Comscore Tracker

7 Jajanan Tradisional Pontianak Ini Wajib Dicoba Saat Main ke Sana

Pecinta kuliner wajib coba, nih

Tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, kota Pontianak yang terletak di pulau Kalimantan juga memiliki banyak sekali kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa diantaranya bahkan ada yang sudah sulit untuk ditemui.

Penasaran apa saja kuliner khas kota khatulistiwa tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

1. Kue Talas Ebi

7 Jajanan Tradisional Pontianak Ini Wajib Dicoba Saat Main ke Sanainstagram.com/e_ndro

Sesuai dengan namanya, kue talas ebi adalah salah satu kuliner yang terbuat dari talas asli Pontianak. Biasanya talas ebi disajikan dengan diberi tambahan topping yang disesuaikan dengan selera. Bahkan kue ini juga terasa enak bila dimakan dengan sambal.  

2. Mochi Pontianak

7 Jajanan Tradisional Pontianak Ini Wajib Dicoba Saat Main ke Sanainstagram.com/moshimochi.ptk

Mochi khas Pontianak tergolong unik. Dibuat dari adonan tepung kanji, selanjutnya mochi Pontianak akan diisi dengan kacang. Siapa pun pasti tidak akan bisa menolak kelezatan kue mochi ini karena aroma wangi kacangnya bisa tercium dari jarak jauh, lho. 

3. Jorong-jorong

7 Jajanan Tradisional Pontianak Ini Wajib Dicoba Saat Main ke Sanainstagram.com/kissthepotato

Mengingat proses pembuatannya yang cukup rumit, saat ini kue jorong-jorong sulit untuk ditemui. Kue ini menggunakan bahan utama berupa tepung beras dan santan. Untuk menghasilkan kue jorong-jorong yang nikmat tentunya harus dibuat oleh mereka yang sudah sangat terampil karena salah sedikit saja, kue jorong-jorong tersebut bisa gagal. 

Baca Juga: 8 Jajanan Manis Khas Aceh yang Patut untuk Takjil, Sedap Sangat!

4. Kue Kantong Semar

7 Jajanan Tradisional Pontianak Ini Wajib Dicoba Saat Main ke Sanainstagram.com/simonmitra73

Seperti namanya, Kue Kantong Semar yang berasal dari pedalaman Kalimantan Barat ini terbuat dari tumbuhan Kantong Semar yang keberadaannya dilindungi, lho.

Eits, jangan khawatir. Meskipun dilindungi, pemerintah tetap memberikan izin bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan tumbuhan tersebut untuk membuat kue kantong semar dengan alasan kebijakan melestarikan adat dan budaya.

Dalam kue ini, tumbuhan Kantong Semar akan dijadikan wadah bagi adonan beras pulut yang telah dicampur dengan kacang merah kukus.

5. Kiam Ko Kwe

7 Jajanan Tradisional Pontianak Ini Wajib Dicoba Saat Main ke Sanainstagram.com/g_angelka

Jajanan tradisional khas Pontianak yang satu ini dibuat dari adonan tepung beras yang telah diberi taburan ayam cincang. Mengingat proses pembuatannya yang cukup mudah, kamu juga bisa membuat kue ini sendiri di rumah. Tapi, jika ingin menghasilkan rasa sesuai aslinya, sangat disarankan untuk kamu belajar langsung ke Pontianak. 

6. Sagu Gunting Ce Hun Tiao / Su Fun Tiao / Sagu Gunting

7 Jajanan Tradisional Pontianak Ini Wajib Dicoba Saat Main ke Sanainstagram.com/lilys.kitchen_

Sagu gunting atau yang disebut juga su fun tiao ini terbuat dari sagu yang telah dicampur gula dan susu. Jika dilihat sekilas bentuknya memang mirip seperti agar-agar. Jajanan yang satu ini menjadi salah satu yang favorit di Pontianak.

Tidak sulit menemukan para penjual sagu gunting, namun yang paling terkenal adalah di Jalan Waru atau Jalan Tanjung Pura, Pontianak.

7. Pengkang

7 Jajanan Tradisional Pontianak Ini Wajib Dicoba Saat Main ke Sanainstagram.com/noficateringpnk

Jajanan Pengkang dibuat dari beras ketan yang kemudian diberi isian ebi. Selanjutnya campuran kedua bahan tersebut dibungkus dalam daun pisang yang dibentuk menyerupai kerucut untuk selanjutnya dibakar. Biasanya masyarakat Pontianak mengonsumsi Pengkang dengan sambal kepah atau sambal kerang. So, yummy!

Nah, itulah jajanan tradisional Pontianak yang harus kamu coba saat berkunjung ke sana. Kira-kira, jajanan apa yang ingin kamu cicipi terlebih dahulu nih, guys

Baca Juga: Cobain 7 Jajanan Halal Korea, Cocok untuk Menu Buka Puasa

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You