Comscore Tracker

8 Warung Ayam Pedas Khas Banyuwangi, Nampol Abis Tapi Nagih!

Nikmatnya ayam panggang pakai santan ekstra rawit!

Lagi liburan ke Banyuwangi, maka jangan lupa kamu cobain kuliner khasnya yakni ayam pedas. Kuliner ini mengandalkan bumbu super pedas dengan campuran santan yang bikin pengen nambah nasi.

Pengen tahu rekomendasi IDN Times mengenai ayam pedas paling enak di Banyuwangi? Simak list-nya di bawah ini.

1. Ayam Pedas Warung Tengah Sawah Mbah Dam

8 Warung Ayam Pedas Khas Banyuwangi, Nampol Abis Tapi Nagih!instagram.com/andreyongz

Beralamat di Jalan Grajagan, Desa Jatirejo, Purwoharjo, Banyuwangi. Bukanya mulai jam tujuh pagi sampai empat sore. Ayam pedas jadi menu favorit warung ini. Yang bikin enak karena ayam kampungnya dipanggang terlebih dulu sebelum dimasak dalam kuah santan.

Seporsi ayam pedas datang dengan sayuran rebus, ketimun dan nasi. Selain nasi putih bisa cobain sama nasi jagung. Untuk ayamnya bisa minta yang potongan atau utuhan dengan harga relatif terjangkau yakni kisaran Rp7.000 sampai Rp90.000.

Untuk bersantap disini lebih baik pesan dulu sebelum datang karena jualannya terbatas.

2. Kampoeng Kita Ayam Pedas

8 Warung Ayam Pedas Khas Banyuwangi, Nampol Abis Tapi Nagih!instagram.com/yukciakk

Menu paketan ayam pedas warung ini berisi semangkuk besar ayam pedas, sayur singkong rebus dan sebakul nasi. Tak ketinggalan ayam panggang dengan sambal mentah yang pedas sekaligus segar.

Spesial lagi, kalau bosan nasi putih bisa minta diganti nasi jagung. Nasi jagung khas Banyuwangi ini tidak hanya berkomposisi jagung tapi campuran beras dan jagung. Lokasinya ada di Dusun Ngadirejo, Bulurejo, Purwoharjo, Banyuwangi.

3. Ayam Pedas Jeng Sri

8 Warung Ayam Pedas Khas Banyuwangi, Nampol Abis Tapi Nagih!instagram.com/hobimakan.banyuwangi

Beralamat di Jalan Ikan Wijinongko, Banyuwangi. Buka dari jama tujuh pagi sampai tujuh malam. Dengan Rp25.000, kalian bisa menyantap seporsi ayam pedas, nasi dan es teh. Ayam pedasnya khas dengan cabe rawit utuhan yang dimasak campur kuahnya. Daging ayamnya punya tingkat kematangan yang pas. Teksturnya empuk dan bumbunya meresap.

Masih berbahan ayam cicipi pula sajian ayam geprek kemangi. Sambalnya tersaji dengan daun kemangi segar yang makin menambah selera makan.

4. Ayam Pedas Mbok Wo

8 Warung Ayam Pedas Khas Banyuwangi, Nampol Abis Tapi Nagih!instagram.com/kulinerbanyuwangi.id

Warung legendaris sejak tahun 1957 ini bertempat di Desa Rejoagung, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi. Seporsi ayam pedas datang dengan sayur kenikir rebus dan ketimun. Untuk variasi disajikan juga sepiring jeroan ayam yang digoreng. Ada hati ampela sama usus yang gurih. Tak lupa disantap dengan nasi jagung.

Asyiknya makan disini kalian bebas ambil nasi sendiri sepuasnya tanpa dikenai biaya lagi. Mantap banget deh, nasi memang teman makan ayam pedas yang wajib ada. Porsinya juga harus banyak biar bisa meredam gaharnya kuah ayam pedas.

Baca Juga: Yuk, Buat 5 Masakan Ayam Pedas Terpopuler di Indonesia Ini

5. Ayam Pedas Sembur Naga

8 Warung Ayam Pedas Khas Banyuwangi, Nampol Abis Tapi Nagih!instagram.com/postingbanyuwangi

Salah satu menu favorit cafe benteng buah naga adalah ayam pedas sembur naga. Berupa ayam pedas yang datang bersama nasi hangat dan sayuran rebus. Ayam pedasnya ini kuah santannya kental. Bumbunya kuat, pedas, sedap dan meresap. Dicampur kemangi yang membuat segar saat diseruput.

Selain ayam pedas ragam sajian bisa dicoba disini mulai nasi goreng buah naga, lalapan ayam, es krim, dodol dan masih banyak. Sajian ayam pedas yang menggugah selera makan bukan semata mata jadi alasan buat datang kesini.

Benteng buah naga cafe & resto berlokasi di Jalan Juanda no 46, Dusun Kp Baru, Jajag, Gambiran, Banyuwangi. Buka mulai jam satu siang sampai dua belas malam.

6. Ayam Pedas Sego Uti

8 Warung Ayam Pedas Khas Banyuwangi, Nampol Abis Tapi Nagih!instagram.com/deliciousbanyuwangi

Berlokasi di Teras Royal Velg, Jalan Kepiting, Banyuwangi. Bukanya mulai jam empat sore sampai sembilan malam. Cukup ditebus Rp27.000 untuk menyantap ayam pedas disini. Yang bikin mantap, ayam kampungnya empuk banget. Kuah santannya super pedas dengan taburan cabe rawit yang banyak banget.

Buat variasi tersedia nasi tempong dan nasi pecel. Nasi pecelnya dipadukan dengan dua macam lauk yakni ayam goreng atau telur cit.

7. Ayam Pedas Hj Rantinem

8 Warung Ayam Pedas Khas Banyuwangi, Nampol Abis Tapi Nagih!instagram.com/travelmatetour

Merupakan ayam pedas paling eksis kelezatannya di Banyuwangi. Berdiri dari tahun 1970, tempat ini selalu recommended buat didatangi. Menu andalannya tentu adalah ayam kampung yang dimasak dengan kuah santan kental. Sebelum dimasak ayamnya dipanggang dulu jadi wangi bakarannya enak banget.

Warna kuahnya sedikit memerah karena komposisi cabenya banyak sekaligus diberi tambahan cabe rawit utuhan didalamnya. Jadi kalau maunya pedas maksimal cukup digerus sendok saja cabenya.

Selain daging, bagian kepala ayam dan jeroannya jadi favorit pembeli. Penyajiannya sama, dimasak dalam kuah santan pedas. Makan disini worth it sama rasanya dimana kalian cukup tebus Rp27.000 per porsi. Usai makan, minumnya sama es temulawak biar tenggorokan jadi adem.

Kalau gak tahan pedasnya bisa pilih menu non pedas seperti ayam kampung goreng, dendeng sapi atau jeroan ayam goreng. Kalau masih kuat pedas sekalian coba sajian nasi tempongnya yang juga terkenal mantap.

Berlokasi di Belakang Kantor Pos Genteng di Dusun Krajan, Genteng Kulon, Genteng, Banyuwangi. Mulai buka dari jam empat sore sampai tiga pagi.

8. Warung Ayam Gobyos Nina's Cafe

8 Warung Ayam Pedas Khas Banyuwangi, Nampol Abis Tapi Nagih!instagram.com/hobimakan.banyuwangi

Beralamat di Jalan Letjen Sutoyo No 26, Tukangkayu, Banyuwangi. Buka jam lima sore sampai sebelas malam. Beda dari tempat lain, ayam disini dimasak tulang lunak. Jadi makannya lebih gampang, bisa disantap sama tulangnya juga.

Cita rasanya autentik dengan ayam yang dipanggang dulu baru dimasak dalam kuah santan kental. Diberi taburan cabe, dijamin siap gobyos alias berkeringat usai melahap ayam pedasnya.

Selain enak, harganya terbilang murah yakni Rp15.000 saja per porsi. Buat kamu yang gak doyan pedas masih ada menu ayam bakar dan goreng yang sedap.

Baca Juga: 7 Objek Wisata di Banyuwangi yang Keindahannya Bikin Kamu Kagum!

Fatiya Photo Verified Writer Fatiya

Care & Share

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya