Comscore Tracker

5 Tradisi Makan saat Natal di Korea Selatan, Unik Banget!

Bisa ditiru biar perayaan Natal kamu gak mainstream

Tak terasa Natal sebentar lagi, nih. Meskipun di Korea Selatan Natal bukan perayaan besar, seperti Chuseok atau Seollal, tapi tetap saja masyarakat akan menyambutnya dengan penuh sukacita. Kamu pasti pernah melihatnya di drakor, kan?

Berbeda dengan Italia yang memiliki makanan khusus untuk menyambut Natal, orang di Korea Selatan justru menyajikan hidangan tradisional mereka, lho. Bahkan, bukan itu saja, berikut ini beberapa tradisi makan saat Natal di Korea Selatan. Unik banget!

1. Memasak makanan tradisional Korea Selatan

5 Tradisi Makan saat Natal di Korea Selatan, Unik Banget!ilustrasi hidangan khas Korea Selatan di atas meja (pexels.com/makafood)

Tahukah kamu, sebenarnya masyarakat di Korea Selatan tidak memiliki hidangan khusus saat Natal. Mereka biasanya akan memasak makanan tradisional untuk makan malam yang cocok disantap saat musim dingin atau menghangatkan tubuh, seperti tteokguk atau jjolmyeon.

Bahkan, bila tidak sengaja merayakan Natal di Korea Selatan, kamu harus pergi ke restoran yang menyuguhkan christmas meal untuk menjajal hidangan khusus Natal dari berbagai negara. Namun, pastinya makanan tradisional mereka tidak kalah lezat, lho!

2. Makan malam bersama kekasih

5 Tradisi Makan saat Natal di Korea Selatan, Unik Banget!ilustrasi dinner romantis bersama kekasih (pexels.com/cottonbro studio)

Dilansir K-Hub, Natal ternyata bukan perayaan besar di Korea Selatan, seperti Chuseok atau Seollal. Tak heran bila tidak banyak masyarakat di Korea Selatan yang pulang kampung untuk merayakannya. Namun, bukan berarti Natal bukan perayaan penting, ya.

Bahkan di Negeri Ginseng, Natal malah lebih mirip Hari Valentine, nih. Uniknya, saat Natal, kebanyakan muda-mudi di sana akan mengajak kekasih mereka untuk makan malam sampai menghabiskan waktu bersama di malam hari.

3. Membuat kue kering khas Korea Selatan

5 Tradisi Makan saat Natal di Korea Selatan, Unik Banget!ilustrasi bahan-bahan untuk membuat kue kering (pexels.com/MART PRODUCTION)

Meski Natal bukan perayaan besar di Korea Selatan, tetapi bukan berarti mereka tidak mempersiapkan kue atau kudapan. Bahkan, kue tradisional khas Korea Selatan, seperti yakgwa sampai dasik, biasanya dibuat untuk disuguhkan kepada tamu yang berkunjung.

Namun, seiring perkembangan zaman, kini mulai banyak kue serta kudapan modern yang kerap disajikan saat Natal dan banyak dijual di kedai pinggir jalan di Korea Selatan, lho. Selain menyantap hidangan utama, mereka biasanya juga menyiapkan dessert.

Baca Juga: 7 Tradisi Natal dari Seluruh Dunia, Seru dan Meriah Banget!

4. Pergi ke restoran yang menyajikan christmas meal

5 Tradisi Makan saat Natal di Korea Selatan, Unik Banget!ilustrasi meja untuk makan malam romantis bersama pacar saat Natal (pexels.com/picjumbo.com)

Karena tidak memiliki hidangan khusus saat merayakan Natal, banyak masyarakat di Korea Selatan biasanya hanya menyuguhkan makanan tradisional mereka. Tetapi, mereka kadang juga merayakan Natal dengan makan makan di restoran, lho.

Dilansir Learn Religions, Christmas Buffet cukup terkenal di Korea Selatan saat Natal. Sebeb, paket tersebut menyajikan berbagai menu makanan, seperti sushicrab legs, hingga roasted turkey. Oleh karena itu, banyak yang melakukan reservasi jauh-jauh hari sebelum Natal.

5. BBQ bersama keluarga

5 Tradisi Makan saat Natal di Korea Selatan, Unik Banget!ilustrasi BBQ ala Korea (unsplash.com/thecreativv)

Saat Natal, orang Korea Selatan biasanya mengadakan makan malam dengan keluarga dan kerabat di rumah maupun di restoran. Karena saat Natal telah memasuki musim dingin, tak heran bila mereka BBQ atau gui cukup digemari di sana.

Uniknya, BBQ ala Korea memakai potongan daging yang sudah dimarinasi sebelum dipanggang. Jenis dagingnya pun cukup beragam, seperti daging sapi, daging babi, sampai ayam yang disantap dengan dibungkus daun selada atau daun wijen.

Tradisi makan saat perayaan Natal ini masih berkembang di Korea Selatan sampai saat ini, lho. Bahkan, kamu tentu pernah melihat adegan tersebut dalam drakor, di mana para aktor akan mengajak kekasih mereka makan malam romantis saat Natal.

Baca Juga: 5 Wisata Religi di Larantuka, NTT yang Cocok untuk Rayakan Natal

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya