Comscore Tracker

Resep Sponge Cake yang Empuk dan Lembut, Praktis Banget!

Bahan yang digunakan sangat sederhana

Sponge cake atau bolu spons biasanya dijadikan sebagai dasar kue ulang tahun. Teksturnya yang lembut dan ringan menjadikan kue ini mudah dihias, baik dengan whipping cream, icing sugar, atau irisan buah.

Untuk bisa menikmati kue ini, kamu tak perlu menunggu momen ulang tahun. Kamu bisa menikmatinya tanpa hiasan dan cukup ditemani dengan secangkir teh. Apalagi jika sponge cake ini dipadukan dengan rasa asam dari lemon. Mantap banget, deh!

Minum teh di depan rumah saat akhir pekan akan lebih terasa nikmat dengan bolu spons. Bikin suasana kian hangat, berikut resep sponge cake yang empuk dan lembut buat camilan saat santai soremu.

1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Resep Sponge Cake yang Empuk dan Lembut, Praktis Banget!ilustrasi bahan yang diperlukan (pexels.com/Markus Spiske)

Bahan-bahan:

  • 80 gram tepung terigu
  • 80 gram gula pasir
  • 80 ml susu cair
  • 50 ml minyak sayur
  • 5 butir putih telur
  • 5 butir kuning telur
  • 1 butir telur utuh
  • 1 sendok makan air lemon
  • 1 sendok teh vanili cair
  • sejumput garam

2. Kocok putih telur hingga mengembang

Resep Sponge Cake yang Empuk dan Lembut, Praktis Banget!ilustrasi mengocok telur (pexels.com/Taryn Elliott)

Aduk putih telur bersama gula pasir menggunakan mikser berkecepatan tinggi. Masukkan telur secara perlahan hingga warnanya berubah menjadi putih pekat.

Setelah itu, tambahkan juga garam, air lemon, dan vanili cair. Aduk terus hingga tercampur rata dan teksturnya semakin padat serta mengembang. Jadilah adonan putih telur yang lembut dan menggoda selera, biarkan sebentar, ya.

3. Saatnya membuat adonan kue bolu, nih!

Resep Sponge Cake yang Empuk dan Lembut, Praktis Banget!ilustrasi membuat adonan sponge cake (pexels.com/Los Muertos Crew)

Dalam wadah berbeda, kocok kuning telur dan telur utuh secara manual hingga larut menggunakan spatula. Campurkan bersama tepung terigu sambil disaring. Kemudian, aduk-aduk kembali hingga tercampur rata.

Setelah itu, tambahkan juga susu cair dan minyak sayur. Aduk hingga tercampur rata dan membentuk 1 adonan. Jika sudah, masukkan juga adonan putih telur secara perlahan menggunakan spatula kue. Kemudian, aduk hingga adonan berwarna putih pekat. 

Baca Juga: Resep Mango Sponge Cake, Kue Cantik yang Disukai Banyak Orang 

4. Panggang adonan sponge cake hingga matang

Resep Sponge Cake yang Empuk dan Lembut, Praktis Banget!ilustrasi memanggang adonan sponge cake (pexels.com/cottonbro)

Siapkan loyang yang sudah dilapisi baking paper. Pastikan kertas ini menutupi seluruh permukaan alas beserta sisinya dan melebihi bentuk loyang. Hal ini dilakukan agar memudahkan dalam mengangkat kue ini ketika sudah matang.

Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam loyang. Tambahkan kembali loyang datar yang diisi air sebagai alas kedua. Jadi, posisi loyang adonan di atas dan alasnya adalah loyang datar berisi air.

Pastikan oven sudah panas dengan suhu 170 derajat Celsus. Panggang adonan kue ini selama 50 menit dengan api atas dan bawah.

5. Potong sponge cake dan sajikan!

Resep Sponge Cake yang Empuk dan Lembut, Praktis Banget!sponge cake (instagram.com/bake_kingisfun)

Setelah 50 menit berlalu, segera angkat dan diamkan sebentar loyang berisi sponge cake hingga dingin. Jika sudah, angkat kue tersebut menggunakan sisa baking paper yang muncul.

Selanjutnya, lepaskan baking paper dan iris kue menjadi beberapa bagian sesuai selera. Sekarang, sponge cake buatanmu sudah siap disajikan sebagai teman ngeteh atau pun ngopi. Cocok banget, deh!

Sponge cake lembut dan praktis ini bisa dijadikan kesempatan untuk lebih dekat dengan keluarga di rumah saat akhir pekan. Selain hemat uang, kamu juga bisa hemat waktu. Selamat mempraktikkan di rumah, ya!

Baca Juga: 8 Tipe Sponge Cake yang Tersebar di Dunia, Ada Banyak Jenisnya!

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya