Comscore Tracker

5 Fakta yang Bikin Soto Triwindu Solo Istimewa, Kamu Mesti Coba!

#ANGPOIN Kuahnya gak sekadar gurih, namun legit

Kental dengan adat dan budaya Jawa, kota Solo di Jawa Tengah adalah nirwana buat kamu yang kangen bertualang lagi setelah satu tahun pandemi. Beragam destinasi wisata maupun tujuan kuliner yang tersebar merata di penjuru wilayah siap menyambut ketibaanmu kapan saja.

Di belakang Pasar Triwindu, sebuah pasar yang menjual aneka barang antik, tersembunyi kedai sederhana yang menyuguhkan salah satu sajian khas Nusantara kesukaan sejuta umat, yaitu soto. Melabeli kedainya dengan nama Soto Triwindu, agaknya kamu dilarang melewatkan mencicipi kuliner satu ini.

Gak hanya dikenal bercita rasa enak, tapi racikan Soto Triwindu memang punya keistimewaannya sendiri. Pengin tahu apa saja itu? Yuk, simak informasinya berikut.

1. Melayani pembeli selama lebih dari 8 dekade

5 Fakta yang Bikin Soto Triwindu Solo Istimewa, Kamu Mesti Coba!instagram.com/njoshsandy

Percaya atau gak, Soto Triwindu sudah menggelar lapak mereka sejak tahun 1939. Diawali oleh sang pendiri kedai, yaitu Hj. Yoso Sumarto, kini pengelolaan kedai dipercayakan kepada menantu ketiga.

Walaupun telah melegenda puluhan dekade, kedai soto ini gak lantas punya banyak cabang atau berniat membuka cabang. Soto Triwindu ingin tetap eksklusif dengan hanya punya satu kedai di Jl. Teuku Umar, Keprabon, Surakarta. Kedainya sendiri mudah dicapai meski sedikit agak nyempil karena berada di gang kecil.

2. Kuahnya yang legit adalah inti sajian

5 Fakta yang Bikin Soto Triwindu Solo Istimewa, Kamu Mesti Coba!instagram.com/perutcipi

Selalu ada alasan kenapa sebuah sajian menjadi legenda. Di racikan Soto Triwindu, fakta yang menunjukkan kuliner ini sukses meninggalkan jejak di lidah penikmatnya adalah tekstur dan rasa kuahnya yang gak sekadar gurih, namun legit.

Berasal dari rebusan daging sapi berkualitas bercampur resep turun-temurun yang gak pernah berubah, kuah Soto Triwindu terbukti maknyus. Kelegitan tersebut semakin bertambah berkat proses perebusannya yang masih menggunakan arang.

Supaya terlihat tradisional tapi tetap estetis, kuah soto ditaruh di dalam sebuah kuali berukuran sedang dan ditempatkan di dekat pintu masuk kedai agar mudah dilihat pengunjung. Harum aroma kuah dari kuali yang juga dipanaskan dengan arang bakal auto bikin perutmu bergejolak.

Baca Juga: 9 Soto Nusantara yang Nikmatnya Berciri Khas Banget, Sudah Tahu? 

3. Lauk pauk pendamping melimpah ruah

5 Fakta yang Bikin Soto Triwindu Solo Istimewa, Kamu Mesti Coba!instagram.com/niluh_indriati

Isian utama Soto Triwindu memang cukup sederhana, yaitu hanya berupa nasi putih, potongan daging sapi dan tetelan, taoge, irisan daun seledri, dan taburan bawang goreng. Tapi, dengan legitnya kuah ditambah pilihan lauk pendamping yang beraneka ragam, pengalaman menyantap Soto Triwindu dijamin membekas sempurna.

Ragam lauk yang tersedia terpampang rapi di etalase kaca yang terletak memanjang di tengah meja-meja pengunjung. Kamu bisa langsung mencomotnya, mulai dari empal, lidah, paru, iso, limpa, babat, otak, dan kikil.

Sedangkan aneka gorengan yang ada terdiri dari tempe, tahu, lentho, perkedel, bakwan, dan sosis solo. Kurang lengkap apa coba?

4. Harga per porsinya affordable

5 Fakta yang Bikin Soto Triwindu Solo Istimewa, Kamu Mesti Coba!instagram.com/godzillatummy

Saat ini harga semangkuk Soto Triwindu dipatok Rp16 ribu. Namun, jika kamu ingin takeaway, maka dikenai harga Rp17 ribu per porsi.

Sementara itu, aneka lauk potong yang ada dibanderol Rp17 ribu per jenis lauk. Tenang, ukuran lauknya besar-besar kok. Sepadan dengan harga yang dipasang. Sedangkan untuk gorengan, harganya Rp3 ribu saja per satuan.

5. Langganan para tokoh penting, termasuk presiden

5 Fakta yang Bikin Soto Triwindu Solo Istimewa, Kamu Mesti Coba!instagram.com/astrid.enricka

Berkat semua keistimewaan Soto Triwindu di atas, gak ayal bila sajian ini menggaet banyak figur penting dan kalangan artis untuk mampir, termasuk orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo. Dampaknya, kepopuleran Soto Triwindu makin banyak dikenal masyarakat, bahkan melanglang hingga lidah wisatawan asing. Wah, keren banget, ya?
 
So, gak ada alasan lagi untuk gak menjajal kuliner legendaris Solo ini. Catat jam operasional kedai Soto Triwindu, yaitu setiap hari mulai pukul 05.30 WIB sampai 15.30 WIB. Selamat mencoba!

Baca Juga: Soto Gak Pakai Kuah! 6 Kuliner Khas ini Cuma Ada di Klaten

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya