Comscore Tracker

Resep Kue Nagasari Pisang Kepok, Lembut dan Mudah Dibuat!

Kue nagasari memang favorit masyarakat Indonesia #LokalIDN

Kue tradisional selalu menjadi salah satu yang dirindukan oleh banyak orang, terutama mereka yang lahir di tahun 90-an. Maklum, dulu belum banyak kafe-kafe yang menjual aneka kue atau cake. Sebagai gantinya, anak-anak menikmati kue-kue tradisional yang biasa dijual di pasar.

Di antara banyaknya jenis kue tradisional, kue nagasari isi pisang menjadi salah satu yang jadi favorit. Kue ini terbuat dari tepung beras dan santan, lalu diisi dengan pisang yang menjadi ciri khas utamanya.

Buat kamu yang lagi kangen banget sama rasa kue nagasari, berikut resep kue nagasari pisang kepok yang bisa kamu coba di rumah!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Kue Nagasari Pisang Kepok, Lembut dan Mudah Dibuat!ilustrasi bahan untuk membuat nagasari (unsplash.com/Ben McLeod)

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung beras
  • 50 gram tepung tapioka
  • 100 gram gula pasir
  • 900 ml santan kental
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sisir pisang kepok
  • 3-4 daun pisang muda

2. Kupas kulit pisang dan potong menjadi dua bagian 

Resep Kue Nagasari Pisang Kepok, Lembut dan Mudah Dibuat!ilustrasi pisang yang sudah dipotong (unsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron)

Sebelum membuat adonan untuk kue nagasari, kamu harus lebih dulu menyiapkan isian pisangnya. Kupas pisang dari kulitnya dan potong menjadi 2 bagian.

3. Siapkan wajan, lalu masukkan semua bahan 

Resep Kue Nagasari Pisang Kepok, Lembut dan Mudah Dibuat!ilustrasi bahan kue (youtube.com/Lis Achmady)

Setelah pisangnya siap, sekarang kamu bisa mulai membuat adonan kue nagasari. Pertama, siapkan wajan dan masukkan 250 gram tepung beras ketan, 50 gram tepung tapioka, 100 gram gula pasir, 1/2 sendok teh vanili bubuk, 1/2 sendok teh garam, dan 900 ml santan kental.

Baca Juga: Resep Nagasari Pandan tanpa Daun Pisang, Sedap dan Bikin Ketagihan

4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata 

Resep Kue Nagasari Pisang Kepok, Lembut dan Mudah Dibuat!ilustrasi adonan yang sudah kalis (youtube.com/Lis Achmady)

Ketika bahan-bahan sudah dimasukkan, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Nyalakan api dan masak semua bahan dengan api sedang. Aduk terus hingga adonan mengental dan kalis.

5. Angkat adonan lalu cetak 

Resep Kue Nagasari Pisang Kepok, Lembut dan Mudah Dibuat!ilustrasi adonan nagasari (youtube.com/Lis Achmady)

Jika adonan sudah kalis dan basah, angkat dan pindahkan ke wadah. Siapkan daun pisang, lalu ambil adonan secukupnya. Masukkan potongan pisang, lalu tutup dengan adonan. Bungkus adonan dengan daun pisang, lalu lipat kedua sisinya. Lakukan hingga adonan abis.

6. Kukus hingga adonan matang 

Resep Kue Nagasari Pisang Kepok, Lembut dan Mudah Dibuat!ilustrasi adonan nagasari yang sudah dibungkus (youtube.com/Lis Achmady)

Setelah semua adonan sudah dibungkus daun pisang, kukus adonan selama 30 menit hingga matang. Angkat, lalu dinginkan. Kue nagasari pisang kepok pun siap dinikmati!

Sama seperti kue tradisional lainnya, kue nagasari pisang kepok ini juga mudah dibuat. Cocok banget deh buat kamu yang lagi belajar bikin kue! Yuk dicoba!

Baca Juga: Resep Kue Nagasari Loyang yang Praktis, Teksturnya Lembut dan Kenyal 

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya