Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Keju yang Dipadukan dengan Berbagai Macam Masakan

Tips rahasia langsung dari ahlinya, Chef Degan

Popularitas keju di Indonesia semakin meningkat dan menjadi tren kekinian. Rasanya yang nikmat dan bisa dipadukan dengan berbagai masakan jadi alasan utamanya.

Chef kondang, Degan Saptoadji, mengatakan keju merupakan olahan turunan susu yang digemari di seluruh dunia. Gurihnya menggoyang lidah. Ada beberapa tips dari Chef Degan soal mengolah keju yang bisa dipadukan dengan berbagai macam masakan. Di antaranya seperti berikut ini:

1. Memilih keju original, yakni rasa gurih

5 Tips Mengolah Keju yang Dipadukan dengan Berbagai Macam MasakanPixabay.com/lipefontes0 f

Chef Degan menjelaskan keju memiliki cita rasa yang khas, yakni gurih. Jika dipadukan dengan dengan masakan, rasanya jadi istimewa dan terkesan mewah. 

Dengan memilih keju yang gurih, kamu bisa mengkreasikannya menjadi banyak hal, seperti sebagai topping, isian, hingga campuran adonan. Rasa keju bakal memperkaya rasa masakan.

2. Untuk kue, pilih keju kombinasi asin dan manis

5 Tips Mengolah Keju yang Dipadukan dengan Berbagai Macam MasakanIDN Times/Roh Cahaya Padang

Kalau kamu ingin membuat kue, pilih keju dengan perpaduan rasa asin dan manis. Misalnya pada kue pie. Kue kering ini akan menghasilkan rasa yang pas ketika ditambah dengan keju asin-manis. Tambahan topping buah-buahan memberi variasi rasa segar.

3. Hindari campuran keju dengan masakan yang rasanya pahit

5 Tips Mengolah Keju yang Dipadukan dengan Berbagai Macam MasakanPexels.com/Cook Eat

Tambahan keju pada masakan dominan rasa pahit akan menghilangkan rasa keju itu sendiri. Sebab, rasa pahit lebih kuat dibanding keju. 

Kalau mau dikombinasikan dengan sayuran, pilih jenis sayuran yang memiliki rasa netral, seperti brokoli, kembang kol, atau kentang. "Hindari sayuran yang pahit seperti pare, leunca atau daun pepaya," kata Chef Degan.

Baca Juga: Resep Membuat Telur Dadar Keju yang Gurih untuk Sarapan dan Camilan

4. Padukan keju dengan makanan tak pedas

5 Tips Mengolah Keju yang Dipadukan dengan Berbagai Macam MasakanIDN Times/Roh Cahaya Padang

Masakan tak pedas yang dicampur keju juga akan semakin "mengeluarkan" rasanya. Misalnya seperti ayam panggang, rendang tak pedas, dan nasi bakar. Rasanya jadi lebih menantang. Dijamin lebih nampol!

5. Segera konsumsi olahan keju yang dipanggang supaya tak mengeras

5 Tips Mengolah Keju yang Dipadukan dengan Berbagai Macam MasakanIDN Times/Roh Cahaya Padang

Kalau kamu memasak keju dengan cara dipanggang, sebaiknya segera menyantapnya. Sebab, keju yang dipanggang bisa mengeras dan kehilangan rasanya ketika sudah dingin. Alhasil, rasa khasnya pun juga akan hilang. 

Nah, itulah cara mengolah keju yang tepat dipadukan dengan beberapa masakan. Jangan sampai salah cara ya biar rasanya gak hilang.

Simpanlah keju di dalam kulkas untuk menghindari teksturnya semakin keras dan tidak gurih, lalu bungkus dengan plastik secara rapi. Selamat mencoba!

Baca Juga: 3 Resep Membuat Keju Homemade yang Sederhana, Rasanya Gurih dan Nikmat

yummy-banner

Topic:

  • Roh Cahaya Padang
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya