Comscore Tracker

6 Makanan  Nusantara yang Dimasak dengan Dibungkus Daun, Lezat!

Kalian pasti pernah mencobanya!

Indonesia memang punya banyak kuliner yang memanjakan lidah, dengan berbagai bumbu yang memberikan citra rasa lezat dan proses memasak yang membuat makanan tersebut jadi nikmat.

Ada cara memasak unik dari Nusantara yang akrab dengan masyarakat yaitu dengan dimasak dengan bungkus daun. Dengan dibungkus daun, citra rasa makanan tersebut jadi berbeda dan aromanya pun lebih menggugah selera.

Yuk, simak lebih lanjut 6 makanan yang dimasak dengan dibungkus daun berikut.

1. Pepes

6 Makanan  Nusantara yang Dimasak dengan Dibungkus Daun, Lezat!instagram.com/fitrianisamidan

Pepes merupakan salah satu lauk yang enak disantap dengan nasi. Pepes banyak digemari. Ada banyak jenis pepes, seperti pepes ikan, pepes ayam, pepes jamur, dan masih banyak lagi.

Pepes merupakan salah satu contoh makanan yang dibungkus dengan daun pisang. Dengan dibungkus dengan daun pisang, membuat bumbu jadi terserap penuh dan terasa nikmat disantap.

2. Lemper

6 Makanan  Nusantara yang Dimasak dengan Dibungkus Daun, Lezat!id.m.wikipedia.org

Lemper adalah kue yang sudah menjadi favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia. Lemper banyak dijual di pasar sehingga peminatnya pun mudah mencari.

Lemper dibuat dari cincangan daging ayam atau abon, yang kemudian menjadi isi ketan. Lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

3. Lontong

6 Makanan  Nusantara yang Dimasak dengan Dibungkus Daun, Lezat!cookpad.com

Masyarakat Indonesia pasti sudah akrab dengan makanan satu ini. Lontong sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Lontong terbuat dari beras yang dibungkus daun kemudian dikukus dalam air mendidih selama beberapa jam.

Lontong yang seperti nasi kerap disajikan bersama gado-gado, sate, gulai, dan berbagai makanan lainya.

Baca Juga: 4 Tips Mengetahui Lontong yang Pakai Boraks, Jangan Dibeli Ya!

4. Ketupat

6 Makanan  Nusantara yang Dimasak dengan Dibungkus Daun, Lezat!id.m.wikipedia.org

Ketupat sama dengan lontong yang dibuat dari beras. Namun bentuk dan daun yang digunakan untuk membungkus beras berbeda karena daun yang digunakan untuk membungkus ketupat adalah daun kelapa muda yang dianyam.

Pada saat Idulfitri ketupat banyak dibuat sebagai makanan pengganti nasi. Ketupat juga mudah ditemui pada hari biasa dan yang paling banyak dijumpai adalah ketupat sayur yang disajikan dengan sayur seperti sayur lodeh atau sayur bengkuang.

5. Tapai

6 Makanan  Nusantara yang Dimasak dengan Dibungkus Daun, Lezat!cookpad.com

Tapai merupakan makanan yang dibuat dengan cara difermentasikan terlebih dahulu. Tapai dibuat dari singkong atau beras ketan yang direbus lalu diberi ragi, kemudian difermentasikan selama semalam atau bisa lebih. Tapai tradisional umumnya dibungkus dengan daun.

Tapai bisa dimakan langsung atau disajikan dengan kuliner lain seperti es campur. Disarankan jangan mengonsumsi tapai secara berlebihan karena tapai terbuat dari berbagai mikroorganisme yang berpotensi membahayakan sistem kekebalan tubuh.

6. Nasi bakar

6 Makanan  Nusantara yang Dimasak dengan Dibungkus Daun, Lezat!putratravel.net

Nasi bakar merupakan kuliner unik karena umumnya nasi jarang dimasak dengan proses dipanggang atau dibakar.

Nasi bakar memiliki bahan utama nasi lalu diisi dengan ayam, daging, ikan, atau sayuran dan diberi berbagai bumbu kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar.

Dari enam kuliner yang dimasak dengan dibungkus daun di atas, mana yang menjadi santapan kesukaanmu nih?

Baca Juga: 5 Tips Agar Ketupat Tahan Lama & Tidak Gampang Basi

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya