Comscore Tracker

5 Kreasi Mochi Hasil Perpaduan dengan Makanan Terkenal, Bentuknya Beda

Yuk, coba olahan donat mochi yang melar dan kenyal!

Mochi adalah kudapan tradisional Jepang yang memiliki tekstur lengket dan kenyal. Beberapa versi pada makanan ini dibentuk serupa bola atau onigiri dengan beragam isian yang tidak kalah enak.

Namun, keberadaan mochi pun tidak luput dari perkembangan yang membuat tampilannya semakin hari semakin unik. Bahkan, ada yang merupakan perpaduan dari kudapan terkenal juga, lho.

Berbagai mochi dengan aneka bentuk menarik tersebut bisa kamu temui dengan mengenal lima sajian yang ada dalam daftar berikut ini. Ada apa saja? Langsung simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Mochi cake

5 Kreasi Mochi Hasil Perpaduan dengan Makanan Terkenal, Bentuknya Bedailustrasi mochi cake (unsplash.com/Charles Deluvio)

Selain diolah sebagai bola-bola mini yang bikin gemas, mochi juga ternyata bisa dijadikan inspirasi dalam pembuatan kue. Bentuknya benar-benar mirip bolu dan bisa dibuat dalam ukuran yang cenderung lebih besar.

Seperti pengolahan mochi pada umumnya, diperlukan penggunaan tepung ketan manis, gula, santan, telur, mentega, perasa seperti vanila atau cokelat, bubuk pengembang, serta sejumput garam untuk menciptakan kudapan lezat.

2. Mochi brownie

5 Kreasi Mochi Hasil Perpaduan dengan Makanan Terkenal, Bentuknya Bedailustrasi mochi brownies (unsplash.com/Angiola Harry)

Sudah bukan rahasia lagi kalau brownies memiliki macam-macam tekstur yang memanjakan lidah penikmat cokelat. Beberapa memiliki karakteristik renyah, lembut, bahkan ada pula yang lumer di mulut.

Bila ingin menikmati kreasi brownies yang nggak ada habisnya, maka kolaborasinya bersama mochi ini patut untuk dicoba. Siapkan bahan-bahan mulai dari tepung ketan, susu, telur, bubuk pengembang, bubuk cokelat, cokelat hitam, hingga mentega untuk membuat brownies mochi yang nikmat.

Baca Juga: 9 Fakta Sejarah Es Krim Mochi, Dari Jepang lalu Mendunia

3. Mochi donut

5 Kreasi Mochi Hasil Perpaduan dengan Makanan Terkenal, Bentuknya Bedailustrasi mochi donut (unsplash.com/Fuji Nakama)

Pernah terpikirkan untuk menikmati donat yang kenyal? Hidangan semacam itu cuma bisa kamu temui dengan perpaduan antara donat bersama mochi. Variasi kudapan yang satu ini pun bakal memiliki tekstur yang lebih melar dan unik.

Komposisi mochi donut tentu berbeda dengan donat biasa. Hal itu disebabkan oleh penggunaan terigu, tapioka, mentega, susu, telur, ragi, gula, garam, serta ekstrak vanila yang perlu diuleni untuk bisa digoreng selayaknya donat lainnya.

4. Mochi truffle

5 Kreasi Mochi Hasil Perpaduan dengan Makanan Terkenal, Bentuknya Bedailustrasi mochi truffle (unsplash.com/Jojo Yuen (sharemyfoodd)

Truffle alias bola-bola cokelat juga nggak mau ketinggalan dengan menghadirkan mochi sebagai kombinasi terbaik. Perpaduan antara bola cokelat dan adonan mochi akan melahirkan tekstur lembut sekalgius melar pada makanan.

Pada proses pembuatan sajian tersebut, diperlukan adonan bola cokelat yang telah dibuat terpisah. Kemudian, campurkan ketan, cokelat tak manis, gula, dan air. Gulung bola cokelat dan rebus beberapa saat untuk ditaburi cocoa powder.

5. Mochi muffin

5 Kreasi Mochi Hasil Perpaduan dengan Makanan Terkenal, Bentuknya Bedailustrasi mochi muffin (unsplash.com/Crystal Huff)

Kreasi mochi dengan bentuk menarik terakhir bisa kamu dapatkan melalui pengolahan kue mangkuk tanpa topping, muffin. Jika biasanya kudapan ini terasa lembut, maka sekarang mochi muffin cenderung lebih chewy.

Tekstur tersebut didapatkan akibat penggunaan tepung mochi yang dicampur bersama soda kue, gula, mentega, telur, susu evaporasi, vanila, serta chocolate chips untuk memaksimalkan rasa kudapan ini.

Mochi ternyata sudah bisa dikombinasikan dengan aneka makanan populer, nih. Maka, nggak heran kalau penggemarnya terus bertambah dan bikin kamu kecanduan untuk turut mencicipi lima sajian di atas. Mana kudapan yang sudah pernah kamu coba?

Baca Juga: 7 Tips Membuat Kue Mochi Jepang Isi Cokelat yang Enak dan Lembut

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya