Comscore Tracker

5 Kreasi Cilok Lezat dengan Beragam Rasa, Jajanan Legendaris Pelajar

Jajanan sekolah yang bikin nostalgia, nih

Cilok menjadi salah satu jajanan yang paling digandrungi semua orang, terutama para pelajar. Rasanya yang lezat dengan harga yang terjangkau sudah cukup untuk mengenyangkan perut. Tak heran jika cilok menjadi jajanan terfavorit banyak orang.

Biasanya cilok dijual di depan sekolah atau di pinggir jalan sehingga mudah untuk dijangkau semua kalangan. Seiring perkembangan kuliner, cilok juga ikut berkembang menjadi berbagai macam kreasi unik dan lezat. Yuk, simak sederet kreasi cilok yang dapat kamu buat sendiri di rumah, dijamin nagih!

1. Cilok goreng

5 Kreasi Cilok Lezat dengan Beragam Rasa, Jajanan Legendaris Pelajarpotret cilok goreng (instagram.com/sekolahbaking)

Cilok goreng merupakan salah satu kreasi cilok yang banyak digemari anak-anak. Rasanya yang kenyal menjadikan siapapun tak bisa melupakan kenikmatannya. Dengan harga terjangkau, kamu sudah bisa menyantap kelezatan jajanan satu ini, lho.

Dibuat dengan daging ayam halus yang dipadukan dengan berbagai bumbu sederhana seperti bawang, lada, garam, kamu sudah bisa membuatnya dirumah. Tak lupa tambahan tepung terigu dan tapioka agar mendapatkan tekstur yang kenyal sempurna. Agar lebih nikmat, tambahkan saus sambal sesuai selera, ya.

2. Cilok kuah

5 Kreasi Cilok Lezat dengan Beragam Rasa, Jajanan Legendaris Pelajarcilok kuah (instagram.com/pawonsulthan)

Cilok kuah merupakan jenis cilok legendaris yang sudah ada sejak dahulu. Sebelum ada berbagai kreasi olahan cilok, cilok kuah sudah banyak digandrungi para pelajar mulai dari SD, SMP, maupun SMA. Biasanya cilok kuah banyak dijual di depan sekolah sehingga tak sulit untuk menemukan keberadaannya.

Jajanan satu ini diolah dengan bahan dasar daging ayam ataupun daging sapi yang digiling halus. Dibuat dengan berbagai bumbu dan rempah sehingga rasanya menjadi gurih nikmat. Yang khas dari cilok kuah adalah rasa kuahnya yang segar karena terbuat dari kaldu dan berbagai bumbu penyedap.

Agar lebih mantap, tambahan seledri dan bawang goreng menjadi pilihan yang pas. Tak lupa sambal, kecap, dan saos pedas. Dijamin bikin rasanya makin sempurna.

3. Cilok bakar

5 Kreasi Cilok Lezat dengan Beragam Rasa, Jajanan Legendaris Pelajarpotret cilok bakar (instagram.com/kedai_marre)

Cilok bakar memiliki rasa gurih manis yang pas di lidah orang Indonesia, terutama kawula muda, nih. Cilok bakar merupakan kreasi perkembangan olahan cilok yang cocok buat kamu yang tidak menyukai makanan berkuah. 

Dibuat dengan bahan cilok pada umumnya, namun yang membedakan adalah proses pengolahannya dengan cara dibakar. Tidak perlu kuah, cukup dengan siraman bumbu kacang di atas cilok yang sudah dibakar sudah bikin selera makanmu naik. Selain itu, cilok bakar ini cocok disantap sebagai lauk makanmu.

Baca Juga: Resep Cilok Goang, Cilok Pedas dengan Kuah Segar Asal Tasikmalaya

4. Cimol

5 Kreasi Cilok Lezat dengan Beragam Rasa, Jajanan Legendaris Pelajarcimol (instagram.com/upw_smekada)

Cimol memiliki rasa gurih yang nikmat dan cocok dijadikan makanan ringan saat bersantai. Bentuknya yang bulat sempurna dengan tekstur kenyal dan crispy diluar pasti bikin kamu ketagihan, nih.

Tak sama seperti cilok pada umumnya, cimol merupakan cilok yang dibuat dari bahan tepung tapioka agar bisa menghasilkan tekstur kenyal dan crispy. Dibuat dengan bahan dasar tepung tapioka, kamu juga bisa tambahkan daging giling supaya semakin nikmat.

Agar cimol memiliki rasa yang khas, kamu dapat menambahkan isian seperti keju agar makin menggugah selera. Biasanya cimol disajikan dengan taburan bubuk cabai atau barbeque untuk menghasilkan rasa yang bikin nagih.

5. Cilok mercon

5 Kreasi Cilok Lezat dengan Beragam Rasa, Jajanan Legendaris Pelajarcilok mercon (instagram.com/dinaashfiana)

Baru-baru ini olahan cilok dengan nuansa pedas sedang naik daun, salah satunya cilok mercon. Perpaduan rasa pedas gurih yang melekat memang membuat nafsu makan bertambah. Hal ini lantaran makanan pedas memang menjadi salah satu favorit warga Indonesia.

Agar lebih higienis, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dasar cilok pada umumnya. Untuk bumbu sambalnya kamu cukup menyiapkan cabai rawit, saos sambal, bawang bombay, dan berbagai bumbu penyedap lainnya yang diblender halus lalu ditumis hingga wangi. Setelah aromanya semerbak, tuangkan cilok dan aduk-aduk hingga merata. Cukup mudah, bukan?

Kreasi jajanan cilok memang selalu menggugah selera. Selain rasanya yang nikmat, berbagai resep cilok juga dapat kamu buat sendiri di rumah karena cara membuatnya gampang. Saat menyantap cilok, pasti kamu teringat zaman sekolah, kan?

Baca Juga: Resep Cilok Tanpa Daging, Jajan Murah di Tanggal Tua 

Erina Syahda Evelyna Photo Verified Writer Erina Syahda Evelyna

Be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya