Comscore Tracker

9 Kedai Bakso Kikil Ternikmat di Surabaya, Siap Goyang Lidah!

Ada sensasi kenyal disetiap gigitan!

Kalau ke Surabaya kalian akan menemukan bakso yang spesial. Kombinasi bakso dengan potongan kikil sapi yang diguyur kuah kaldu. Komposisi ini jadi primadona karena bisa goyang lidah.

Begitu tercampur kuah panas, rasa gurih pekat khas kikil langsung menyebar seisi mangkuk. Olahan kaki sapi ini juga bikin teksturnya makin kaya banget antara lembut, kenyal dan kres berurat saat di gigit.

Yang siap goyah lidah, langsung deh catat 9 kedai dengan racikan bakso kikil paling nikmat di Surabaya ini.

1. Bakso Kikil Sapi Manunggal Cak Mat

9 Kedai Bakso Kikil Ternikmat di Surabaya, Siap Goyang Lidah!instagram.com/duniakulinersurabaya

Berada di Jalan Jolotundo No 34, Pacar Keling, Surabaya. Kedai ini buka dari jam empat sore sampai sebelas malam. Disini tersedia beberapa varian bakso diantaranya bakso kikil, bakso tenis, gorengan dan sumsum sapi.

Semuanya endes sih, tapi yang best seller ya bakso kikilnya. Seporsinya dibanderol Rp18.000. Kuah kaldunya gurih banget, kikilnya kenyal tapi gak alot. Gak kebanyakan campuran tepung, baksonya juga terasa banget komposisi dagingnya.

Biar makin mantul jangan lewatkan buat pesan tambahan sumsum sapi dengan harga Rp5.000 per dua potong. Makan sumsumnya ini seru banget, diseruput pakai sedotan gitu.

2. Bakso Kikil Cak Osin

9 Kedai Bakso Kikil Ternikmat di Surabaya, Siap Goyang Lidah!instagram.com/siungchiputz

Berawal dari rombong yang beroperasi sejak tahun 1996, kini bakso Kikil Cak Osin menetap menjadi warung sederhana. Alamatnya berada di Jalan Simo Gunung Barat Tol, Gang 2 No 71.

Dengan Rp20.000 per porsi kalian bisa melahap seporsi bakso jumbo dengan potongan kikil sapi yang jumlahnya melimpah. Dijamin kalian gak akan malas menyodor makanan berkuah ini dalam mulut karena tekstur kikilnya lembut banget.

Yang penting lagi gak ada bau amis sama sekali. Kuah kaldunya juga gurih dan rempahnya wangi. Kalau gak suka kikil ada kok varian menu bakso biasa yang tersaji bersama tahu dan gorengan.

3. Bakso Urat Kikil Pak Kumis Solo

9 Kedai Bakso Kikil Ternikmat di Surabaya, Siap Goyang Lidah!instagram.com/kokobuncit

Lokasinya ada di Jalan Imam Bonjol No 1, Surabaya. Kedai ini beroperasi dari pukul setengah empat sore hingga setengah dua belas malam.

Makan disini memang yahut kalau pesan bakso kikil spesialnya. Berisi bakso kecil, bakso besar, kikil, bihun, sayur, siomay dan tahu bakso. Yang bikin suka kikilnya ini empuknya pas masih ada tekstur kenyal yang seru pas dikunyah. Kuahnya juga gurih banget sekaligus segar.

Seporsi cukup bayar Rp20.000, kalau mau extra tambah kikil juga bisa. Tak ketinggalan pakai lontong biar tambah kenyang. Buat penawar rasa gurih seruput minuman es blewah yang segarnya bikin adem banget. Serutan daging blewahnya ini khas banget wanginya.

4. Bakso Kikil Rawon Bu Sri Tompotika

9 Kedai Bakso Kikil Ternikmat di Surabaya, Siap Goyang Lidah!instagram.com/nonikchubby

Semangkuk bakso (pentol) daging sapi dicampur siomay, gorengan, bihun dan potongan kikil yang diguyur kuah rawon disini dibanderol Rp22.000 saja. Unik, porsinya mantap, harga ramah kantong dan rasanya enak banget.

Khususnya sensasi kuah rawon ini bikin rasanya beda dari bakso kikil ditempat lain. Karena bumbunya komplit jadi kuahnya lebih kaya rasa dibanding kuah kaldu biasa. Campuran dari rasa gurih, asin, manis dan sedapnya terasa menggoyang lidah. Yakin deh kalian bakal menyeruput kuah nikmat ini sampai sendok terakhir.

Kikilnya juga empuk ketika digigit apalagi kenyal pentolnya juara banget. Tak ketinggalan, taburan daun bawang irisnya yang berlimpah bikin aroma khas yang menambah selera makan. Kalau mau menu selain bakso masih ada lainnya yakni mie ayam dan nasi rawon empal.

Untuk yang penasaran langsung saja mampir ke Jalan Raya Manyar, Surabaya. Ingat ya, kedai ini buka setiap hari dari jam lima sore sampai dua belas malam.

Baca Juga: 5 Kedai Bakso di Kota Batu yang Menggiurkan Lidah

5. Bakso Jagalan 87

9 Kedai Bakso Kikil Ternikmat di Surabaya, Siap Goyang Lidah!instagram.com/sasmitaedo

Bertempat di Jalan Jagalan No 87, Surabaya. Kalian bisa bersantap pada disini pada jam lima sore sampai dua belas malam. Mau bakso kikil porsi jumbo, disini tempatnya. Harganya worth it sama rasa yang ditawarkan yakni Rp85.000 per porsi.

Gak mungkin bisa tahan sama kuah kaldunya yang sedap sekaligus gurih. Pentolnya juga greget, teksturnya padat full daging. Ada tambahan iga sapi dan potongan kikil yang berlimpah. 

Kalau gak kuat makan banyak bisa minta porsi kecil saja. Varian menunya sama saja dengan porsi besar. Selain bakso kikil ada  bakso campur, bakso bakwan dan bakso iga.

6. Bakso Kikil 4 Bersaudara

9 Kedai Bakso Kikil Ternikmat di Surabaya, Siap Goyang Lidah!instagram.com/eattempationsby

Alamatnya ada Jalan Raya Dukuh Kupang, Surabaya. Buka dari jam dua siang sampai satu malam. Dibanderol Rp20.000 saja tapi isi bakso kikilnya sangat bikin lapar. Potongan kikilnya berlimpah dan lebih besar daripada kedai bakso ditempat lain. Isinya masih ada bakso goreng dengan kuah kaldu bertabur irisan daun bawang.

7. Bakso Bringas Margorejo

9 Kedai Bakso Kikil Ternikmat di Surabaya, Siap Goyang Lidah!instagram.com/kedaihuaaa61

Beralamat di Jalan Margorejo, Surabaya. Buka dari jam dua belas siang sampai sepuluh malam. Dibanderol Rp20.000, bakso beringas kikil merupakan menu andalan kedai ini. Ciri khasnya adalah kaldu pedas berwarna merah dan masih dicampur dengan cabe utuhan. Kalau gak kuat, bisa pilih kuah kaldu biasa yang tidak pedas.

Selain bakso kikil coba juga varian bakso ori, jumbo dan beringas yang mantul racikan kedai ini.

8. Bakso Kikil Bang Gendut

9 Kedai Bakso Kikil Ternikmat di Surabaya, Siap Goyang Lidah!instagram.com/jajanbakso

Lokasinya ada di Jalan Jelidro, Sambikereb, Surabaya. Buka dari jam sebelas pagi sampai sepuluh malam. Ukuran baksonya yang jumbo sangat memuaskan lidah. Potongan kikilnya juga banyak.

Tampilan oily dari kuahnya menggoda selera makan. Sudah pasti gurihnya maksimal. Disediakan jeruk nipis untuk menetralisir sensasi lemak dari kikilnya. Harganya terjangkau yakni kisaran Rp 10.000 sampai Rp19.000 per porsi.

9. Bakso Putra Mantep

9 Kedai Bakso Kikil Ternikmat di Surabaya, Siap Goyang Lidah!instagram.com/sbykulinerinfo

Untuk menyantap bakso campur tetelan dan kikil disini kalian wajib tebus seharga Rp 17.000. Biar makin nendang rogoh lagi uang sebesar Rp15.000 untuk seporsi sumsum sapi.

Sesuai namanya, bakso kikilnya yang ditawarkan memang enak. Pentolnya ada dua macam yakni bakso halus dan kasar. Kuahnya sedap berpadu dengan mie putih, seledri, bawang goreng dan sayur.

Tak heran sih yang ngantri selalu padat. Selain bakso kikil masih banyak yang bisa dicoba. Ada bakso isi telur, bakso beranak dan bakso bungkus telur. Unik, kalau di Jember bakso bungkus telur ini dikenal sebagai bakso kabut. 

Lokasinya ada di Jalan Raya Kenjeran 490, Surabaya. Buka jam dua belas siang sampai empat sore. Ingat, hari minggu kedai ini libur ya!

Udah lapar belum? Sempetin beli bakso ini ya kalau pas main ke Surabaya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bakso Paling Enak di Pekanbaru, Dijamin Nagih Deh!

Fatiya Photo Community Writer Fatiya

Care & Share

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You