Comscore Tracker

Beda Kue Pancong dan Kue Pukis yang Sering Dikira Sama

Kamu lebih suka yang mana?

Kue pukis dan kue pancong sering dianggap sama sama, padahal beda banget, lho. Selain tempat asalnya, ada beberapa perbedaan kue pukis dan kue pancong yang harus kamu tahu. Cek di bawah ini!

1. Kue pukis

Beda Kue Pancong dan Kue Pukis yang Sering Dikira SamaInstagram.com/linagui.kitchen

Pukis dianggap menjadi salah satu jajanan tradisional khas Banyumas, Jawa Tengah, tapi juga populer di Jawa Timur dan daerah di Jawa Tengah lainnya. Kue pukis terdiri dari adonan tepung terigu, telur, gula pasir, ragi, dan santan. Karena menggunakan ragi, pukis biasanya punya tekstur lebih empuk dan mengembang. 

Salah satu ciri khasnya adalah cetakan untuk memanggang adonan yang berbentuk setengah bulan. Biasanya ada topping seperti gula, keju, kacang, hingga meses yang ditaburkan di atasnya saat adonan setengah matang. Rasanya manis dan legit dengan aroma khas ragi yang mendominasi.

2. Kue pancong

Beda Kue Pancong dan Kue Pukis yang Sering Dikira SamaInstagram.com/nindriany17

Kue pancong digadang-gadang sebagai makanan khas Betawi, khususnya Jakarta. Ada dua versi mengenai kue pancong dari segi bahan bakunya.

Sebagian menyatakan kue pancong mirip dengan rangin Jawa Timur atau kue bandros khas Bandung, yakni adonan yang berbahan dasar tepung beras dengan parutan kelapa.

Kue ini rasanya cenderung gurih, biasanya disajikan dengan taburan gula pasir atau saus gula merah di atasnya. Teksturnya padat, tapi bagian luarnya tampak berongga.

Beda Kue Pancong dan Kue Pukis yang Sering Dikira SamaInstagram.com/hafid_subiantoro

Sebagian lagi menyatakan makanan ini lebih mirip kue pukis, karena terbuat dari tepung terigu, santan, telur, dan gula. Kue yang ini lebih populer disebut kue pancong terigu dan bisa ditemukan di pedagang kaki lima.

Dari segi bentuk, tidak terlalu banyak berubah, karena masih memakai cetakan yang sama berbentuk setengah lingkaran. Teksturnya padat dengan bagian bawah kecokelatan yang renyah di luar, tapi lembut di dalam. Rasanya pun cenderung manis dan legit.

Bedanya dengan kue pukis, cetakan kue pancong biasanya lebih pipih mirip cetakan bandros atau rangin. Tapi ada juga kue pancong yang menggunakan cetakan pukis.

Baca Juga: 5 Perbedaan Matcha dan Green Tea, Jangan Keliru

3. Variasi modern kue pancong dan pukis saat ini

Beda Kue Pancong dan Kue Pukis yang Sering Dikira SamaInstagram.com/malang.culinary

Seiring berkembangnya tren kuliner, kue pukis dan kue pancong mengalami banyak penyesuaian. Keduanya sering dikreasikan menjadi lebih modern dan kekinian dengan aneka topping pilihan.

Gak melulu kelapa muda, ada juga kue pancong atau pukis dengan adonan rasa cokelat, topping permen, biskuit, hingga saus matcha. Makanan tradisional ini pun sering masuk dalam menu kafe sebagai camilan pendamping.

Nah, sekarang bisa membedakan kue pukis dan kue pancong, kan? Mana yang paling kamu suka?

Baca Juga: Inilah Perbedaan Mentai dan Tobiko, Wajib Tahu biar Gak Salah Pesan!

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You