Comscore Tracker

10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwave

Bisa jadi beracun makanannya

Microwave seolah sudah menjadi salah satu piranti memasak yang gak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Selain bisa buat memasak, microwave sering digunakan untuk menghangatkan makanan yang sudah jadi.

Tapi di antara sekian banyak makanan yang bisa dihangatkan di dalam microwave, ternyata 10 makanan ini gak boleh dipanaskan ulang di microwave lho, apa saja ya?

1. Telur hard-boiled

10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwaverawpixel.com/415746

Entah itu sudah dikupas atau belum, ketika telur direbus hard-boiled di dalam microwave, kelembapan di dalam telur akan membuat tekanan udara di dalam telur sehingga bisa bikin telur meledak. Bahkan, telur ini bisa meledak beberapa saat setelah keluar dari microwave, yang artinya bisa melukaimu, atau mulutmu.

Potong-potong telur hard-boiled sebelum memanaskannya kembali di microwave agar gak berpotensi meledak saat akan dimakan.

2. ASI

10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwaveromper.com

Banyak orangtua baru yang membekukan ASI mereka dan menyimpan ASI mereka agar bisa dikonsumsi belakangan. Bagus sih, selama gak dipanasin ulang di microwave. Jika microwave kadang gak menghangatkan makananmu secara merata, hal yang sama juga bisa terjadi pada ASI yang kamu hangatkan.

ASI yang gak merata dihangatkan bakal menciptakan titik-titik panas yang bakal melukai bayi saat meminumnya, bahkan zat karsinogen juga akan semakin meningkat karena plastik wadah ASI juga ikut dipanaskan.

Sebaiknya hangatkan ASI di dalam air panas, celupkan botol selama beberapa menit.

3. Processed meat

10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwavelabroots.com

Daging olahan biasanya mengandung bahan kimia dan pengawet untuk mempertahankan masa simpan. Sayangnya, menghangatkan daging olahan di microwave bisa membuat kesehatanmu terancam. Kolesterol akan teroksidasi di dalam proses penghangatan di microwave dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

4. Nasi

10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwaveunsplash.com/@pillepriske

Nasi, yang benar saja?

Menghangatkan nasi di microwave ternyata bisa bikin keracunan makanan karena bakal meningkatkan produksi bakteri Bacillus cereus. Meski panas microwave bisa membunuh bakteri tersebut, tapi spora-sporanya akan menjadi racun dan bisa membuatmu keracunan kalau makan nasi tersebut.

Mending pakai magic jar saja, hangat sepanjang masa.

5. Daging ayam

10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwaverawpixel.com/260160

Gak semua makanan yang dihangatkan pakai microwave itu bisa hilang bakterinya, karena panas microwave itu berasal dari luar ke dalam, bukan dari dalam ke luar. Jadi beberapa makanan yang rawan bakteri bakal lebih mudah tercemar saat dipanaskan.

Daging ayam, yang sudah mengandung kontaminasi salmonella, bisa menjadi makanan berbahaya kalau dipanaskan pakai microwave. Sebelum makan ayam, pastikan masak dengan matang biar bakterinya mati semua.

Baca Juga: Gak Nyangka, 10 Makanan Ini Bisa Dimasak dengan Microwave Lho!

6. Daun hijau

10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwaverawpixel.com/105353

Kalau mau menyimpan sayuran buat dimakan nanti, hangatkan pakai kompor daripada microwave. Karena ketika dipanaskan di microwave, sayuran hijau ini bakal secara alami meningkatkan nitrat dan bisa berubah menjadi nitrosamine yang berpotensi jadi karsinogenik buat tubuhmu.

7. Bit

10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwaveunsplash.com/@foodism360

Reaksi kimia yang terjadi pada sayuran hijau saat dipanaskan juga terjadi pada bit. Tapi untungnya, bit tetap enak dikonsumsi dalam keadaan dingin.

8. Cabai

10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwaveunsplash.com/@ten80media

Jika cabai dipanaskan di microwave, capsaicin, zat kimia yang bikin pedas, bakal dilepaskan ke udara. Zat ini bisa membuat mata dan tenggorokanmu perih luar biasa. Bahkan pernah ada kasus di mana sebuah gedung apartemen harus dievakuasi seluruh penghuninya setelah seorang penghuninya memanaskan cabai di microwave sehingga membuat semua orang batuk-batuk dan mengalami masalah pernafasan.

9. Anggur

10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwaverawpixel.com/521259

Kalau anggur dimasukin ke microwave, kamu gak bakal dapat kismis, tapi bakal dapat plasma, sebuah zat yang dihasilkan ketika gas mengalami ionisasi dan membuat aliran listrik sehingga bisa bikin microwavemu rusak seketika.

10. Kentang

10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwaverawpixel.com/105319

Untungnya, kentang mentah masih aman untuk dimasak di dalam microwave. Bahaya datang kalau kamu memanaskan kentang yang sudah matang. Kentang matang di dalam aluminum foil akan menghasilkan bakteri C. botulinum, sehingga jika dibiarkan akan menyebabkan botulisme.

Jadi jangan menghangatkan kentang matang pakai aluminum foil ya, gunakan wadah lainnya.

Baca Juga: Enak Banget, Resep Mug Cake 5 Rasa Ini Cuma Pakai Microwave lho!

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You