Comscore Tracker

5 Fakta tentang Naengmyeon, Mi Dingin khas Korea yang Unik Banget   

Mi ini disajikan dengan es batu di dalamnya lho

Korea melewati 4 musim dan membuat budayanya sedikit berbeda dengan negara Asia lainnya. Jika olahan sup selalu hadir di setiap musim dingin, saat musim panas masyrakat di sana pun biasa menghidangkan sajian khusus bernama Naengmyeon.

Naengmyeon ini merupakan jenis mi namun disajikan dalam keadaan dingin lengkap bersama es batu. Kalau kamu penasaran gimana rasa dan penampilannya, simak 5 fakta tentang Naengmyeon di bawah ini!

1. Ada dua jenis Naengmyeon yang populer

5 Fakta tentang Naengmyeon, Mi Dingin khas Korea yang Unik Banget   futuredish.com/

Naengmyeon merupakan kuliner di Korea yang populer saat musim panas tiba. Makanan ini berupa mi dingin atauyang juga dikenal dengan nama cold noodles.

Naengmyeon memiliki dua jenis yang populer di masyarakat, yaitu Mul-Naengmyeon dan Bibim-Naengmyeon. Mul-Naengmyeon disajikan dengan kuah kaldu sapi atau kuah kimchi lobak bening. Sedangkan Bibim-Naengmyeon adalah versi pedasnya. Mi dingin ini disajikan tanpa kuah namun dengan tambahan saus cabai merah. 

2. Punya nama lain dengan sejarah yang berarti

5 Fakta tentang Naengmyeon, Mi Dingin khas Korea yang Unik Banget   ingrainmagazine.com

Setiap jenis Naengmyeon memiliki nama lain yang berkaitan dengan sejarah masa lalu Korea. Mul-Naengmyeon punya nama lain Pyeongyang Naengmyeon dan Bibim Naengmyeon punya nama lain Hamheung Naengmyeon. Jika ditelusuri lebih dalam Pyeongyang dan Hamheung adalah dua kota yang ada di Korea Utara.

Lalu mengapa berkaitan dengan sajian Naengmyeon yang populer di Korea Selatan? Pada zaman perang saudara antara dua negara bagian tersebut, tentara Korea Utara yang pergi meninggalkan negaranya mengenalkan sajian unik yang akhirnya populer di Korea Selatan ini.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Sup Sayur Khas Korea ala Yummy, Isseoyo!

3. Masing-masing jenis yang punya keunikannya sendiri

5 Fakta tentang Naengmyeon, Mi Dingin khas Korea yang Unik Banget   Youtube/Maangchi

Dari segi rasa selain kuah yang berbeda, Pyeongyang dan Hamheung Naengmyeon juga terbuat dari bahan dasar yang tidak sama.

Pyeongyang Naengmyeon dibuat dengan bahan utama gandum dan disajikan bersama kaldu dongchimi sejenis kimchi yang selalu dibuat saat musim dingin. Berbeda halnya dengan Pyeongyang, Hamheung Naengmyeon terbuat dari tepung ubi atau tepung jagung sehingga lebih tipis dan chewy.

4. Proses pembuatan kaldu yang jadi kunci utama

5 Fakta tentang Naengmyeon, Mi Dingin khas Korea yang Unik Banget   kimchimari.com

Kaldu yang dingin dan berbentuk semi es ini menjadi kunci utama kenikmatan Naengmyeon. Jika ingin maksimal biasanya campuran kaldu daging dan kimchi yang sudah dimasak didiamkan selama 4-5 jam di dalam freezer. 

Tapi bukan hanya itu satu-satunya cara mendapatkan kaldu terbaik, agar lebih praktis kaldu juga bisa dicampur dengan es batu utuh untuk mendapat sensasi dingin yang sempurna.

5. Sajian pelengkap yang wajib ada bersama Naengmyeon

5 Fakta tentang Naengmyeon, Mi Dingin khas Korea yang Unik Banget   eatingbooks.com

Para pecinta KDrama pasti sudah sering banget melihat mi dingin dijadikan santapan artis saat syuting. Saat disajikan Naengmyeon biasanya didampingi dengan bahan pelengkap berupa acar lobak, timun, dan telur. Porsinya yang cukup besar membuat mi ini cocok dijadikan pengganjal lapar apalagi di tengah hari yang terik. 

Nah, itu tadi guys fakta-fakta tentang Naengmyeon si mi dingin dari Korea. Kalau kamu sendiri udah pernah cobain belum gimana sensasi makan mi dengan es batu ini?

Baca Juga: 5 Makanan Favorit Orang Korea Saat Piknik, Bisa Jadi Ide Bekal!

dewi dewi Photo Verified Writer dewi dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya