Comscore Tracker

6 Makanan Ini Makin Sedap Dimasak dengan Sambal Hijau, Bikin Ketagihan

Kamu paling suka sama yang nomor berapa guys?

Mendengar kata sambal hijau pasti langsung terngiang kuliner khas Sumatera Barat yang pedas dan bikin ketagihan. Sambal hijau memang menjadi salah satu pelengkap restoran Padang yang gak pernah sepi peminat. Tapi tahu gak sih guys, ternyata ada banyak olahan makanan lain lho dengan sambal hijau.

Penasaran? Simak penjelasan di bawah ini dan siap-siap kelaparan!

1. Lidah sapi sambal hijau

6 Makanan Ini Makin Sedap Dimasak dengan Sambal Hijau, Bikin Ketagihaninstagram.com/ollienary/

Meskipun bagian tubuh sapi ini gak disukai segelintir orang namun kenikmatan sa

mbal hijau yang berpadu dengan potongan lidah sapi gak pernah mengecewakan lidah. Sambal hijau yang khas rasanya semakin nikmat saat berpadu dengan tekstur kenyal sekaligus padat dari lidah sapi. Apalagi jika sambal hijau yang digunakan masih dalam bentuk sambal ulekan kasar yang masih banyak serpihan cabai, nikmatnya bikin lupa sama timbangan!

2. Ikan asin tumis sambal hijau

6 Makanan Ini Makin Sedap Dimasak dengan Sambal Hijau, Bikin Ketagihaninstagram.com/dapurfoody

Menu khas Sunda yaitu ikan asin sambal hijau juga tak boleh terlewatkan. Ikan asin yang digunakan biasanya jenis ikan asin bulu ayam yang ditumis dengan cabai hijau, bawang merah, dan bawang putih serta potongan tomat hijau. Campuran rasa tomat hijau segar, rasa asin, dan pedas paling pas dinikmati bareng nasi hangat.

3. Ikan tongkol sambal hijau

6 Makanan Ini Makin Sedap Dimasak dengan Sambal Hijau, Bikin Ketagihaninstagram.com/sriloe/

Masih dari jenis ikan namun kali ini ikan tongkol yang jadi bahan utamanya. Ikan tongkol umumnya dipotong dadu atau disuwir agar bumbu lebih meresap.

Ikan tongkol balado hijau ini gak memiliki rasa amis karena sambal hijau punya aroma cukup kuat. Cocok nih buat kamu yang mau makan ikan tapi gak suka aroma amis yang menyengat.

Baca Juga: Bikin Nagih, Resep Membuat Sambal Hijau ala Rumah Makan Padang

4. Ayam sambal hijau

6 Makanan Ini Makin Sedap Dimasak dengan Sambal Hijau, Bikin Ketagihaninstagram.com/omgajah_indo/

Gak ada yang bisa menolak nikmatnya berbagai olahan daging ayam. Meskipun sangat sering dijumpai dalam makanan sehari-hari tapi ayam sambal hijau punya tempat sendiri di hati. Ayam biasanya diberi bumbu kuning atau bumbu ungkep sebelum digoreng lalu disajikan dengan sambal hijau di atasnya. 

5. Jengkol sambal hijau

6 Makanan Ini Makin Sedap Dimasak dengan Sambal Hijau, Bikin Ketagihaninstagram.com/kokojagomakan/

Makanan bernama lain daging tak bertulang yang satu ini meskipun aromanya menyengat tapi punya banyak penggemar. Ya, apalagi kalau bukan jengkol! Jengkol nikmat disantap dalam berbagai variasi masakan.

Selain direndang, disemur, atau digoreng biasa jengkol juga enak banget dimasak dengan sambal hijau. Apalagi kalau ditambah teri kecil-kecil yang asin dan gurih, auto ngiler!

6. Cumi asin sambal hijau

6 Makanan Ini Makin Sedap Dimasak dengan Sambal Hijau, Bikin Ketagihaninstagram.com/nency_pra/

Eits, masih ada satu masakan sambal hijau lagi nih yang kenikmatannya tiada tara. Cumi sambal hijau atau cumi cabe ijo biasanya dimasak menjadi sambel dengan menggunakan cumi asin kecil.

Tapi kalau stok di kulkas yang ada hanya cumi besar pun gak jadi masalah, kamu tetap bisa mengolahnya dan menikmati lezatnya makanan laut dengan paduan sambal hijau yang endes banget.

Dari keenam masakan dengan sambal hijau di atas tadi, kalau disuruh memilih mana yang jadi makanan favorit kamu guys? 

Baca Juga: 5 Variasi Sambal Tomat yang Bikin Lidah Bergoyang, Nikmat!

Lil El Photo Verified Writer Lil El

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya