Comscore Tracker

Resep Acar Timun Telur Khas Minang, Cocok Jadi Menu Buka Puasa Fresh

Inspirasi kuliner agar menu buka puasa kamu makin variatif

Tanah Minang, Sumatera Barat, memang menjadi salah satu daerah di Nusantara yang banyak menghasilkan kuliner khas yang nikmat. Nah, salah satu makanan khas Minang yang bisa kamu coba buat di rumah adalah acar timur telur atau biasa disebut salada minang. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat salada minang ini juga bisa terbilang mudah untuk didapatkan, lho! Lalu, bagaimana cara membuatnya? Nah, kalau begitu langsung aja, yuk, simak resepnya berikut!

1. Bahan yang dibutuhkan

Resep Acar Timun Telur Khas Minang, Cocok Jadi Menu Buka Puasa Freshilustrasi teflon dengan bahan dapur (kitchenambition.com)

Sebelum mulai membuatnya, pastikan kamu sudah menyiapkan sederet bahan yang dibutuhkan berikut ini, ya!

Bahan Utama:

  • 2 butir telur
  • 2 butir timun
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1/2 merica
  • 1/2-1 sdt cuka

Bahan Tambahan:

  • Daun selada bokor

Toping pelengkap:

  • 2 sdm bawang merah goreng
  • Kerupuk pink 
  • Kerupuk emping goreng
  • Kacang tanah goreng 

2. Siapkan telur

Resep Acar Timun Telur Khas Minang, Cocok Jadi Menu Buka Puasa Freshilustrasi merebus telur (insider.com)

Di langkah pertama ini kamu harus siapkan terlebih dahulu 2 butir telur. Setelah itu, cuci telur dengan air mengalir. Kemudian, rebus telur beberapa menit hingga telur menjadi matang. 

Jika, telur dirasa sudah matang sempurna, kamu bisa kupas kulit telur, lalu pisahkan kuning telur dan putihnya. Putih telur yang sudah dipisahkan bisa kamu potong menjadi beberapa bagian. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Biasa Disajikan dalam Tradisi Makan Bajamba Khas Minang

3. Campurkan kuning telur dengan bahan lain

Resep Acar Timun Telur Khas Minang, Cocok Jadi Menu Buka Puasa Freshilustrasi kuning telur yang telah dihancurkan (iamafoodblog.com)

Di langkah ini, kamu perlu siapkan wadah terlebih dahulu. Kemudian, hancurkan kuning telur yang sudah dipisahkan sebelumnya menggunakan garpu atau sendok. 

Setelah itu, campurkan kuning telur yang sudah dihancurkan dengan bahan lain, seperti garam, gula, merica, dan cuka. Jika sudah, aduk hingga semua bahan tercampur merata.

4. Bersihkan dan potong-potong timun

Resep Acar Timun Telur Khas Minang, Cocok Jadi Menu Buka Puasa Freshilustrasi memotong timun (food.ubc.ca)

Cuci timun hingga bersih. Kemudian, belah timun menjadi dua bagian.

Lalu, buang bagian biji timun. Jika sudah, kamu bisa iris tipis timun menjadi beberapa bagian.

5. Campurkan putih telur dan timun dengan campuran kuning telur

Resep Acar Timun Telur Khas Minang, Cocok Jadi Menu Buka Puasa Freshilustrasi hidangan salada minang (instagram.com/dhilasina)

Di langkah terakhir ini, tinggal campurkan kuning telur yang sudah dicampur garam, gula, merica, dan cuka, bersama dengan putih telur dan timun. Jika sudah dicampur di satu wadah, aduk hingga merata.

Kemudian, letakkan daun selada bokor di piring. Lalu, tuang, deh, campuran telur dan timunnya di atas piring. Tambahkan toping pelengkap agar rasanya semakin nikmat.

Cara bikin makanan khas Sumatra Barat ini mudah sekali, bukan? Tentunya menu yang satu ini sangat cocok kamu hidangkan sebagai variasi hidangan buka puasa agar tak membosankan. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Tiga Menu Primadona Khas Minang-Melayu untuk Temani Santap Sahur

Fitran Briliano Photo Verified Writer Fitran Briliano

Just a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya