Comscore Tracker

5 Tips Cara Membuat Pempek Menjadi Kenyal dan Tak Amis

Buruan dicoba!

Pempek dapat ditemukan di restoran, jajanan kaki lima, hingga dijual keliling. Varian dari pempek pun beraneka ragam, mulai dari pempek keriting, kapal selam, lenggang, adaan, lenjer, hingga dos. Nah, proses pembuatannya ternyata tricky, nih. Yuk, simak tips cara membuat pempek dengan adonan yang pas sehingga memiliki tekstur kenyal dan tidak keras!

1. Pastikan ikan yang akan digunakan masih segar

5 Tips Cara Membuat Pempek Menjadi Kenyal dan Tak Amisipangsupandi.blogspot.com

Tujuannya, supaya adonan pempek tak berbau terlampau amis alias menyengat. Disarankan untuk menggunakan fillet ikan yang masih segar. Usut punya usut, pempek tak melulu terbuat dari ikan belida, sebab ikan gabus ataupun ikan tenggiri juga sedap diolah menjadi pempek.

2. Pastikan kualitas tepung kanji masih bagus

5 Tips Cara Membuat Pempek Menjadi Kenyal dan Tak Amistokopedia.com

Tepung kanji alias tepung tapioka yang akan digunakan haruslah dalam kondisi yang masih baik. Misalnya, jangan dipakai apabila baunya sudah apek. Pasalnya, ini malah akan membuat adonan pempek menjadi beraroma dan bercitrasa yang langu.

3. Takar rasio ikan dan tepung dengan tepat

5 Tips Cara Membuat Pempek Menjadi Kenyal dan Tak Amisblog.hemat.id

Gunakan komposisi antara daging ikan dan tepung kanji dengan rasio 1:1/2 atau 1:3/4. Selain membuat tekstur adonan yang pas, takaran ini juga akan menghasilkan citarasa ikan pada pempek dapat lebih menonjol dibandingkan tepung.

Baca Juga: Selain Pempek, 5 Olahan Ikan Tenggiri Ini Gak Kalah Enak

4. Gunakan es batu supaya adonan lebih kenyal

5 Tips Cara Membuat Pempek Menjadi Kenyal dan Tak Amisbisnisusahaonline.com

Es batu berfungsi untuk membantu membuat adonan pempek menjadi lebih kenyal. Ini juga dapat digunakan untuk mengakali kelebihan takaran tepung saat membuat adonan Pempek. Pasalnya, liatnya adonan Pempek juga dapat disebabkan oleh komposisi tepung yang terlalu banyak dibandingkan dengan jumlah daging ikan.

5. Sebelum dibentuk, diamkanlah semalaman

5 Tips Cara Membuat Pempek Menjadi Kenyal dan Tak Amissajiansedap.grid.id

Supaya adonan pempek dapat dibentuk dengan lebih mudah, maka diamkanlah adonan tersebut selama semalaman. Ini juga bertujuan supaya bumbu-bumbu dapat lebih meresap ke dalam adonan. Selanjutnya, bentuklah sesuai kebutuhan seperti pempek kapal selam, lenggang, adaan, dan lainnya.

Kalau kebetulan berencana memasak pempek, segera praktikkan tips cara membuat pempek di atas ya! Pasti kenyal dan tidak berbau amis!

Baca Juga: 2 Resep Pempek dan Cara Membuatnya, Bisa Disesuaikan Selera Kok!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Just For You