Comscore Tracker

Resep Bolu Kukus Mekar Cokelat Super Lembut, Lumernya Bikin Kalap

Kue klasik yang tak lekang oleh waktu

Bolu kukus mekar merupakan salah satu variasi kue yang sangat digemari. Bagian atasnya merekah sempurna bak bunga yang mekar.

Meski tergolong sebagai kue klasik, kue bolu mekar tetap populer tak lekang oleh waktu. Cara membuatnya pun mudah, hanya butuh dikukus saja.

Kamu pasti bisa mempraktikkannya di rumah meski pemula. Yuk, simak resep membuat bolu kukus yang mekar dan super lembut berikut ini!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Bolu Kukus Mekar Cokelat Super Lembut, Lumernya Bikin Kalapbakingamoment.com

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 125 ml susu cair
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt emulsifier
  • 1 sdt pasta cokelat

2. Panaskan air di dalam panci hingga mendidih

Resep Bolu Kukus Mekar Cokelat Super Lembut, Lumernya Bikin Kalapsciencelearn.org.nz

Sebelum memulai mengolah adonan kue, siapkan dahulu panci kukus di atas kompor. Tuang air secukupnya, lalu panaskan sampai mendidih dengan api kecil. Alasi pula tutupnya dengan kain.

Selanjutnya, campur semua bahan yang ada, kecuali pasta cokelat, ke dalam wadah. Kocok dengan mixer sampai mengental bak adonan selama sepuluh menit.

3. Bagi adonan menjadi dua

Resep Bolu Kukus Mekar Cokelat Super Lembut, Lumernya Bikin Kalapsallysbakingaddiction.com

Jika adonan kue sudah jadi, bagi menjadi dua bagian sama rata. Satu bagian adonan biarkan tetap putih. Pada adonan lainnya, berikan pasta cokelat secukupnya, lalu aduk merata.

Setelah itu, tuang adonan secara bergantian ke dalam cetakan yang sudah diberi kertas cetakan. Lakukan sampai adonan habis dan tingkat kepenuhan cetakan sudah sesuai.

Baca Juga: Resep Bolu Pisang ala Tintin Rayner, Empuknya Bikin Makan Terus

4. Kukus bolu sampai mekar sempurna

Resep Bolu Kukus Mekar Cokelat Super Lembut, Lumernya Bikin Kalapinstagram.com/agustini.lim

Masukkan cetakan bolu ke dalam panci, berikan jarak antara satu dengan lainnya. Kukus bolu selama kurang lebih 20 menit sampai mengembang dan mekar sempurna.

Segera keluarkan bolu kukus mekar dari panci jika sudah matang. Keluarkan pula dari cetakan secara perlahan. Kue bolu kukus mekar yang super lembut ini siap dinikmati.

5. Tips yang bisa kamu terapkan

Resep Bolu Kukus Mekar Cokelat Super Lembut, Lumernya Bikin Kalapinstagram.com/liliana.wijaya68

Selama membuat bolu kukus mekar, pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang bisa membuat hasilnya kurang maksimal. Berikut beberapa tips membuat bolu kukus mekar antigagal yang wajib kamu pahami.

  1. Panaskan terlebih dahulu panci kukusan dengan api kecil, sehingga adonan bakal mengembang dengan sempurna saat dimasak.
  2. Kalau pengin bolu kukus mekar tahan lama, ganti susu cair dengan 100 ml air soda. Dijamin mekarnya maksimal, deh.
  3. Hindari terlalu sering membuka tutup panci kukusan saat bolu sedang dimasak. Bukannya mekar, bolu malah akan bantat, lho.

Nah, itulah bahan-bahan dan cara membuat bolu kukus mekar dengan teksturnya yang lembut banget. Sekarang kamu gak perlu lagi beli di luar, karena buatanmu jauh lebih enak!

Baca Juga: Resep Bolu Susu Lembang yang Super Lembut dan Creamy, Gak Perlu Oven 

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Handika Bahari

Berita Terkini Lainnya