Comscore Tracker

Kata Pakar, Ini 10 Trik Jitu Mengemas Bento yang Sehat & Memikat

Ternyata tak sesederhana itu ya, guys

Meramu bekal makan siang khas Jepang ini ternyata tak sekadar menaruh nasi dan lauk beragam warna ke dalam sebuah wadah, lho. Pasalnya, dilansir dari Basic Tokyo, dalam mengemas tampilan bento yang menarik, beberapa trik berikut juga patut dipatuhi supaya kualitas makanan tetap terjaga.

1. Gunakanlah minyak sayur

Kata Pakar, Ini 10 Trik Jitu Mengemas Bento yang Sehat & Memikaten.bentoandco.com

Misalnya, minyak wijen atau minyak zaitun. Sebab minyak hewani seperti mentega justru berpotensi akan mengeras saat sudah dingin. Kendati demikian, penggunaan mentega dalam kadar rendah sebagai penambah rasa pada makanan, masih dapat ditolerir, kok.

2. Bumbuilah lebih banyak

Kata Pakar, Ini 10 Trik Jitu Mengemas Bento yang Sehat & Memikatlaughingsquid.com

Citarasa Bento harus tetap kuat walaupun akan dimakan beberapa jam kemudian. Untuk menyiasatinya, berilah lebih banyak takaran bumbu saat memasak menu tersebut. Terutama garam, untuk mempertegas rasa gurih pada hidangan.

3. Tambahkanlah bumbu aromatik

Kata Pakar, Ini 10 Trik Jitu Mengemas Bento yang Sehat & Memikatdemilked.com

Selain bumbu utama, penambahan bumbu aromatik ternyata dapat membuat Bento menjadi lebih sedap. Misalnya, jahe, bawang putih, bubuk kari, wijen, hingga mustard.

4. Masaklah hingga matang

Kata Pakar, Ini 10 Trik Jitu Mengemas Bento yang Sehat & Memikatjpvisitor.com

Tujuannya, kualitas makanan tak menurun saat dimakan beberapa jam kemudian dalam keadaan sudah dingin. Contohnya, masaklah daging hingga matang sempurna supaya terhindar dari keracunan makanan.

5. Keringkanlah sisa air

Kata Pakar, Ini 10 Trik Jitu Mengemas Bento yang Sehat & Memikatjustonecookbook.com

Cairan dapat menurunkan kualitas makanan dengan cepat, lho. Alhasil, bento menjadi basi atau berbau. Hal ini berlaku pula pada sayuran segar, tiriskanlah terlebih dahulu setelah dicuci bersih. Jika perlu, lap juga dengan tisu dapur untuk mengeringkan sisa-sisa airnya.

Baca Juga: Super Gemes! 13 Kreasi Bento Kartun 90an Ini Bikin Makin Lapar

6. Bersihkanlah kelebihan minyak

Kata Pakar, Ini 10 Trik Jitu Mengemas Bento yang Sehat & Memikatherworld.com

Saat menggoreng makanan dalam minyak yang banyak, makanan tersebut dapat lengket atau liat saat minyaknya tertinggal. Oleh sebab itu, sebelum dikemas ke dalam wadah bento, taruhlah makanan tersebut di tisu dapur untuk menyerap kelebihan minyaknya.

7. Biarkanlah hingga dingin

Kata Pakar, Ini 10 Trik Jitu Mengemas Bento yang Sehat & Memikatlittlemissbentoblog.com

Jangan membungkus makanan selagi panas-panasnya, baik itu nasi ataupun beragam jenis lauk-pauk. Pasalnya, uap panas yang tertinggal dapat membuat hidangan menjadi bau dan basi saat disantap nanti, lho.

8. Hiaslah dengan aneka warna

Kata Pakar, Ini 10 Trik Jitu Mengemas Bento yang Sehat & Memikatestrilook.com

Bento dikenal akan warna-warninya yang atraktif, maka berkreasilah. Misalnya, putih dari nasi. Hitam atau cokelat dari wijen, rumput laut, daging, dan lainnya. Lalu, merah dan oranye dari tomat, salmon, dan wortel. Kemudian, hijau dari brokoli, sayuran daun, dan bayam. Hingga kuning dari telur, labu, jagung, atau paprika.

9. Susunlah sesuai urutan

Kata Pakar, Ini 10 Trik Jitu Mengemas Bento yang Sehat & Memikatparenting.com

Ini bertujuan supaya menu tak saling tumpang tindih saat wadah bento dibuka untuk disantap. Mulailah dari nasi, lalu makanan dengan bentuk tak dapat diubah, makanan yang terdiri dari beberapa potongan (bentuk yang lebih fleksibel), hingga makanan berukuran kecil untuk mengisi celah kosong di wadah bento.

10. Siasatilah pengaruh suhu di luar

Kata Pakar, Ini 10 Trik Jitu Mengemas Bento yang Sehat & Memikatpiensaenchic.com

Terutama saat musim panas, orang-orang Jepang turut menaruh umeboshi atau acar plum ke dalam wadah bento untuk mencegah makanan tak cepat basi. Cara lainnya, mengelap wadah Bento dengan cuka sebelum menyusun makanan ke dalamnya. Ataupun, menaruh Bento dengan ice pack untuk menjaganya tetap dingin selama beberapa waktu.

Wah, ternyata mengemas bento tak sederhana, ya!

Baca Juga: 15 Kreasi Bento Unik Ala Sarwendah Tan Buat Bekal Suami & Anak Kelak

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya