Comscore Tracker

Cara Membuat Sambal Ijo yang Nikmat, Mirip Buatan Rumah Makan Padang

Pedasnya nendang banget di lidah!

Ada rencana masak apa hari ini? Kalau ada ayam goreng di rumah, paling enak dinikmati dengan sambal. Cocolan sambal ijo, bisa jadi pilihan yang bisa kamu masak hari ini, lho.

Sambal ijo identik dengan masakan khas Padang. Rasanya cukup nagih, apalagi dimakan sama ayam goreng atau tempe goreng yang masih hangat.

Kamu pasti bisa, berikut resep dan cara membuat sambal ijo yang enak. Rasa dijamin mirip seperti yang dijual di rumah makan padang, deh!

1. Bahan-bahan membuat sambal ijo

Cara Membuat Sambal Ijo yang Nikmat, Mirip Buatan Rumah Makan PadangIlustrasi cabai hijau (pixabay.com/stevelake)

Bahan-bahan:

  • 100 gram cabai rawit hijau
  • 500 gram cabai hijau besar
  • 4 buah tomat hijau
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt air perasan jeruk nipis
  • 3 sdm minyak goreng
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya

2. Cuci bersih bahan untuk membuat sambal 

Cara Membuat Sambal Ijo yang Nikmat, Mirip Buatan Rumah Makan PadangIlustrasi mengupas bawang (youtube.com/VERY NICE COOKING)

Pastikan bahan-bahan yang kita gunakan sudah bersih. Kupas kulit bawang merah dan bawang putih, lalu masukkan ke dalam wadah untuk dicuci.

Setelah itu, masukkan juga cabai rawit hijau dan cabai hijau besar yang sudah dibuang tangkainya. Jangan lupa untuk memasukkan tomat. Untuk cabai rawitnya, pilih yang warna hijau saja, ya.

Cuci semua bahan dengan air yang mengalir hingga bersih. Jika sudah, tiriskan bahan-bahan tersebut.

3. Rebus semua bahan yang sudah dicuci

Cara Membuat Sambal Ijo yang Nikmat, Mirip Buatan Rumah Makan PadangIlustrasi merebus cabai (youtube.com/CR COOK)

Siapkan panci rebus, lalu isi dengan air dan panaskan terlebih dahulu. Kamu akan merebus bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat sambal.

Setelah air mendidih, masukkan cabai rawit hijau, cabai hijau besar, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Rebus hingga layu sekitar 10 menitan. Kalau sudah, segera angkat dan masukkan ke dalam blender.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang, Lamak Bana! 

4. Blender semua bahan yang sudah dikukus 

Cara Membuat Sambal Ijo yang Nikmat, Mirip Buatan Rumah Makan PadangIlustrasi menghaluskan sambal (youtube.com/CR COOK)

Di sini, kamu harus menyiapkan blender, ya. Masukkan semua bahan yang sudah dikukus sebelumnya dari cabai, bawang, dan tomat ke dalam blender.

Bahan yang sudah ada di dalam blender bisa kamu hancurkan secara perlahan. Cukup blender kasar saja, jangan sampai halus karena tekstur sambal ijo khas masakan padang adalah yang masih kasar.

5. Goreng sambal ijo hingga matang 

Cara Membuat Sambal Ijo yang Nikmat, Mirip Buatan Rumah Makan PadangSambal ijo khas Padang (instagram.com/belle.appetit)

Siapkan wajan untuk menumis sambal. Masukkan minyak goreng dan panaskan terlebih dahulu hingga mendidih. Kemudian, setelah panas, masukkan sambal yang sudah dihaluskan ke dalamnya.

Setelah sambal harum atau wangi, tambahkan garam, gula, dan perasan jeruk nipis. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian, masak hingga sambal benar-benar matang.

Sebelum diangkat, koreksi terlebih dahulu rasanya. Jika sudah cukup, angkat dan sajikan untuk pendamping lauk makan. Kamu bisa makan dengan ayam goreng, tempe goreng, atau tahu goreng, lho.

Sambal ijo memang cukup khas. Bukan hanya rasanya, tetapi adanya sambal ijo ini sangat menarik perhatian, apalagi saat kamu makan di rumah makan padang. Cara membuat sambal ijo ini bisa banget kamu coba di rumah. Dijamin pedasnya nagih!

Baca Juga: Resep Sambal Ijo Tempoyak Anti Ribet, Rasanya Khas banget!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya