Comscore Tracker

5 Jenis Sate Kambing di Indonesia yang Wajib Kamu Cicipi

Gak bakal bosan karena jenisnya banyak banget

Olahan daging kambing di Indonesia memang banyak macamnya. Namun, yang paling populer tetap sate kambing. Rasa dagingnya yang juicy dan smokey cocok banget disantap dengan sepiring nasi hangat. 

Selain sate madura, sebenarnya masih banyak jenis sate kambing yang patut kamu ketahui. Selengkapnya, simak beberapa jenis sate kambing dari berbagai daerah di Indonesia berikut ini!

1. Sate pentul

5 Jenis Sate Kambing di Indonesia yang Wajib Kamu CicipiIlustrasi sate pentul (instagram.com/akhtar_saputra)

Cirebon gak cuma terkenal dengan nasi jamblang atau empal gentong. Ada kuliner lain yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Kota Udang ini, yakni sate pentul atau sate lilit.

Berbeda dengan sate lilit khas Bali, sate ini terbuat dari daging kambing cincang. Gak cuma dibakar, kamu bisa membuatnya dengan cara digoreng. Gimana, tertarik untuk mencobanya?

2. Sate kambing khas Wonogiri

5 Jenis Sate Kambing di Indonesia yang Wajib Kamu CicipiIlustrasi sate (instagram.com/camerakuliner)

Wonogiri di Jawa Tengah juga punya olahan sate kambing yang luar biasa endul, nih. Yang menjadi ciri khas adalah daging yang digunakan, yakni menggunakan daging kambing muda. Teksturnya jadi lebih empuk, lembut, dan tentu saja juicy.

Kamu bisa berkunjung Kawasan Baturetno untuk berburu sate kambing muda. Gak heran kalau warung sate kambing di sini sering dikunjungi banyak artis dan pejabat. Semuanya nikmat dan legendaris!

3. Sate lalat

5 Jenis Sate Kambing di Indonesia yang Wajib Kamu CicipiIlustrasi sate lalat (instagram.com/plasa.cake)

Bukan dari lalat, sate lalat khas Madura ini terbuat dari daging ayam atau kambing. Namun, dagingnya diiris kecil-kecil sehingga menyerupai lalat. 

Nah, karena ukurannya yang kecil inilah, biasanya dalam satu porsi berisi 20 tusuk sate. Untuk bumbunya, sate lalat disantap dengan bumbu kacang dengan tambahan kecap manis seperti sate madura pada umumnya. 

Baca Juga: 10 Ragam Sate Kambing Khas Indonesia, Berbeda tapi Sama Enaknya!

4. Sate makassar

5 Jenis Sate Kambing di Indonesia yang Wajib Kamu CicipiIlustrasi memanggang sate makassar (instagram.com/jnyfoodjournal)

Makassar identik banget dengan kulinernya yang nikmat, seperti coto makassar, palu basa, dan es palu butung. Selain itu, ada juga olahan nikmat dan unik yang patut kamu coba, yaitu sate makassar. 

Berbeda dengan sate kambing pada umumnya yang diberi bumbu kecap atau kacang, sate makassar ini dibumbui dengan saus belimbing. Rasanya jadi asam dan pedas.

5. Sate padang

5 Jenis Sate Kambing di Indonesia yang Wajib Kamu CicipiIlustrasi sate padang (instagram.com/jktfoodbang)

Kamu pasti sering lihat kuliner yang satu ini di pinggir jalan. Selain menggunakan daging dan jeroan sapi, ada juga sate padang yang menggunakan daging atau jeroan kambing, lho.

Sebelum diolah, daging atau jeroan kambingnya direbus terlebih dahulu dengan aneka bumbu rempah. Kemudian, dipanggang dan disiram dengan kuah kental berwarna kuning. Hmm, sedap banget!

Ternyata sate kambing khas Indonesia sangat beragam, ya? Kamu sudah pernah cobain yang mana aja, nih?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sate Kambing di Bogor, Gak Bau Prengus!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya