oleskan bahan selai kacang pada makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Misalnya roti gandum.

Selai kacang kaya lemak dan protein itu baik untuk kesehatan jantung. Sehingga, pepaduan roti gandum dan selai kacang akan membuat perut kenyang, tubuh berenergi, dan sehat untuk jantung.

Baca juga: 10 Jenis Tempura Paling Populer di Indonesia, yang Mana Favoritmu?

4. Pisang bisa bikin bahagia, lho!

7 Makanan Enak Ini Bisa Menguatkan Stamina Kamu, Lupakan Dopping!kastela.com

Tidak bisa mencerna selai kacang karena alergi? Tenang, ada jenis snack buah lain yang bisa jadi alternatif untuk energy boosting, yakni pisang. Kandungan gizinya yang tinggi membantu tubuh menghasilkan energi, seperti karbohidrat komplek, serat, vitamin C, dan potasium.

Selain itu, pisang juga merangsang tubuh untuk meningkatkan hormon dopamine. Hormon ini membantu untuk merasa bugar dan bahagia. Jadi kalau lagi lemas karena galau, coba deh makan pisang.

5. Ikan adalah kunci!

7 Makanan Enak Ini Bisa Menguatkan Stamina Kamu, Lupakan Dopping!pexels.com/Malidate Van

Dalam pembentukan energi, protein menjadi sumber utama yang paling dibutuhkan. Untuk itu, jika aktivitas kita banyak, maka kita sangat memerlukan asupan energi yang cukup.

Kebutuhan ini dapat diperoleh dari mengonsumsi ikan. Setiap 100 gram ikan mengandung 50 persen protein yang dibutuhkan tubuh. Ikan yang paling direkomendasikan adalah salmon dan tuna.

6. Telur ayam kampung

7 Makanan Enak Ini Bisa Menguatkan Stamina Kamu, Lupakan Dopping!homehealthbeauty.in

Selain ikan, sumber protein lainnya yang baik untuk tubuh adalah telur. Namun, jika ingin hasil yang lebih maksimal, maka telur ayam kampung menjadi pilihannya. Sebab, telur ayam kampung memiliki nilai protein yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam ras.

Makanya, banyak olahan jamu STMJ alias pepaduan susu, telur, madu, dan jahe yang menggunakan telur ayam kampung sebagai campurannya.

7. Sayuran hijau, jangan kalah sama Popeye

7 Makanan Enak Ini Bisa Menguatkan Stamina Kamu, Lupakan Dopping!pixabay.com/MB35

Sudah mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya protein tapi kok masih lemas ya? Penyebabnya bisa jadi karena protein yang telah masuk di dalam tubuh tidak diedarkan dengan baik oleh darah. Sedangkan, untuk menyebarkan protein dan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, darah membutuhkan hemoglobin yang terbentuk dari zat besi.

Kandungan zat besi ini bisa diperoleh dari mengonsumsi sayuran hijau. Seperti bayam, kangkung, sawi, kenikir, dan sebagainya. Terjawab kan, kenapa tokoh kartun Popeye jadi kuat banget setelah makan bayam?

Nah, kalau kamu termasuk orang yang mudah capek, jangan lupa selalu mengonsumsinya ya!

Baca juga: 10 Makanan Mewah dan Lezat Ini Hanya Disajikan di Pesawat First Class

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya