Comscore Tracker

6 Rekomendasi Seafood yang Bisa Kamu Cicipi Saat di Kepulauan Riau

#ANGPOIN Mantul pokoknya!

Provinsi Kepulauan Riau  yang sering disingkat dengan istilah Kepri dengan ibu kota Tanjung Pinang, Kepri hanya terdiri dari  sebagian kecil daratan sedangkan selebihnya adalah pulau. Kepri berdekatan dengan wilayah negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia di sebelah barat.

Selain tempat wisata, Kepulauan Riau juga menyajikan banyak makanan khas yang unik dan tentunya sedap apalagi yang berasal dari hasil laut karena daratan di kepulauan Riau memang di kelilingi oleh banyak lautan. Ini rekomendasi kuliner seafood yang harus kalian coba jika ke Kepulauan Riau.

1. Otak-otak

6 Rekomendasi Seafood yang Bisa Kamu Cicipi Saat di Kepulauan Riaudapurdaerahkhasindonesia.blogspot

Otak-otak adalah camilan mini yang ramah di kantong yang terbuat dari berbagai rasa dari hasil laut di sekitar pulau ini. Ada tiga jenis otak-otak yang dijual di sini, yaitu otak-otak ikan tenggiri, otak-otak sotong, dan otak-otak tulang ikan.

Rasanya memiliki tekstur yang lembut berasal dari perpaduan antara sedikit tepung sagu dan ikan serta bumbu lalu dibungkus dengan daun kelapa hijau beserta lidinya dan di staples di kedua ujung sisinya. Selain rasanya, aroma yang ditimbulkan sangat menggoda ketika dipanggang.

2. Gonggong

6 Rekomendasi Seafood yang Bisa Kamu Cicipi Saat di Kepulauan Riautravel.detik. com

Jangan heran dan senyum-senyum sendiri dulu, ya apalagi jika pertama kali mendengar nama gonggong ini, gonggong adalah salah satu jenis spesies siput laut yang hanya terdapat di sekitar daerah ini. Cara pengolahannya cukup direbus dengan bawang merah, bawang putih iris, daun kunyit dan garam.

Cara makannya yaitu menggunakan tusuk gigi agar isinya keluar dari cangkang atau menarik kuku yang sedikit menyembul dari cangkang mengikuti bentuk cangkang agar dagingnya terbawa semua, rasanya yang unik dan legit lebih enak disantap dengan dicocol pada saus atau sambal

3. Siput sedot

6 Rekomendasi Seafood yang Bisa Kamu Cicipi Saat di Kepulauan Riaudeskgram.net

Siput sedot merupakan spesies siput laut yang juga ada di Bintan, cara memasaknya cukup dengan ditumis bersama bumbu-bumbu.

Dinamakan siput sedot karena ketika memakannya kita harus menyedot terlebih dahulu dengan mulut agar dagingnya keluar dan bisa langsung disantap. Bunyi yang timbul mungkin akan terdengar lucu dan sedikit berisik, namun kita akan terus ketagihan mencicipinya sampai selesai.

Baca Juga: 5 Referensi Tempat Makan Seafood di Medan, Dijamin Bikin Nagih!

4. Sup ikan

6 Rekomendasi Seafood yang Bisa Kamu Cicipi Saat di Kepulauan Riauinfomakan.com

Sop ikan ini memiliki kuah yang jernih dicampur bumbu-bumbu khusus, Ikan yang digunakan untuk sop ini adalah ikan tenggiri segar tanpa tulang yang terkadang ditambah udang dan cumi-cumi. Campuran lainnya adalah mie dan sawi asin. Untuk cita rasa segarnya kuah diberi sedikit perasan jeruk nipis dan tomat hijau serta bawang goreng sebagai toppingnya.

5. Asam pedas

6 Rekomendasi Seafood yang Bisa Kamu Cicipi Saat di Kepulauan Riaurmmbakiin.com

Bahan dasar asam pedas adalah bermacam ikan laut tergantung sesuai selera. Cara pembuatannya yaitu direbus bersama bumbu, tomat, asam kandis dan cabe sehingga menghasilkan rasa asam, pedas dan gurih. Ikan yang digunakan bermacam-macam, terkadang ikan tuna, kakap, bandeng dan lain-lain. Aroma yang ditimbulkan akan mampu menggugah selera makan.

6. Cencaluk

6 Rekomendasi Seafood yang Bisa Kamu Cicipi Saat di Kepulauan Riauplesirankotatua.blogspot.com

Masakan ini berbahan dasar udang basah yang berukuran sangat kecil yang menggunakan berbagai potongan bumbu rempah seperti bawang merah, cabe hijau, cabe merah dan jeruk nipis yang menjadikan  cita rasa segar dari masakan ini.

Penasaran dengan keunikannya? Tak ada salahnya jika kamu mampir ke daerah Kepri dan mencoba masakan khasnya. Dijamin  akan menjadi pengalaman unik dan mengesankan setelah balik dari tanah melayu ini.

Baca Juga: 7 Bahaya pada Kesehatan Jika Terlalu Sering Makan Seafood

Lathifah. B Photo Verified Writer Lathifah. B

Jika lisan tak cukup mewakilkan, biarkan pena yang bicara lewat tulisan. Menulislah demi menebar manfaat!☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya